Tidak Ingin Head Unit Mobil Anda Bermasalah, Simak Tips Ini

30/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

 Tidak Ingin Head Unit Mobil Anda Bermasalah, Simak Tips Ini
Tidak bisa dipungkiri, head unit mobil merupakan salah satu fitur menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Setiap mobil pada umumnya memiliki head unit. Sebagai fitur hiburan, head unit mobil berguna sebagai salah satu sarana agar peumpang nyaman berada di dalam kabin mobil. Sebabnya mobil tanpa head unit, komponen-komponen audio seperti speaker, amplifier dan subwoofer, tidak akan berguna. Karena itu head unit merupakan salah satu komponen audio yang sangat vital di kendaraan anda. 

Tidak ingin head unit mobil Anda terjadi hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu simaklah baik-baik tips di bawah ini.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada di sini

Toyota Kijang Krista 2003 interior

Head unit Toyota Kijang Krista 2003 mengadopsi fitur single din

Pertama, Anda jangan langsung mematikan kontak head unit dalam keadaan menyala. Meskipun head unit terbaru sudah sangat canggih dan banyak fitur mempuni, hindari juga mematikan mobil Anda saat head unit masih menyala. Cara paling aman Anda harus menekan tombol off sampai head unit mati, baru Anda boleh mematikan mesin kendaraan.

Kedua, hindari benturan keras pada kendaraan, berkendara secara ngawur dan tidak hati-hati berpengaruh kepada head unit mobil Anda. Misalnya dengan menghindari mengantam jalan berlubang atau menghantam speed bum dan polisi tidur dengan kecepatan tinggi. Benturan-benturan itu berpengaruh pada awet tidaknya head unit mobil Anda.

>>> Kenali Beberapa Stiker Peringatan Pengemudi Di Berbagai Negara

Head unit Yaris G 2014 double din

Head unit Toyota Yaris G 2014 mengadopsi fitur double din

Ketiga, Kondisi aki yang tidak prima atau rusak akan menyebabkan pasokan listrik ke head unti maupun ke komponen elektronik lainnya menjadi tidak stabil. Dan sudah merupakan pengetahuan umum jika arus listrik tidak stabil sangat berpotensi merusak peralatan elektronik.

Terakhir, Jaga kebersihan kabin. Jaga selalu kebersihan kabin kendaraan Anda, bukan hanya untuk faktor kesehatan saja tetapi kebersihan kabin turut mendukung agar head unit mobil Anda lebih awet, mencegah debu-debu beterbangan. Debu tersebut bisa berasal dari saat membuka tutup pintu kendaraan. Dengan kondisi kabin yang bersih, debu yang beterbangan sedikit, hal ini menjaga layar tetap bersih, dan mengurangi kesempatan debu-debu tersebut masuk kedalam celah head unit. Anda bisa memulai dengan lebih sering membersihkan karpet kendaraan anda, jangan sampai karpet Anda dibiarkan kotor berdebu, bersihkan juga sudut-sudut di bagian bawah kendaraan anda dengan menggunakan Vaccum Cleaner. Juga jangan lupa membersihkan debu dari dashboard mobil Anda.

>>> Tips menarik lainnya ada di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top