Tidak Cepat Terlihat Kusam, Berikut Tips Merawat Dasbor

07/03/2019
Usia dasbor pada mobil sangat dipengaruhi sinar matahari. Jika sering terkena sinar matahari langsung dan tidak diberi lapisan pelindung, permukaan dasbor mudah kusam dan retak-retak. Agar tidak cepat terlihat kusam, berikut tips merawat dasbor.

Kebersihan dasbor sangat penting artinya bagi Anda yang lebih sering menyetir sendiri. Bagian ini bisa diibaratkan meja kerja yag mampu mempengaruhi mood berkendara. Bukan hanya tidak sedap dipandang, dasbor yang tidak pernah dirawat juga lebih pendek usianya. Kondisi retak-retak dan kusam lebih cepat terjadi saat terkena matahari langsung.  Ada beberapa cara praktis untuk merawat dasbor. Tidak memerlukan banyak waktu dan biaya, maupun tenaga karena merawat dasbor mobil bisa Anda lakukan di hari libur.

>>> Baca juga: 3 Jenis Noda di Dasbor Dan Tips Merawatnya Agar Tetap Terlihat Bersih

Semprotkan cairan pembersih ke kain lap

Jangan semprotkan cairan pembersih langsung ke dasbor agar tidak cepat mengering dan meninggalkan noda

Langkah pertama ialah bersihkan dasbor dari semua benda yang biasa ada diatasnya termasuk rubber pad atau kartu servis. Gunakan cairan pembersih khusus interior untuk membersihkannya. Jangan menyemprot langsung, melainkan semprot cairan ke lap bersih atau spons, kemudian seka ke dasbor hingga merata.

>>> Jangan lupa untuk mengunjungi ulasan mobil terbaru dari kami yang baru saja dirilis di Indonesia

Setelah rata, biarkan beberapa saat agar cairan meresap ke pori-pori dasbor. Angkat kotoran dengan sikat halus secara perlahan. Anda bisa menggunakan sikat gigi yang halus untuk langkah aman merawat dasbor ini. Langkah terakhir adalah menyeka ulang dengan kain bersih dan kering. Ulangi kedua langkah ini, bila terdapat bagian yang belum kena hingga permukaannya tampak bersih.

Gunakan kain lap lembut agar tidak baret

Gunakan kain microfibre atau kain lap berbahan lembut agar tidak merusak pori-pori dasbor

Material plastik yang digunakan untuk dasbor membutuhkan kelembapan, jadi jangan sekali-sekali menggunaka cairan seperti pembersih kaca atau pengilap yang dibuat untuk keperluan rumah tangga. Sebab produk ini membuat permukaan dasbor menjadi kering dan dapat mengubah warna sehingga menyebabkan fogging (berkabut). Selalu gunakan cairan khusus untuk mobil dan baca aturan pakai sebelum menggunakannya. Cukup mudah bukan melakukannya? Anda bisa mencoba tips merawat dasbor ini saat hari libur saat waktu luang.

>>> Simak tips dan trik tentang mobil baik dalam perawatan, pengemudian dan teknologi terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

berita lain