Tetap Terlihat Bersih, Berikut Tips Merawat Interior Berwarna Cerah

Tetap Terlihat Bersih, Berikut Tips Merawat Interior Berwarna Cerah
Mempunyai interior berwarna cerah memiliki efek membuat kabin terasa lega. Namun interior berwarna ini perlu dirawat dengan baik agar tidak terlihat kusam.

Warna interior mobil yang terang seperti ivory atau beige memiliki efek membuat interior terasa lebih luas dan terlihat segar. Umumnya warna ini ada di bangku, panel pintu, dasbor, dan plafon. Namun apabila tidak dirawat dengan baik, kabin akan menjadi lebih mudah kotor dan meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang. Area kaki seperti karpet atau kolong jok menjadi area paling mudah kotor karena bergesekan dengan sepatu. Merawat interior juga bisa dilakukan sendiri, yaitu sebagai berikut.

1. Plafon

Atap atau plafon salah satu bagian cerah interior mobil

Salah satu bagian dari interior mobil yang umum berwarna cerah ialah plafon

Bila pelapis plafon mobil menggunakan bahan vinyl, cara membersihkannya cukup mudah. Siapkan sikat nylon, kain lap majun, dan cairan pembersih sebagai permulaan. Semprotkan cairan pembersih yang sudah dicampur air ke bagian yang kotor. Gunakan sikat nylon untuk membersihkan bagian tersebut. Sikat searah jangan maju mundur agar kotoran terangkat. Setelah itu seka bagian yang telah dibersihkan dengan lap bersih untuk menghilangkan sisa kotoran yang sudah terangkat. Sebelum mulai membersihkan plafon yang cerah, perhatikan jenis dan material plafon. Jika menggunakan plafon model gantung, maka proses diatas bisa dilakukan.

Untuk plafon model cetak, seperti pada Toyota Avanza maka harus dijaga tidak terlalu basah agar lem perekat plafon tidak cepat rusak. Bila terlalu basah, kain plafon bisa saja lepas dari cetakan dan menggantung. Sedangkan material plafon beludru seperti pada Toyota Kijang Innova, hindari penggunaan sikat untuk membersihkannya. Cukup dengan kain lap saja. Namun apabila terpaksa harus menggunakan, pilih sikat dengan bulu sangat halus dan sikat secara perlahan agar tidak merusak serat halusnya.

>>> Tertarik membeli mobil baru terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

2. Bangku

Beberapa pabrikan memberikan warna cerah pada bangku

Warna cerah pada bangku membuat interior mobil terlihat luas

Bahan fabric pada bangku memiliki sifat mudah menyerap kotoran. Maka dari itu ketika ada kotoran harus segera dibersihkan agar proses pembersihannya tidak semakin sulit. Proses membersihkannya mirip seperti plafon berbahan vinyl mulai perlengkapan dan prosesnya. Tapi bila menggunakan material kulit, akan lebih mudah untuk membersihkan noda, yaitu hanya dengan menggunakan kain lap dan leather cleaner maka kotoran akan dengan mudah terangkat. Lakukan perawatan secara berkala, minimal sebulan sekali dibersihkan menggunakan conditioner dan leather cleaner agar kulit tidak cepat terlihat kusam, khususnya pada warna terang. Selain itu hindari bahan silikon untuk memoles bangku kulit. Awalnya kulit akan terlihat mengilap dan bersih, tapi jangka panjangnya lapisan atas akan megeras dan pecah-pecah.

>>> Semua tips perawatan mobil paling akurat hanya ada di sini

3. Panel Dasbor

Panel dasbor berwarna cerah

Untuk memberi kesan mewah dan luas, panel dashboard cerah jadi solusi

Cairan vinyl cleaner yang dijual di pasaran bisa digunakan untuk membersihkan dasbor berbahan lembut. Tidak perlu menggunakan sikat, cukup dengan kain lap bersih yang disemprotkan cairan dan kemudian diseka. Selain itu, perhatikan juga saat menggunakan pewangi kabin. Jika bocor dan mengenai dasbor akan menimbulkan noda permanen yang sangat sulit dihilangkan. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pewangi kabin yang bukan berbahan cair agar tetap aman.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

 
back to top