Tetap Nyaman di Jalan, Inilah Tips Cara Menjaga Kebersihan Karpet Mobil

Menjaga kebersihan kabin menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, termasuk kebersihan karpet dasar. Karpet dasar yang bersih akan menghadirkan udara segar yang terbebas dari debu.

Untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, juga membuat estetika kabin terlihat bersih, hangat dan mewah, setiap pabikan mobil selalu memberikan karpet dasar di kabin mobil. Selain itu karpet dasar juga mempunyai peran sebagai pelapis dasar antara plat mobil paling dasar dengan ruang kabin. Umumnya, pabrikan melapisi bawah kabin mobil dengan karpet dasar berbahan beludru kasar. Agar tidak cepat terlihat kotor dan menjaga karpet dasar tidak cepat aus, pemilik mobil melapisinya dengan alas tambahan baik berbahan karet, vinyl maupun kulit sintetis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan karpet dasar, namun ada 3 tips efektif.

1. Pilih sikat dengan tepat

Pilih sikat yang tepat

Pilih sikat yang tepat agar karpet tidak rusak ketika dalam proses pembersihan

Di pasaran ada banyak jenis sikat yang dijual dengan tekstur berbeda-beda. Untuk karpet dengan bahan beludru, gunakan sikat halus agar tidak merusak beludru sehingga tetap lembut dan tidak mudah aus. Bila mobil Anda karpet dasarnya berbahan beludru kasar, ada baiknya gunakan bulu yang lebih padat atau keras. Tujuannya agar kotoran seperti debu atau kotoran mudah terangkat. Sikat jenis ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda dengan bahan karet atau semi kulit.

2. Gunakan vacuum cleaner

Gunakan vacuum cleaner

Gunakan vacuum cleaner untuk menjangkau area sulit menghilangkan pasir atau batu kecil

Setiap karpet dasar seperti bahan vinyl atau beludru mempunyai serat yang berbeda-beda. Salah satu cara yang mudah untuk merawat karpet dasar adalah menggunakan vacuum cleaner agar debu terhisap secara merata. Selain itu vacuum cleaner juga mampu menghisap bagian yang sulit dijangkau seperti kolong dasbor. Saat ini di pasaran juga ada vacuum cleaner yang tidak hanya menghisap debu tapi menghilangkan bakteri sehingga membuat kabin lebih sehat.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

3. Bersihkan dengan sabun dan air

Agar lebih bersih gunakan sabun dan air

Untuk noda membandel, gunakan air dan sabun agar karpet lebih bersih

Untuk menghilangkan debu dan noda yang membandel pada karpet dasar, bisa dibersihkan dengan cara mencuci. Gunakan sabun anti bakteri yang tersedia di apsaran serta air bersih. Setelah dibersihkan secara menyeluruh disetiap bagian, jemur hingga kondisi kering agar interior tetap bersih dan nyaman. Membersihkan karpet dasar bisa Anda lakukan secara berkala minimal 2 minggu sekali.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

 
back to top