Ternyata Ini Sebabnya Bau Mobil Baru Bisa Bikin Pusing

11/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ternyata Ini Sebabnya Bau Mobil Baru Bisa Bikin Pusing
Bagi Anda yang merasa pusing dan mual ketika mencium bau mobil baru, Anda tidak sendirian. Ternyata inilah penyebab pusing dan sakit kepala yang Anda rasakan.

Pabrikan dunia telah diminta untuk menghilangkan bau khas pada setiap mobil baru. Pasalnya, berbagai penelitian menyebutkan bahwa aroma yang sering dikenal sebagai bau mobil baru bisa menimbulkan berbagai penyakit pada pengemudi dan penumpang karena mengandung senyawa berbahaya dari plastik, lem, dan bahan lain yang ada pada interior mobil.

Delapan zat berbahaya

Dilansir Autocar, bau mobil baru merupakan gabungan dari delapan zat yang biasanya menyebar pada interior mobil, terutama pada awal-awal mobil diproduksi. Senyawa yang diidentifikasi berdampak buruk bagi penumpang tersebut adalah asetaldehida, akrolein, benzena, etilbenzena, formaldehida, stirena, toluena dan xilena.

Semua senyawa tersebut masuk ke dalam volatile organic compounds (VOC) atau senyawa organik yang mudah menguap. Aroma yang dihasilkan dapat menyebabkan reaksi seperti alergi pada beberapa orang, termasuk iritasi mata, bersin, pusing, sesak napas, kelelahan, mual, hingga sakit kepala. Kekuatan senyawa ini bervariasi sesuai paparan panas dan cahaya pada mobil.

baru mobil baru dari baru yang keluar dari AC mobil
Senyawa berbahaya ini terasa pada bagian interior mobil baru

>>> Lakukan Hal Praktis Ini, Tips Menghilangkan Bau Pesing Di Mobil

“(Senyawa ini) tidak hanya menguap dan kemudian menghilang,” kata Nick Molden, CEO perusahaan pengujian Emissions Analytics.

“Ini akan menguap ke kabin dan kemudian, di malam hari, saat dingin, akan diserap kembali oleh permukaan. Dan akan menguap lagi keesokan harinya. Jadi saat VOC berkumpul, lalu terpapar sinar matahari, pada dasarnya Anda memiliki biosfer VOC, yang dapat bertahan cukup lama," jelasnya lagi.

Gejala paling sering dilaporkan terjadi di Asia. Sebuah survey tahun 2005 terhadap 800 pembeli mobil baru oleh Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan menemukan setidaknya 51,1% konsumen mengalami 'sick car syndrome'. Hal serupa juga terjadi di Jepang dan Rusia.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas hanya di sini

Dikeluhkan sebagian besar konsumen

Bau interior mobil yang menyenyat juga disebut sebagai salah satu keluhan terbesar yang diajukan oleh pembeli mobil baru dari lembaga survey JD Power di China. Karena itu, China memperkenalkan “pedoman penilaian kualitas udara mobil penumpang” GB/T 27630-2011 pada tahun 2012 yang mencakup metode pengujian dan emisi interior maksimum.

bau mobil menyengat dengan bunga pada AC mobil
Beberapa negara sudah meminta pabrikan menghilangkan bau mobil yang menyengat

Begitu juga di Inggris. Pabrikan otomotif akan diminta untuk mengganti bahan interior yang tidak berbau pada kendaraan penumpang hingga delapan kursi yang berada dalam klasifikasi segmen kendaraan kelas M1 di Inggris.

Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa (UNEE) juga telah memantau masalah ini sejak November 2014. Mereka melayangkan pembaharuan panduan tentang standar kualitas udara interior mobil dan pengujian interior pada bulan Juni 2020 lalu. Walaupun belum diadaptasi oleh negara di Eropa, namun peraturan ini bisa menjadi tolak ukur baru bagi pemerintah untuk menghilangkan bau mobil baru yang menyengat dan bisa mengakibatkan masalah yang lebih besar bagi penumpang.

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Kenali Asal Bau Mobil Baru dan Cara Mengatasinya

Istilah 'bau mobil baru' bagi sebagian orang bikin bangga karena dimaknai sebagai pujian. Pada kenyataannya mobil baru memang selalu mengeluarkan bau yang khas dan sedikit 'menyengat'. Anda perlu tahu dari mana bau ini berasal. Meski lambat laun bau mobil baru ini bakal hilang dengan sendirinya, Anda bisa mempercepat bau mobil baru ini hilang kalau Anda menginginkan.

Lihat juga

Hyundai Selidiki Keluhan Bau Menyengat dari Kabin Hyundai Palisade

29/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Hyundai sedang menyelidiki keluhan dari konsumen terkait bau menyengat yang disinyalir berasal dari kabin Hyundai Palisade yang baru saja diluncurkan Hyundai.

Lihat juga

Sering Mencium Bau Ini Pada Mobil? Sebaiknya Jangan Disepelekan

25/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Bau yang tercium pada mobil memang bisa mengidentifikasikan ada yang tak beres. Untuk itu bila Anda mencium bau ini di dalam mobil, jangan disepelekan ya.

Lihat juga

Mobil Jarang DipakaiI? Ini Cara Menghilangkan Bau Apek di Dalam Kabin

17/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Bau apek dalam kabin adalah salah satu masalah klasik yang terjadi ketika mobil jarang digunakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan beberapa metode, apa saja?

Lihat juga

Cintamobil TV: Cara Hilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

16/04/2020

Perawatan dan service

5 menit

Berikut ini tim Cintamobil akan memberikan bagaimana tips hilangkan bau tidak sedap di kabin mobil. Caranya sangat mudah dan alat yang dibutuhkan tidak banyak. Anda pun pasti bisa melakukannya di rumah.

Lihat juga