Ternyata Ini Penyebab Power Steering Berat dan Cara Mencegahnya

05/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ternyata Ini Penyebab Power Steering Berat dan Cara Mencegahnya
Banyak hal bisa membuat power steering berat sehingga bisa mengganggu. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab power steering berat dan cara mencegahnya.

Power steering merupakan komponen penting untuk mempermudah pengendaraan. Masalah power steering sering terjadi, terutama pada mobil tua. Problematika ini akan mengganggu dan membuat tubuh terasa cepat lelah ketika mengemudi. Ternyata ini beberapa penyebab power steering berat yang bisa terjadi pada kendaraan.

Penyebab power steering berat

Gangguan pada power steering akan membuat roda kemudi terasa berat untuk dikendalikan. Berdasarkan Auto2000, berikut beberapa hal yang membuat power steering menjadi berat.

1. Kehabisan minyak power steering

Power steering pada umumnya menggunakan sistem hidrolik yang membutuhkan tekanan untuk menghasilkan sejumlah data. Untuk menghadirkan tekanan, sistem hidrolik membutuhkan cairan yang disebut dengan minyak power steering. Ketika minyak menipis atau habis, maka power steering terasa berat.

cairan power steering yang terdapat pada mobil
Perhatikan kondisi dan ketersediaan minyak power steering

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengisi ulang minyak power steering. Pengisian juga bisa dilakukan ketika melaukan servis berkala. Namun berhati-hati ketika memilih minyak power steering. Kesalahan pemilihan bisa berbahaya bagi pengemudian. Pastikan juga takaran minyak sesuai dengan yang ditentukan.

>>> Awas, 4 Hal Ini Sebabkan Power Steering Rusak

2. Kebocoran komponen

kebocoran cairan power steering pada mobil
Cek jika ada kebocoran pada power steering pada kolong mobil

Salah satu penyebab utama power steering bermasalah adalah kebocoran yang terjadi pada pipa saluran yang mengalirkan minyak power steering. Ketika terjadi kebocoran, tekanan pompa power steering tidak maksimal, sehingga membuat setir menjadi lebih berat ketika diputar. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti pipa saluran minyak.

>>> Posisi Setir Saat Parkir Wajib Lurus Biar Komponen Ini Tidak Rusak

3. Masalah worm steering atau seal

Salah satu komponen penyusun power steering dikenal juga dengan nama worm steering atau disebut seal. Masalah bisa terjadi ketika worm bergeser dan keluar dari posisi yang seharusnya. Pergeseran ini bisa membuat kebocoran pada minyak power steering.

worm steering mobil pada mobil berwarna hitam
Ketika melakukan pengecekan, jangan lupakan kondisi worm steering

Ketika hal ini terjadi, pastikan untuk memeriksakan mobil ke bengkel kepercayaan Anda. Kebocoran akan berhenti dan tekanan pompa bisa maksimal setelah seal dikembalikan pada posisi semula. Namun ketika kebocoran meluas, Anda perlu mengganti komponen yang mengalami kerusakan.

>>> Tips & trik terbaru lainnya hanya ada di Cintamobil.com

Tips mencegah power steering berat

Untuk mencegah power steering terasa berat tergantung pada sistem yang digunakan. Komponen yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu Hydraulic Power Steering (HPS) yang menggunakan sistem hidrolik atau tekanan fluida dan Electronic Power Steering (EPS) yang menggunakan motor listrik.

tangan yang sedang melakukan perawatan mobil
Pastikan untuk melakukan perawatan berkala dengan tepat waktu

Perawatan untuk sistem HPS bisa dilakukan melalui servis berkala ketika kendaraan sudah mencapai kilometer 40.000. Sedangkan sistem EPS tidak membutuhkan perawatan berlebihan. Karena Anda tidak harus mengisi ulang fluida. Jangan lupa untuk memeriksakan kendaraa dan melalui perawatan berkala pada waktunya agar menjaga mobil berada dalam kondisi maksimal.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas lainnya di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Awas, 4 Hal Ini Sebabkan Power Steering Rusak

24/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Power steering adalah komponen yang krusial sehingga akan menggangu kinerja mobil secara keseluruhan jika mengalami masalah. Apa saja pemicu masalah sistem kemudi ini?

Lihat juga

Cara Memeriksa dan Menambah Oli Power Steering

21/08/2017

Perawatan dan service

2 menit

Semua mobil memiliki sistem power steering hidrolik yang membantu pengemudi untuk memutar setir dengan ringan. Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa ketinggian oli power steering dan menambahkannya kalau diperlukan

Lihat juga

Begini Cara Kerja VFC Power Steering Fortuner Dan Hilux Baru

11/06/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Fortuner dan Hilux baru sudah dilengkapi dengan VFC (Variable Flow Control) di kemudinya, begini cara kerja VFC power steering Fortuner dan Hilux anyar..

Lihat juga

Bengkel MW Power Steering, Sudah Dipercaya Sejak Tahun 1990-an

20/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Bengkel MW Power Steering bisa menjadi bengkel alternatif untuk perbaikan power steering mobil Anda. Diakui beberapa konsumennya, bengkel ini cukup piawai memperbaiki berbagai masalah power steering dan harganya pun bersahabat.

Lihat juga

Banjir Bikin Elektrik Power Steering Rusak? Begini Cara Mengeceknya

05/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ketika mobil terendam banjir maka akan menimbulkan efek negatif terhadap beberapa komponen, termasuk membuat elektrik power steering rusak. Lalu bagaimana cara mengecek kerusakan pad akomponen yang satu ini?

Lihat juga