Terlihat Sepele, Tapi Wajib Diketahui, Jenis Cairan Penting untuk Mobil

25/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Terlihat Sepele, Tapi Wajib Diketahui, Jenis Cairan Penting untuk Mobil
Cairan penting untuk mobil dibutuhkan untuk menjaga performa mobil tetap prima. Kira-kira cairan apa sajakah itu? Simak baik-baik informasinya di bawah ini.

Kesehatan pada sebuah mobil tidak dinilai dari kinerja mesin dan pengendalian semata. Namun ada beberapa bagian lain yang harus Anda perhatikan. Salah satunya ialah cairan pada mobil yang perannya sangatlah penting untuk kelancaran berkendara. Jika cairan ini lupa untuk diperhatikan akan mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan.

Dilansir dari Hyundai Indonesia, terdapat enam cairan pada mobil yang harus Anda perhatikan kualitas dan kuantitasnya. Kira-kira cairan apa sajakah itu? Simak baik-baik informasinya di bawah ini.

>>> Tips Memasang Selang Radiator Aftermarket, Jangan Hanya Terpikat Dari Tampilan Saja

Gambar menunjukan minyak rem

 Cairan wajib untuk mobil harus Anda ketahui agar performa mobil selalu terjaga

Cairan penting untuk mobil yang pertama ialah minyak rem. Cairan ini merupakan salah satu sistem keselamatan yang Anda gunakan setiap harinya maka Anda harus perhatikan secara berkala cairan ini. Sebelum menjalankan mobil, sebisa mungkin cek cairan ini, jika dirasakan kurang performanya, Anda cukup menambahkannya hingga batas maksimal namun jangan sampai berlebihan karena ada dampaknya juga untuk pengereman mobil Anda.

Cairan kedua yang tak kalah penting ialah oli mesin. Cairan ini memiliki fungsi yang sangat vital, jika Anda lupa menggantinya bisa berakibat fatal. Jika oli mesin mobil Anda kering bahkan kurang, maka Anda harus menyiapkan dana lebih untuk membawa mobil tersebut ke bangkel. Usahakan setiap pagi Anda melihat metering oli yang ada pada bagian mesin.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada di sini

Gambar menunjukan waper mobil

Air untuk wiper merupakan salah satu cairan wajib untuk mobil

Cairan penting untuk mobil yang ketiga ialah minyak power steering, cairan ini berguna untuk melancarkan kinerja dari steering mobil pada mobil Anda. Jika kondisinya macet, pasti akan sangat menggagu pengemudian, oleh sebab itu jangan lupa juga untuk mengecek kondisi minyak power steering ini.

Cairan keempat ialah cairan radiator. Pengecekan cairan ini juga jangan sampai kelewat. Anda harus melakukan pengecekan pada bagian radiator, apakah ada rembesan air/coolant atau tidak. Perlu diingat, jangan sampai radiator Anda kering karena tidak ada cairannya, hal itu bisa berdampak overheat alias kepanasan, akibatnya? Mobil Anda bisa mogok nantinya.

>>> Tips perawatan mobil lainnya dapat dilihat di sini

Cairan kelima yang tidak boleh ketinggalan ialah air wiper. Nah ini cairan yang sering terlewatkan. Apakah menurut Anda air wiper tidak begitu penting? Anda salah, cairan ini justru memiliki fungsi yang tidak kalah pentinggnya dengan cairan-cairan sebelumnya yang telah disebutkan. Air wiper berfungsi menghapus kotoran yang menempel pada kaca depan dengan wiper. Bayangkan jika cairan ini tidak ada, bagaimana cara Anda membersihkan kotoran yang menempel pada kaca mobil Anda ketika sedang berkendara? Pastinya hal ini bisa membahayakan Anda karena mengurangi visibilitas pandangan.

Cairan terakhir atau yang keenam ialah air aki basah. Agar masa pakai baterai atau aki menjadi lebih panjang periksa cairan aki mobil Anda setiap dua minggu sekali. Pastikan cairan aki pada seluruh sel ada di antara batas bawah dan batas atas.

>>> Kumpulan artikel tips dan trik lainnya

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top