Tanpa Bantuan Montir, Ini Cara Membersihkan Rem Mobil

06/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Tanpa Bantuan Montir, Ini Cara Membersihkan Rem Mobil
Melakukan perawatan mekanikal pada mobil tidak semuanya harus dilakukan ke bengkel, Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Termasuk cara membersihkan rem mobil. Berikut langkah-langkahnya.

Pernah mengalami rem mobil berdecit ketike pedal rem diinjak? Mungkin itu akibat bagian pengereman kotor. Penyebabnya adalah debu dan residu yang menumpuk pada disk brake dan kaliper. Dan untuk menghilangkannya ya dengan membersihkan bagian tersebut.

>>> Ini Tanda Minyak Rem Harus Diganti

Tentunya untuk melakukan perawatan sistem pengereman sebaiknya Anda membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi atau bengkel yang sudah dipercaya. Meski begitu, jika Anda ingin sesekali melakukan bersih-bersih ini tanpa bantuan montir, bisa kok!

Berikut cara membersihkan rem mobil sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Persiapan

ganti ban mobil

Bongkar roda untuk membersihkan sistem pengereman

Untuk membersihkan bagian pengereman mobil, tentunya Anda lebih dulu membongkar ban mobil Anda. Tidak perlu langsung membongkar keempat roda, Anda bisa melakukannya satu per satu di setiap roda.

>>> Temukan promo mobil baru paling menarik disini

Setelah ban terlepas, bongkar sistem pengereman roda. Bongkar juga bagian disk brake dengan kalipernya. Jika mobil Anda masih menggunakan tromol rem, buka tutup tromol dengan car diketok menggunakan palu sedikit demi sedikit.

2. Pakai Brake Cleaner

semprot brake cleaner

Semprotkan dengan brake cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran

Setelah bagian pengereman terlihat, maka cara membersihkan rem mobil adalah menggunakan cairan khusus. Cairan itu bernama brake cleaner, mereknya bisa Anda pilih sesuai selera Anda. Karena sejatinya sifat cairan ini sama, yaitu merontokkan debu dan kotoran dari sistem rem mobil.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

Semprotkan ke permukaan disk brake dan kaliper, untuk tromol rem, semprotkan ke permukaan tromol dan tutup tromol. Beri jarak semprotan sekitar 10-15 cm. Kemudian lap pakai lap bersih dan kering. Pastikan debu dan kotoran menempel pada lap. Jika dirasa masih kurang bersih, ulangi sampai sistem pengereman benar-benar bersih.

3. Lakukan Tes

injak pedal rem mobil

Tes injak pedal rem untuk memastikan bunyi pada rem sudah hilang

Setelah pembersihan dirasa cukup, pasang kembali disk brake dengan kaliper, serta tutup tromol pada tempatnya. Lalu saat mobil masih dalam keadaan berhenti, coba cek dengan menekan pedal rem berkali-kali. Kemudian lanjutkan dengan tes jalan, apakah masih ada gejala rem berdecit atau tidak.

Dengan memahami cara membersihkan rem mobil sendiri, maka Anda dapat melakukan perawatan sistem pengereman secara berkala tanpa harus sering ke bengkel.

>>> Tips dan trik perawatan mobil baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Merawat Rem ABS dan EBD, Jangan Sampai Absen

28/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Walau teknologinya sudah modern, bukan berarti tidak butuh merawat rem ABS dan EBD. Justru sebaliknya, karena telah menggunakan sensor, maka rem jenis ini harus diperhatikan baik-baik agar selalu dalam kondisi prima.

Lihat juga

Wajib Tahu Untuk Keselamatan, 10 Penyebab Rem Blong Serta Solusinya

Hal yang paling dihindari dalam berkendara tentu saja adalah kecelakaan. Jika dilihat dari jenis penyebabnya, salah satu paling membahayakan ialah rem blong. Tak heran, banyak di sosial media mengabarkan bahwa kecelakaan sering kali terjadi karena masalah rem blong. Lantas, apa alasan di baliknya? Inilah dia penyebab rem blong serta solusinya.

Lihat juga

Kenali Gejala Rem Tangan Rusak Jika Tarikannya Sudah Tak Nyaman Lagi

Sebenarnya ada tanda-tanda jika rem tangan rusak. Bahkan mengetahui ketidakberesan di rem tangan itu dapat Anda deteksi tanpa perlu membongkarnya, antara lain dengan merasakan tarikan tuas rem tangan yang sudah tak lagi nyaman.

Lihat juga

Review Nissan Murano 2011: ‘Berlian’ Di Antara Lautan Mobil Bekas

27/06/2019

Editor rate:

Ketika PT. Nissan Motors Indonesia (NMI) baru pertama kali bermain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV), Nissan Murano menjadi perintisnya. Nissan Murano adalah sebuah pelaku sejarah. SUV yang dulunya dikenal selalu kotak dan besar, diubahnya menjadi mobil berdesain Crossover. Ada rencana membelinya? Coba simak dulu review Nissan Murano 2011 berikut ini.

Lihat juga

Harga Toyota Yaris 2021 : Harga mobil Yaris OTR & Promosi

01/01/2021

Toyota

Mengusung tema sporty dan stylish, Toyota Yaris dihadirkan dalam versi terbaru pada awal tahun 2018. New Toyota Yaris ini menjadi jawaban dari pihak Toyota untuk tingginya minat masyarakat akan mobil Medium Hatchback yang berkonsep Fun to Drive. Pasalnya, mobil yang laris manis sebanyak 10.160 unit pada tahun 2017 lalu, akan diberikan perubahan menarik pada beberapa aspek penting seperti eksterior, interior dan fiturnya. Berapa harga Toyota Yaris terbaru?

Lihat juga
 
back to top