Tangki Bensin Sebaiknya Diisi Penuh Meski Mobil Diam di Rumah Saja

29/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tangki Bensin Sebaiknya Diisi Penuh Meski Mobil Diam di Rumah Saja
Tangki bensin sebaiknya diisi penuh meski hanya terparkir di rumah saja seiring imbauan dari pemerintah agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah.

Imbauan pemerintah kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk berada di rumah saja, membuat segala aktivitas di luaran harus diurungkan. Pun demikian dengan kegiatan perkantoran yang kini dikerjakan dari rumah. 

Kendaraan yang biasa digunakan untuk berpergian ke kantor dan tempat lainnya pun ikut nganggur dan terparkir di rumah. Tapi jangan salah, meski kendaraan Anda hanya terparkir di rumah, sebaiknya tak didiamkan begitu saja. Kondisi tangki bensin pun sebaiknya diperhatikan. 

>>> Pilihan Sedan Terbaik: 5 Mobil Bekas di Bawah Rp100 Jutaan

Usahakan Mengisi Tangki Bensin sampai Penuh

Karena cenderung tak digunakan, mungkin sebagian orang justru membiarkan tangki bensin hampir kosong. Padahal, meski kondisinya hanya terparkir di rumah, tangki bensin diusahakan bisa diisi secara penuh. 

"Sebaiknya sih gitu (diisi penuh), biar nggak bolak-balik pom bensin dan meminimalkan ruang kosong di tangki. Kalau kosong banget bisa terjadi kondensasi pada udara yang di tangki, jadi titik-titik air," jelas Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi.  

Tangki bensin sebaiknya diisi penuh

Tangki bensin diisi penuh untuk mencegah karatan

Anjar menuturkan, kosongnya tangki bensin memang tak berimbas langsung pada kerusakan mesin. Namun dengan mengisi tangki bensin secara penuh setidaknya bisa mencegah korosi. 

"Cuma kalau terjadi titik air, dikhawatirkan bisa memicu karat pada tangki," ungkap Anjar. 

>>> Begini Tips Memilih Cairan Wiper agar Kaca Berkilau Bebas Jamur

Jangan Lupa Memanaskan Mobil

Tak hanya itu, meski mobil hanya terparkir di rumah, mobil jangan lupa untu dipanaskan. Setidaknya dengan memanaskan mobil, Anda bisa mencegah aki agar tak cepat soak. 

"Paling nggak seminggu sekali, 15 menitan," imbuh Anjar. 

Memanaskan mobil juga perlu ketika berada di rumah saja

Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi mobil meski berada di rumah 

Imbauan untuk tetap di rumah saja memang digaungkan pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus corona di seluruh Indonesia. Di Ibu Kota Jakarta sendiri, imbauan untuk tetap berada di rumah sudah mulai diberlakukan Gubernur Anies Baswedan sejak dua pekan lalu. 

Dengan terus bertambahnya jumlah orang terinfeksi, terlebih Jakarta sebagai salah satu epicenter penyebaran virus corona, maka masa tanggap darurat di Jakarta pun akan diperpanjang. Artinya imbauan agar di rumah saja masih akan berlaku. 

>>> Kredit Mobil Bisa Dilonggarkan Sesuai Imbauan Jokowi, tapi Ada Syaratnya

"Kita perlu menyampaikan kepada masyarakat di Jakarta bahwa pembatasan tetap berjalan. Karena itu, status tanggap darurat di Jakarta akan kita perpanjang yang semula sampai 5 April, diperpanjang sampai 19 April," tutur Anies. 

"Itu artinya kegiatan bekerja dari rumah untuk jajaran pemerintahan, Polda, dan Kodam yang terkait sipil itu akan juga terus bekerja dari rumah. Tempat wisata juga penutupannya diperpanjang, kegiatan belajar-mengajar juga diperpanjang, semuanya mengikuti status tanggap darurat yang diperpanjang sampai 19 April," pungkasnya. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda baca disini

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top