Tampil Keren Dan Meningkatkan Pengendalian, Inilah Tips Pasang Lowering Kit

Share this post:
Tampil Keren Dan Meningkatkan Pengendalian, Inilah Tips Pasang Lowering Kit
Merendahkan ground clearance kerap dilakukan untuk penampilan mobil semakin keren. Selain terlihat lebih agresif, penggunaan lowering kit juga mampu meningkatkan pengendalian (handling) mobil. Punya banyak manfaat yakni tampil keren dan meningkatkan penegndalian, simak tips pasang lowering kit.

Salah satu cara untuk mendongkrak tampilan mobil yakni dengan modifikasi pada bagian pelek. Misalnya mengganti dengan diameter yang lebih besar. Tapi setelah ubahan tersebut, hal yang, mengganjal yakni soal ketinggian mobil. Jarak antara roda dengan rumah sepatbor jadi terlihat renggang. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mereduksi ketinggian ini. Mulai dari memotong per sebagai cara yang paling terjangkau, pasang lowering kit hingga gunakan coil over. Namun, untuk opsi pertama tidak kami sarankan karena kerja per jadi tidak benar ketika menerima beban, selain itu kerja peredam kejut menjadi lebih berat.

Pasang lowering kit membuat tampilan mobil lebih keren

Pasang lowering kit membuat tampilan mobil lebih keren dan meningkatkan pengendalian

Cara paling ideal adalah dengan mengganti per standar dengan per aftermarket yang sudah di desain khusus dan dapat mereduksi ketinggian atau dikenal dengan istilah lowering kit. Dengan pasang lowering kit, ketinggian mobil bisa turun antara 20-35 mm. Sekadar informasi, lowering kit merupakan salah satu komponen suspensi. Biasanya per yang dibuat pabrikan aftermarket mampu meningkatkan tampilan sekaligus handling mobil.

>>> Ingin Modifikasi Velg? Perhatikan Tips Mengganti Ukuran Ban

Namun walau lebih pendek dari dari ukuran per standar, pasang lowering kit masih mempertahankan kenyamanan layaknya mobil standar. Karena perancangan spring rate dari lowering kit sudah diperhitungkan oleh insinyur yang memang sudah ahli di bidangnya. Dari sisi harga, pasang lowering kit memang beragam. Mulai dari yang paling murah seharaga Rp 3 juta hingga Rp 6 jutaan. Harga ini berdasarkan pada jenis lowering kit yang paling populer adalah tipe progresif.

Ulir per pada lowering kit berbeda dengan versi OEM

Perbedaan paling populer pada lowering kit adalah ulir per dibandingkan dengan OEM

Per progresif adalah per yang mempunyai jarak tiap ulir berbeda-beda dalam satu per. Disatu sisi, ada ulir yang berjarak rapat dan ada yang berjarak renggang. Ulir dengan jarak rapat bertujuan membuat jarak main per menjadi sedikit. Karena ketika mendapatkan beban, ulir per dengan jarak rapat ini menjadi tidak aktif. Efeknya membuat suspensi mobil lebih kaku sehingga handling meningkat.

>>> Ingin menjaga mobil kesayangan Anda selalu seperti baru, bacalah artikel di link ini

Sedangkan ulir yang renggang fungsinya untuk menerima dan memantulkan kembali impak yang diterima. Saat dipantulkan oleh ulir renggang, bantingan diserap lagi oleh ulir yang rapat tadi baru diteruskan ke shockbreaker, sehingga shockbreaker menjadi lebih ringan kerjanya. Jadi bisa dibilang, per progresif memberikan handling terbaik ketika mobil bermanuver dan tetap memberikan kenyamanan berkendara ketika melewati jalan bergelombang. Per jenis ini direkomendasikan untuk pemakaian sehari-hari karena karakter bantingannya yang relatif nyaman dan bisa meningkatkan handling mobil.

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Share this post:

Berita lain

Mau Belajar Digital Modifikasi? Aplikasi Ini Bisa Bantu Anda

12/01/2019

Event - Promosi

Saat memodifikasi mobil, terkadang bingung untuk menentukan aksesori yang ingin dipasang atau warna yang sesuai selera. Namun bila Anda ingin belajar bagaimana memodifikasi mobil via digital, aplikasi 3D Tuning bisa mengasah kemampuan Anda.

Lihat juga

Ingin Modifikasi Velg? Perhatikan Tips Mengganti Ukuran Ban

Semua komponen pada mobil mempunyai kemampuan maksimal dalam bekerja sesuai fungsinya. Jika dipaksa melampaui batas maka ada konsekuensi yang harus ditanggung. Termasuk ketika Anda memodifikasi velg dan mengganti ukuran ban.

Lihat juga

Penggunaan AlloyGator Bisa Lindungi Bibir Velg Mobil Anda

Perkembangan velg di dunia otomotif memang sudah berkembang pesat. Selain menjadi bingkai dari ban untuk menggerakkan mobil, velg juga kini menjadi simbol gaya modifikasi seseorang. Tak ayal kini banyak ditemui velg-velg keluaran aftermarket maupun velg resmi OEM pabrikan yang tampilannya menarik dan membuat orang terpikat terhadap tampilan mobil tersebut.

Lihat juga

Modifikasi Lampu Mobil Ciamik Buat Toyota Camry Jadi Ikon Autovision ROL 2018 Pekanbaru

14/09/2018

Event - Promosi

Merombak sistem pencahayaan dan memasukkan unsur seni etnik ke dalam tema modifikasi menjadi 'senjata' Toyota Camry untuk merebut jawara Autovision Ray of Light 2018 di kota Pekanbaru.

Lihat juga

Modifikasi Sistem Kelistrikan Boleh Saja, Tapi Awas Bisa Berbahaya

Mempermak mobil memang boleh-boleh saja. Tetapi modifikasi sistem kelistrikan tetap membutuhkan perhatian lebih mengingat banyaknya insiden yang terjadi akibat kesalahan sistem kelistrikan.

Lihat juga
 
back to top