Tips Memilih Tempat Tambal Ban Mobil Terdekat 24 Jam

10/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Tambal ban mobil terdekat 24 jam adalah tempat yang bisa mengatasi maslaah ban mobil ketika bocor di tengah jalan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendatangi tempat tambal ban seperti ini.

Tambal ban mobil terdekat 24 jam adalah solusi paling mujarab ketika ban mobil Anda bocor di tengah jalan. Memang sih, sebagian besar mobil di Indonesia dibekali dengan ban cadangan. Tapi rasanya kalau ban hanya tertusuk satu paku, lebih baik ditambal daripada harus ganti dengan yang baru.

Sayangnya, tidak semua tambal ban mobil 24 jam benar-benar memberikan pelayanan yang terbaik. Tak jarang pula, jika ban mobil Anda terkena paku, hal tersebut akibat ulah dari komplotan oknum di tempat ban mobil terdekat dari sini tersebut. Sebab ternyata cukup banyak pelaku penebar ranjau paku yang ternyata berasal  dari pihak bengkel tambal ban itu sendiri.

Kalau sudah begini bagaimana dong?! Tenang, masih banyak kok bengkel ban mobi terdekat 24 jam yang memberikan pelayanan terbaik dan jujur pada setiap konsumennya. Nah supaya tidak tertipu ketika hendak menambal di tempat tambal ban terdekat 24 jam. Yuk baca tips penting dari Cintamobil.com berikut ini.

Waspadai Tempat Tambal Ban Terdekat 24 Jam dengan Ciri-ciri Ini

Tambal Ban Mobil Pinggir Jalan

Hati-hati dengan oknum tambal ban pinggir jalan

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, beberapa oknum penyebar ranjau paku di jalan raya, ternyata diketahui pelakunya adalah para tukang tambal ban mobil sendiri. Mereka hampir setiap hari menebar puluhan paku, baut, atau potongan komponen payung di jalan dengan harapan pengemudi mobil atau motor yang melintas, bannya bakal bocor setelah melindas ranjau-ranjau yang sudah mereka sebar itu.

Meskipun tim Saber (Sapu Bersih) kerap melakukan penyisiran dan mengumpulkan berkilo-kilogram ranjau paku, nyatanya para pelaku ini tetap saja ada. Mereka berdalih apa yang dilakukan karena alasan untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya. Namun apapun alasannya, keberadaan ranjau paku ini patut kita waspadai, terutama jika pelakunya para tukang tambal ban pinggir jalan.

Ternyata ciri-ciri oknum tambal ban curang ini bisa mudah terlihat kok. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Ciri pertama biasanya konsumen yang menambal ban di tempat tambal ban terdekat 24 jam itu cukup banyak. Dan umumnya keluhannya serupa yakni ban mereka bocor akibat terkena paku. Korbannya bisa pengendara sepeda motor atau pengemudi mobil.
  2. Ciri kedua adalah, biasanya tempat tambal ban curang ini berkerja secara berkelompok, yakni lebih dari 2 orang. Karena mereka harus membagi tugas mana yang menebar paku dan mana yang bertindak sebagai penambal ban.
  3. Dan terakhir umumnya tempat tambal ban ini tidak mau melakukan penambalan ban terhadap korban-korbannya. Alasannya pun beragam, mulai dari ban sudah tidak bisa ditambal, jumlah paku yang tertusuk pada ban terlalu banyak, sampai ban harus pakai ban dalam baru. Ini dengan harapan, si korban membeli ban yang mereka sudah sediakan dengan harga yang sangat tinggi.

>>> 4 Cara Buat Semir Ban Mobil Sendiri dengan Bahan-bahan di Rumah

Perhatikan Teknik Menambal Ban

Tambal Ban Pinggir Jalan

Tidak semua tambal ban pinggir jalan tidak berkualitas

Lalu apakah semua tambal ban mobil terdekat 24 jam itu tidak bagus? Gak juga. Karena banyak juga kok tempat tambal ban mobil 24 jam yang layak untuk direkomendasikan. Namun yang tak kalah penting saat hendak menambal ban adalah teknik menambal ban yang dilakukan di bengkel ban mobil terdekat 24 jam itu.

Beberapa teknik menambal ban mobil yang perlu Anda ketahui yaitu:

>>> Untung Rugi Penggunaan Cairan Anti-bocor untuk Ban Mobil

Tambal Ban Cacing

Tambal Ban Mobil Teknik Cacing

Teknik yang paling banyak dilakukan tukang tambal ban

Ini adalah teknik tambal ban mobil yang paling sering dilakukan oleh tukan tambal ban mobil terdekat dari sini. Dinamai tambal cacing karena untuk menambal lubang yang ada pada permukaan ban tersebut menggunakan karet dengan bentuk seperti cacing. Padahal karet ini sebenarnya punya nama, yaitu string tubeless.

Kalau Anda perhatikan dari apa yang dilakukan para tukang tambal ban mobil terdekat 24 jam atau tempat tambal ban di pinggir jalan, maka proses penambalan menggunakan string tubeless adalah lubang pada ban yang bocor dilebarkan dengan alat khusus yang mirip pengait. Kemudian karet string tubeless tersebut dimasukkan ke lubang itu. Supaya tidak mengganggu perjalanan, panjang string tubeless disesuaikan dengan permukaan tapak ban.

Cara ini adalah proses tambal ban mobil yang paling praktis dan harganya murah, yakni hanya sekitar Rp 15.000 - Rp 25.000 per titik lubang. Namun sering kali string tubeless yang digunakan tidak bisa bertahan lama. Dalam 4-6 bulan setelah penambalan, ada potensi bekas tambalan bocor dan mengeluarkan angin ban. meskipun ada juga yang hasil tambalan ini dapat bertahan lama sampai ban tersebut diganti.

Tambal Ban Peluru

Ban Mobil

Sebaiknya ban yang sudah di tambal seperti ini tidak digunakan terlalu lama

Proses penambalannya relatif serupa dengan tambal cacing, hanya saja material karet penambal yang digunakan berbeda. Yaitu karet berbentuk silinder dengan ujung lancip. Nantinya bagian yang lancip tersebut dimasukkan ke lubang ban yang bocor sebagai penutup.

Namun, tidak seperti tambal ban cacing, tambal ban peluru memiliki keterbatasan. Jenis tambal ban ini hanya bisa dipakai untuk tapak ban dan tidak direkomendasikan untuk menambal dinding ban. Tidak heran popularitasnya kalah dari string tubeless.

>>> Daftar Harga Ban Mobil Achilles Terlengkap 2021

Tambal Ban Payung

Pasang Ban Mobil

Setelah di tambal, sebaiknya ban di balancing lagi

Dari ketiga teknik tambal ban mobil, cara inilah yang paling direkomendsikan. Jika Anda menemukan tempat tambal ban mobil terdekat 24 jam yang menggunakan teknik ini, maka usah khawatir akan kualitas pengerjaannya. Prosesnya memang lebih rumit yaitu harus membuka ban terlebih dulu dari velg. Kemudian bagian dalam ban disekitar lubang yang bocor dibersihkan lalu dibor pakai mesin khusus. Supaya karet penambal merekat sempurna, area yang bakal ditambal juga diampelas halus.

Sementara karet penambal yang digunakan berbentuk batang dengan ujung mirip payung. Batang besi penambal ini kemudian dimasukkan untuk menutup lubang dari arah bagian dalam ban ke luar. Kemudian batang tersebut ditarik dari bagian luar ban sampai melekat sempurna. Setelah selesai, ujung batang  di potong. Agar kuat, karet penambal dikunci dengan klip yang dipasang di atas permukaan ban. Lalu lembaran karet di pangkal tiang dipanaskan dengan suhu kurang lebih 1.500 derajat celcius supaya melekat erat.

Selain lebih rumit, cara menambal ban seperti ini juga butuh biaya lebih mahal, yaitu di kisaran Rp 70.000 - Rp 150.000. Namun usia tambalan dapat bertahan sangat lama.

Nah itu tadi serba-serbi dalam memilih tempat tambal ban mobil 24 jam terdekat. Meksipun dalam keadaan mendesak, sebaiknya tetap berhati-hati supaya tidak terjebak oknum tak bertanggung jawab ya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya tambal ban mobil?
Jika hanya menggunakan teknik tambal ban cacing, maka biaya tambal ban biasnaya mulai dari Rp 15.000 per titik lubang yang bocor.
Apakah semua ban mobil boleh di tambal?
Semua ban mobil bisa di tambal, namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak tambalan pada sebuah ban. Selain itu jika ban memang sudah di tambal, sebaiknya tidka digunakan terlalu lama untuk kemudian diganti ban baru.
Bisakah ban bocor samping di tambal?
Jika lubang yang ada pada ban terdapat di bagian dinding ban, maka masih bsia di tambal namun prosesnya akan lebih rumit. Selian itu tambalan hanay bersifat sementara sampai Anda tiba di toko ban mobil terdekat untuk dilakukan penggantian dengan ban baru.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top