Tak Sempat Mencuci Mobil Setelah Hujan, Pastikan Untuk Melap Hingga Kering

Share this post:
Tak Sempat Mencuci Mobil Setelah Hujan, Pastikan Untuk Melap Hingga Kering
Salah satu cara merawat cat mobil paling ampuh adalah mencuci mobil setelah hujan. Dengan begitu, cat mobil lebih terawat dan terhindar dari air hujan yang bersifat merusak cat.

Banyak orang berfikir bahwa ketika mobil berada di bawah hujan, air hujan akan mencuci kotoran dan garam dari mobil. Tidak benar! Sebenarnya, air hujan malah menyebabkan kerusakan pada mobil. Karena itu, mencuci mobil setelah hujan mesti dilakukan untuk mempertahankan cat mobil berada dalam kondisi maksimal.

Gambar yang menunjukan mobil yang tertapar air hujan

Pastikan untuk membersihkan mobil setelah hujan-hujanan (Foto: The Allstate Blog)

Saat hujan turun, air hujan mengumpulkan polutan dan kontaminan dari udara, dan disebut dengan hujan asam. Efek hujan keting pada cat mobil bisa menimbulkan bintik-bintik yang disebut dengan water spot. Bintik ini juga bisa terjadi pada cat ketika bodi mobil tidak dikeringkan dengan benar setelah dicuci.

>>> Meminimalisir Kecelakaan, Perhatikan Fitur Bantuan Mobil ketika Hujan

Bahkan ketika hujan hanya turun sebentar saja, air hujan dan polutan berkumpul di kendaraan Anda. Air hujan akhirnya menguap dan meninggalkan lapisan polutan tipis yang dapat merusak cat mobil. Semakin lama Anda meninggalkan polutan dan kontaminasi pada car mobil, semakin banyak kerusakan yang ditimbulkan. Salju dan hujan es juga dapat menghasilkan efek merusak.

Gambar yang menunjukan air yang tertingal pada spion mobil

Air yang tertinggal pada mobil bisa bersifat merusak (Foto: Clean Car Wash)

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya hanya disini

Jika tidak dicuci, pastikan untuk dilap

Jika Anda tidak sempat untuk mencuci mobil, pastikan untuk membasuh mobil dengan air bersih, melap bagian luar mobil dan mengeringkannya. Sebagaimana dijelaskan oleh Christopher Sebastian, CEO dari Makko Group ketika diwawancarai oleh Kompas beberapa waktu lalu, "Kalau tidak seperti itu, potensi timbul jamur di kaca hingga ke bodi semakin besar."

Untuk lebih bersih, gunakan lap yang berbeda ketika membersihkan dan mengeringkan bagian interior dengan eksterior. Christopher menyarankan bahwa lap untuk bagian luar memakai lap khusus untuk menghindari munculnya goresan-goresan kecil pada bagian kaca atau bodi.

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

Gambar yang menunjukan pengemudi yang sedang melap mobil

Lap mobil hingga kering setelah dicuci (Foto: pfjones)

"Jadi kalau bisa, lap untuk bagian setengah bodi ke bawah sama ke atas itu dipisah. Kaca juga beda lagi, begitu juga dengan interior. Kalau disatukan semua, akan banyak masalah, sebaiknya dipisah saja," ungkap Christopher menjelaskan.

Dengan musim hujan yang mulai datang di beberapa penjuru Tanah Air, pastikan untuk mencuci mobil setelah hujan. Atau jika tidak sempat, cukup membasuh dengan air bersih dan mengeringkannya. Kemalasan akan membuat cat lebih cepat kusam dan akhirnya menambah pengeluaran untuk memperbaikinya.

>>> Baca juga tips dan trik menarik lainnya dari Cintamobil disini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top