Tak Bisa Sembarangan, Berikut Tips Memilih Layanan Car Care Berkualitas

Share this post:
Tak Bisa Sembarangan, Berikut Tips Memilih Layanan Car Care Berkualitas
Jangan langsung tergiur dengan workshop car care yang menawarkan jasa murah dan pelayanan yang cepat, karena car care berkualitas membutuhkan jasa dan standar pengerjaan yang ketat

Car care sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi yang ingin selalu terlihat resik dan bersih. Selain itu, banyak juga yang menganggap mobil adalah sebuah investasi, sehingga tampilan eksterior dan interior harus senantiasa terawat dan terjaga kondisinya. Maka atas dasar kebutuhan tersebut, semakin banyak pula workshop car care & detailing yang menawarkan paket car care mulai dari detailing hingga paint protection. Namun Anda diharapkan jangan hanya tergoda lantaran menawarkan jasa yang murah serta waktu pengerjaan yang cepat, karena akan berisiko untuk membuat cat mobil Anda menjadi kusam atau bahkan mengangkat lapisan coating (pernis) cat. ”Karena banyak juga gerai car detailing yang hanya menawarkan harga murah dan cepat, penggunaan obatnya tak dibarengi dengan standar proses car care yang benar,” sahut Aretho Wijoyo, Shinestly Car Detailing. Tak jarang, banyak pemilik mobil pun merasa kecewa dengan hasil car care yang didapat. Lantas, bagaimana cara memilih layanan car care berkualitas?

>>> Banyak Salah Paham, Protection Paint Film Berbeda Dengan Coating

Foto Honda Brio warna hitam sedang mendapatkan layanan car care

Proses car care atau car detailing minimal membutuhkan waktu 6 jam

Dalam tahapan car care, menggunakan beberapa obat yang menggunakan bahan kimia. Obat yang dimaksud adalah cairan anti jamur dan kompon. Kedua cairan ini berpotensi merusak cat jika tidak dengan penggunaan yang tepat. Seperti pada obat penghilang jamur misalnya, harus diberikan dalam kadar yang tepat, dan membutuhkan treatment seperti wax khusus untuk mencegah agar cat tak kusam. ”Cairan anti jamur mengandung zat asam untuk merontokkan jamur, jika tak sesuai, bisa membuat cat kusam dalam waktu hitungan hari,” tambah Aretho. Sehingga penggunaannya harus dengan takaran khusus dan cepat diantisipasi dengan coating setelahnya. Jika tidak, cat pun akan rusak, terlebih pada lapisan coating-nya.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Pemberian lapisan coating pada Honda Brio warna hitam

Pemberian coating harus dengan penanganan profesional, karena termasuk dalam cairan kimia berbahaya

Selain itu, kompon juga memiliki resiko untuk mengangkat lapisan coating cat. Sehingga, perlu penangan profesional. ”Tak boleh sembarangan memberikan kompon dan perlu ada tahapan sebelum dan sesudah memberikan kompon agar coating tak banyak terangkat,” sahut Agnes dari Auto Salon Boutique di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Karena sifat dasar kompon tipe tertentu yang mampu mengikis coating cat, sehingga perlu penanganan profesional.

>>> Beragam Warna, Bagaimana Perawatan Cat Mobil dan Pemeliharaannya?

Honda Brio warna hitam difoto dari belakang saat car care berlangsung

Car care berkualitas mencakup semua sektor mobil, mulai dari interior, eksterior, mesin hingga suspensi

Tak heran jika detailing dan car care berkualitas membutuhkan waktu minimal 6 hingga 8 jam, bahkan hingga 12 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. ”Butuh waktu lama, lantaran kita memiliki proses panjang, mulai dari mobil dicuci, diberikan wax, kompon, final wax hingga penambahan paint protection,” sahut Kevin Lee dari Fine Gloss, Seasons City Mall, Jakarta Barat. Sehingga hampir tak mungkin car care berkualitas hanya memakan waktu kurang dari 4 jam.

>>> Mau tau tips merawat mobil Anda lainnya? Semua ada di Cintamobil.com

Contoh beberapa produk car care

Obat yang digunakan dalam proses car care cukup  mahal harganya, sehingga membuat jasa car care berkualitas memiliki standar harga khusus

Sementara jasa untuk car care berkualitas sendiri memang cukup mahal. Fine Gloss misalnya, menetapkan car care dan detailing antara Rp 2,2 hingga 2,5 juta. Sementara di Auto Boutique mematok harga antara Rp 1,8-2,6 juta. Di HyperGloss berkisar antara Rp 1,8 hingga 2,4 juta per mobilnya. Sehingga, sangat disarankan untuk tidak langsung tergoda dengan layanan car care yang murah dan cepat, karena justru akan berpotensi merusak lapisan cat mobil Anda.

>>> Tips dan trik dunia otomotif terkini di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top