Tak Asal Buka-Tutup, Yuk Mengenal Berbagai Model Pintu Unik Di Mobil

Share this post:
Tak Asal Buka-Tutup, Yuk Mengenal Berbagai Model Pintu Unik Di Mobil
Desain pintu beserta mekanisme buka-tutupnya menjadi hal menarik tersendiri di dunia otomotif. Tak heran jika beberapa pabrikan selalu ingin tampil beda dengan desain pintu unik mereka. Untuk itu, yuk kita mengenal model pintu unik yang pernah diaplikasi pada mobil

Pintu merupakan komponen yang membuat akses untuk masuk keluarnya pengemudi dan penumpang ke mobil menjadi lebih mudah. Pada umumnya, pintu mobil memiliki pengoperasian dengan membuka ke arah samping. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa model pintu berdasarkan cara membukanya? Pada perkembangannya, pintu tak hanya dilihat dari fungsinya saja. Bahkan, beberapa pabrikan mobil membuat model pintu unik yang berpengaruh besar dengan estetika dan konsep desain mobil itu sendiri, mulai dari supercar hingga MPV. Cintamobil.com akan berikan artikel seputar mengenal model pintu yang pernah diaplikasikan pada mobil dari masa ke masa.

>>> Baca juga:

Model Scissor (gunting)

Menurut sejarah, aplikasi pintu model gunting pertama kali digunakan pada mobilo konsep Alfa Romeo Carabo pada tahun 1968. Desainernya adalah Marcello Gandini dari rumah modifikasi Bertone, yang menginginkan terbosan pada desain pintu sport car. keunggulan scissor door tak lain adalah kepraktisannya ketika parkir di tempat yang sempit. Bukaan pintu ke atas, membuat pintu sport car lebih mudah terbuka dan tak membatasi akses keluar masuk.

Foto pintu model scissor atau gunting pada lamborghini aventador

Lamborghini menjadi satu-satunya pabrikan yang setia menggunakan pintu model scissor atau gunting

Desain pintu gunting ini pun digunakan pada Lamborghini, yang untuk pertama kalinya pada model Countach, pada dekade ’80-an. Lamborghini-lah yang tetap setia menggunakan desain pintu gunting hingga kini, mulai dari model Diablo, Murcielago hingga Aventador. Sehingga, istilah pintu gunting pun juga dikenal dengan nama Lambo door atau scissor door.

Model Gullwing

Foto Mercedes-Benz 300 SL menggunakan gullwing door

Mercedes-Benz 300SL menjadi ikonik dengan pintu model gullwing-nya

Lagi-lagi terinspirasi dari kepakan sayap, namun kali ini datang dari sayap burung camar yang terlihat elegan. Mercedes-Benz 300SL merupakan mobil pertama yang menggunakan pintu model ini pada tahun 1952. Meski sama-sama membuka ke atas, namun gullwing door memiliki engsel pintu yang berada di atap mobil. Keuntungannya, akses keluar dan masuk mobil lebih leluasa ketimbang tipe scissor dan butterfly. Selain Mercedes-benz, DeLorean dan Pagani merupakan pabrikan yang pernah mengadopsi pintu model gullwing door ini.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Model Suicide

Suicide door merupakan desain pintu mobil tertua di dunia. Idenya sendiri, terinspirasi dari kereta kuda, dengan menggunakan engsel pintu yang berada di belakang pintu. Sehingga, bagian depan pintulah yang terbuka ke arah belakang. Pintu model ini sangat populer di dekade tahun 1920 hingga 1940-an.

Pintu model suicide pada Rolls-Royce Ghost

Suicide door memudahkan akses masuk ke mobil namun menyulitkan ketika akan menutup pintu

>>> Jangan Sepelekan, Berikut Jenis Kerusakan Panel Pintu

Keunggulan suicide door adalah akses masuk ke dalam kabin yang lebih lapang ketimbang pintu model konvensional. Namun sebaliknya, akan menyulitkan saat akan menutup pintu, lantaran bukaan pintu  yang mengarah ke belakang. Namun bukan berarti pintu tipe suicide tak lagi digunakan pada mobil modern, beberapa pabrikan tetap mempertahankan pintu tipe ini. Salah satunya adalah Rolls-Royce (Coach Doors), Opel (FlexDoors) dan Mazda (Freestyle doors).

Model Butterfly

Foto McLaren P1 menggunakan pintu model butterfly

Desain eksotis pada pintu model butterfly, membuat beberapa produsen hypercar tertarik untuk mengaplikasikannya

Berawal dari keluhan pengguna pintu model gunting yang kerap mempersulit akses masuk dan keluar mobil, maka lahirlah model butterfly door. Desainnya mirip dengan sayap kupu-kupu, dengan tetap membuka ke atas dengan bukaan lebih lebar sehingga lebih memudahkan dalam akses masuk-keluar mobil. Beberapa produsen mobil pun tertarik untuk menggunakannya, seperti McLaren, Ferrari Enzo dan Toyota Sera.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

Model kanopi

Pintu model kanopi pada Saab Aero X

Lantaran kerumitan mekanismenya, pintu model kanopi jarang diaplikasi. Saab Aero X menjadi satu dari sedikit mobil konsep yang mengaplikasi canopy door

Belum ada pabrikan mobil yang berani menggunakan model canopy door ke varian produksi massal-nya. Memang, tampilan pintu model kanopi terlihat futuristis ketika terbuka lantaran juga mengangkat atap dan pilar mobil saat pintu terbuka. Saab Aero-X merupakan mobil konsep yang sempat mencuri perhatian publik lewat penggunaan pintu model ini. Bahkan, untuk keperluan film, mobil dalam tokoh Batman, Batmobile juga menggunakan pintu model canopy ini.

>>> Tips Merawat Power Window Mobil Biar Gak Seret Saat Dipakai

Model sliding

Pintu sliding pada BMW Z1

Pintu pada BMW Z1 termasuk sliding door dengan bukaan ke arah bawah

Sliding door memang identik dengan mobil MPV, karena tujuannya untuk memberikan kepraktisan saat harus membuka pintu pada parkiran atau ruangan yang sempit, terlebih MPV menggunakan pintu dengan dimensi yang besar. Sliding door menggunaka mekanisme manual atau automatic dengan bantuan motor elektrik dengan arah bukaan ke belakang. Meski identik dengan MPV, beberapa sport car pernah menggunakan model pintu geser ini, seperti Kaiser Darrin dan BMW Z1 yang menggunakan sliding door dengan bukaan ke arah bawah.

Model Koenigsegg

Produsen supercar dan hypercar asal Swedia ini terkenal dengan desain pintu yang dapat membuka 180 derajat ke arah depan. Koenigsegg menyebutnya dengan nama Dihedral Synchro-helix Actuation System. Inti dari teknologi pintu ini merupakan ide dari Christian von Koenigsegg yang awalnya ingin menggunakan pintu model gunting atau scissor door. Namun pintu yang kerap digunakan pada Lamborghini ini kurang praktis ketika dihadapkan pada ruang parkir yang rendah, sehingga beresiko pintu akan membentur atap parkiran atau garasi saat dibuka. Akhinrya, Koenigsegg menggunakan teknologi motor elektrik yang dapat menggeser pintu ke arah samping, lalu memutar pintu 180 derajat ke arah depan.

Pintu model Kenigsegg pada Agrera

Pintu berteknologi Dihedral Synchro-helix Actuation System khas Koenigsegg

Namun kelemahannya, pintu model Koenigsegg ini rentan berbenturan dengan objek yang lebih tinggi dari pada permukaan jalan, seperti trotoar misalnya. Sehingga Koenigsegg memberikan peringatan untuk parkir berjarak minimal 40 cm dengan trotoar jalan dan tidak membuka pintu ketika ada objek dengan tinggi lebih dari 10 cm dari permukaan jalan.

>>> Kumpulan tips & trik dunia otomotif lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Mengenal Istilah Microsleep, Si Pembunuh Sadis di Jalan Raya

29/04/2019

Pengemudian

Istilah microsleep diberikan pada pengemudi yang tiba-tiba tertidur saat sedang berkendara. Walau hanya beberapa detik saja, namun bisa menyebabkan mobil melaju kencang tanpa terkendali. Anda patut waspada karena microsleep bisa menyerang kapan saja dimana saja.

Lihat juga

Memiliki Masa Lalu Yang Kelam, Berikut Sejarah Crash Test Dummy

27/04/2019

Pengemudian

Crash test dummy merupakan boneka atau manekin yang didesain semirip mungkin dengan manusia dan digunakan untuk mengetahui potensi cedera pada tes kecelakaan atau crash test. Namun pada perkembangannya, crash test dummy sempat menggunakan bahan yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya

Lihat juga

Teknologi Audi A8 Ini Bisa Mengurangi Dampak Benturan Samping Ketika Terjadi Kecelakaan

08/05/2019

Pengemudian

Mobil-mobil mewah modern hadir dengan begitu banyak teknologi terbaru. Dan teknologi Audi A8 saat ini adalah contoh sempurna bagi pabrikan lain, terutama untuk fitur keselamatan aktif dalam meredam dampak benturan ketika terjadi kecelakaan.

Lihat juga

Teknologi Baru Tesla Bisa Pesan Suku Cadang Sendiri Langsung ke Diler

Tidak hanya memiliki kemampuan untuk mengemudi sendiri dalam situasi tertentu, teknologi baru Tesla juga bisa memesan suku cadang pengganti untuk masalah yang tidak Anda ketahui terjadi pada mobil Anda.

Lihat juga

Ada Banyak Kemajuan, Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

25/04/2019

Pengemudian

Mesin diesel modern telah menjelma menjadi mesin yang perkasa dengan banyak keuntungan untuk konsumen. Kapabilitas itu tidak lepas dari kandungan teknologi di dalamnya. Sudah ada banyak kemajuan pada dan beragam teknologi mesin diesel modern yang digunakan pada mobil-mobil masa kini.

Lihat juga
 
back to top