Sulit Dideteksi, Inilah Gejala Fuel Pump Lemah

30/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Sulit Dideteksi, Inilah Gejala Fuel Pump Lemah
Tidak terdeteksi oleh indikator check engine, masalah fuel pump lemah memang sulit dideteksi. Namun, Anda bisa berasumsi pompa bahan bakar Anda bermasalah jika lima hal ini terjadi pada mobil Anda.

Gejala fuel pump lemah memang sulit diketahui karena tidak terkait langsung dengan indikator check engine di mobil. Artinya, bisa jadi indikator mesin di dashboard terlihat tidak ada masalah namun mesin terasa tidak nyaman untuk digunakan.

>>> Knalpot keluar air tanda mobil sehat, apa iya?

Namun, Anda bisa menduga ada yang tidak beres pada pompa bahan bakar mobil Anda jika beberapa kondisi ini terjadi pada mobil Anda, apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mesin susah hidup

Mesin susah hidup menjadi gejala utama fuel pump lemah, terlebih jika mobil sudah lama diparkir dan lama tidak dihidupkan. Ini dikarenakan bahan bakar tidak tersedia di jalur fuel line.

>>> Pilihan mobil dengan harga terbaik ada di sini

Hal ini biasanya terjadi akibat one way valve di dalam motor fuel pump sudah tidak berfungsi dengan baik karena terganjal kotoran atau spring lemah. Akibatnya, tekanan bahan bakar tak bisa bertahan dalam fuel line dan bocor kembali ke dalam tangki. Alhasil, mobil jadi susah distater dan jadi lebih lama untuk dihidupkan karena bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar.

2. Akselerasi mesin bolot

Menginjak pedal gas untuk berakselerasi

Gejala fuel pump lemah lain yang sering terjadi adalah akselerasi mesin lebih lambat dari biasanya. Bahkan pada saat tertentu, mesin terasa ngempos/kosong dan tidak bertenaga saat pedal gas diinjak saat berakselerasi.

Masalah ini disebabkan tekanan bahan bakar yang disemprotkan ke dalam ruang bakar mengalami penurunan. Akibatnya, jumlah bahan bakar yang masuk lebih sedikit dibandingkan saat kondisi fuel pump normal. Jumlah bahan bakar yang sedikit ini akan mempengaruhi tenaga mesin akibat daya ledak yang terjadi di ruang bakar juga menurun.

3. Muncul “Hunting” saat mesin idling

Tachometer mobil saat mesin masih idle

Posisi rpm idle mobil yang naik turun juga bisa jadi indikasi pompa bahan bakar bermasalah

Hunting merupakan istilah untuk kondisi di mana mesin saat mesin idling, tiba-tiba rpm mesin tidak normal seperti akan mati dalam tempo yang cepat. Hal ini sama seperti nyendat, namun bedanya nyendat kerap terjadi saat mesin berakselerasi, sementara hunting terjadi saat mesin idle.

4. Mesin brebet

Meski tidak selalu jadi penyebab gejala fuel pump lemah, mesin nyendat bisa diidentifikasikan dengan masalah pompa bahan bakar. Biasanya, hal ini diikuti juga dengan akselerasi mesin yang lambat.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa dilihat di sini

Jika kondisi fuel pump lemah, pada beberapa kondisi setelah dimasukan sebentar, mesin bisa distarter dengan normal kembali seperti tidak ada masalah apa-apa. Namun setelah digunakan sekian lama waktu, mesin kembali kambuh nyendat dan brebet.

5. Bau bensin menyengat bersama asap knalpot

Knalpot mobil mengeluarkan asap

Masalah fuel pump juga menyebabkan knalpot mobil berasap

Hal terakhir yang bisa jadi gejala fuel pump lemah adalah munculnya bau bensin menyengat dari asap knalpot mobil. Meski bukanlah kondisi utama, namun gejala seperti ini sering ditemukan pada mobil yang pompa bahan bakarnya sudah lemah.

Bau bensin menyengat dengan asap knalpot merupakan akibat dari pembakaran di dalam mesin yang kurang sempurna karena tidak sesuainya jumlah mesin yang disemprotkan dengan waktu pembakaran yang terjadi. Akibatnya, uap gas bahan bakar ikut terbawa dan terbuang melalui exhaust manifold.

Gejala di atas tidak serta merta menunjukkan fuel pump yang sudah lemah dan harus segera diganti. Pasalnya, masalah di atas juga bisa disebabkan rusaknya komponen lain seperti busi, koil, ataupun komponen lainnya. Baiknya, bawa mobil Anda ke bengkel terprecaya untuk menangani hal-hal seperti ini.

>>>  Tips & trik otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Sebelum Memutuskan Untuk Modifikasi Mesin, Pertimbangkan 5 Hal ini

17/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Modifikasi mesin tak hanya meningkatkan performa mobil Anda, namun juga memiliki beberapa faktor resiko. Sehingga, perlu melakukan pertimbangan yang matang

Lihat juga

Apakah Turbocharger Mesin Bisa Diperbaiki? Cek 3 Fakta Penting Berikut Ini

07/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Sebagai salah satu peranti mesin yang bertugas meningkatkan performa, turbocharger tidak luput dari potensi masalah. Bagaimana cara memastikan turbocharger bisa diperbaiki dan adakah solusi saat ingin melakukan perbaikan turbocharger?

Lihat juga

5 Cara Cek Kondisi Kesehatan Mesin Diesel Mobil Bekas

05/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kali ini tim Cintamobil.com akan memandu Anda untuk mengecek kondisi kesehatan mesin mobil diesel bekas. Simak tips lengkapnya dalam 5 cara sederhana cek kondisi kesehatan mesin diesel mobil bekas

Lihat juga

Merasa Lebih Hemat? Pahami Dulu Efek Buruk Mesin Pakai BBM Oktan Rendah

30/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Mobil-mobil dengan mesin teknologi modern, disarankan tidak lagi pakai BBM oktan rendah. Karena ada efek buruk mesin pakai BBM oktan rendah yang bisa membuat pengeluaran jauh lebih mahal. Apa saja itu?

Lihat juga

[IIMS 2019] BRQ Fuel Catalyst Berikan Edukasi Seputar Menjaga Kualitas Bahan Bakar Di Telkomsel IIMS 2019

27/04/2019

Event - Promosi

4 menit

Menjaga kualitas bahan bakar memang tak mudah untuk dilakukan. Terlebih ketika mobil yang sudah masuki usia di atas lima tahun. Salah satu solusinya seperti tips yang BRQ Fuel Catalyst berikan satu ini.

Lihat juga