Suka Bermain Off-road? Hati-hati Bekas Lumpur Berbahaya Untuk Cat Mobil

Share this post:
Suka Bermain Off-road? Hati-hati Bekas Lumpur Berbahaya Untuk Cat Mobil
Bila Anda suka bermain off-road, kotoran seperti debu dan lumpur tentu tidak terhindarkan. Namun apabila kotoran lumpur menempel pada bodi mobil, bisa berbahaya untuk cat mobil. Mengapa bisa?

Sebenarnya lumpur yang hinggap di bodi mobil tidak begitu berbahaya untuk merusak cat mobil. Justru lumpur bisa merusak cat, akibat sang pemilik salah melakukan pembersihannya saat menghilangkannya di bodi mobil. Di lumpur banyak batu-batu yang berukuran kecil. Batu-batu itulah yang bisa melukai cat mobil, saat dibersihkan dengan cara yang tidak tepat.

>>> Baca juga: Tips Bermain di Medan Off-road Dengan SUV 4x2

Jadi ketika Anda melakukan pembersihan lumpur, Anda tidak boleh mengusap secara langsung menggunakan busa atau kain untuk menghilangkannya. Jika hal itu Anda lakukan, alhasil batu-batu kecil akan tertekan dan menggores cat mobil Anda. Adapun saat melakukan pencucian mobil, sebaiknya pemilik kendaraan melakukan dengan satu arah, yaitu dari bagian atas dan diteruskan ke bagian bawah.

Lumpur menempe di bodi saat melakukan off-road

Ketika melakukan off-road akan banyak lumpur yang menempel di bodi mobil dan lumpur tersebut bisa berbahaya untuk cat bodi

Agar tidak melukai cat mobil Anda, usahakan lumpur itu dibuat lunak terlebih dahulu dengan air. Jika sudah lunak dan kerikil-kerikil sudah hilang, barulah Anda boleh mengusap untuk menghilangkannya. Berbicara cuci mobil tentu tidak terlepas dari tampilan mobil. Tampilan merupakan bagian penting pada sebuah mobil. Eksterior sering kali dijadikan barometer awal untuk menentukan mobil itu menarik atau tidak.

Tak heran jika pemilik mobil selalu menjaga tampilan estetika kendaraan kesayangannya agar selalu terlihat menarik. Hal yang paling umum untuk mempertahankan eksterior agar terlihat menarik tentu saja dengan rutin melakukan pencucian. Namun, dalam kenyataannya, dengan mencuci saja belum cukup untuk mempertahankan eksterior seperti baru.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Proses mencuci yang salah bisa menggores cat mobil

Potensi bahaya lumpur adalah pada saat proses mencuci mobil karena batu kecil di dalam lumpur bisa membaret cat mobil

Cat mobil bisa saja menjadi kusam dan semua itu karena perlakuan sang pemilik. Salah satu contoh adalah tempat penyimpanan mobil tersebut. Kondisi warna bodi bisa berbeda, antara mobil yang disimpan di ruangan terbuka dengan yang di ruangan tertutup.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya

Share this post:
 
back to top