Sudah Tidak Perlu Ganti Oli, Kenapa Mobil Baru Wajib Servis Killometer 1000? Ini Kata Suzuki

04/07/2019
Tidak sedikit pertanyaan yang masuk ke meja redaksi tim Cintamobil, mengapa jika tidak perlu melakukan penggantian oli, mobil harus tetap melakukan servis wajib 1000 kilometer pertama? Ternyata ini pendapat pabrikan Suzuki.

Dahulu kala, saat teknologi mesin belum secanggih sekarang, hampir semua pabrikan mobil mewajibkan untuk melakukan penggantian oli mesin pada 1000 kilometer pertama, dengan maksud agar mesin kembali refresh, dan konon gram-gram mesin yang tercampur pada oli mesin saat baru ikut turun dan tidak tercampur dan merusak mesin. Namun, mesin kekinian itu sudah tidak perlu ganti oli saat 1000 kilometer pertama, tapi servis 1000 kilometer pertama tetap diwajibkan meski tidak ada penggantian oli, mengapa demikian? Ini kata Suzuki.

>>> Karena punya resiko buruk, jangan terlalu sering menambahkan oli mesin, ini alasannya

Tampak Mesin New Suzuki Carry 2019

Mesin kekinian sudah tidak perlu lagi dilakukan penggantian oli saat servis 1000 kilometer pertama

"Mesin mobil kekinian itu sudah dirancang dengan tingkat kepresisian tinggi, dan sudah menjalani running test untuk mengetahui performa dari mesin yang akan dipasangkan pada mobil itu sendiri sebelum di delivered ke konsumen. Jadi, pada dasarnya mobil dengan keluaran terkini sudah tidak perlu lagi melakukan penggantian oli pada servis 1000 kilometer pertama," buka Totok Yulianto, Section Head of Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales. "Tujuan mobil keluaran terbaru wajib datang ke bengkel untuk 1000 kilometer pertama adalah untuk pengecekan saja dan dikencangkan lagi baut maupun murnya dengan kunci torsi," jelasnya lagi.

>>> Ini kelebihan dan kekurangan dari New Suzuki Carry Pick Up yang telah dihimpun tim Cintamobil

Pengencangan baut mesin Suzuki Karimun

Dengan perawatan benar dan mengikuti saran buku servis serta service advisor, kemungkinan mesin rusak jadi lebih minim

Untuk itu para konsumen mobil baru Suzuki harus datang ke bengkel saat 1000 kilometer pertama, agar bengkel dapat memantau kondisi mobil dan kesehatan mobil tetap terjaga. Lebih jauh, pria yang berkantor di bilangan Pulo Gadung, Jakarta Timur ini juga menambahkan, tidak perlu khawatir dengan kualitas produk Suzuki. Contohnya All New Suzuki Ertiga, dan New Suzuki Carry, sebelum dilaunching dan dijual ke konsumen, tes yang dilakukan dapat memakan waktu lebih dari 1 tahun lebih sebelum meluncur. Jadi, meski mobilnya bandel, bagi Anda penikmat mobil baru, jangan malas untuk datang ke bengkel dan servis 1000 kilometer pertama ya.

>>> Baca tips & trik menarik lainnya disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain