Sudah Tahu Keunggulan Ban Tubeless Dibanding Ban Biasa?

11/04/2019
Ban tubeless merupakan ban yang tidak menggunakan ban dalam. Beberapa keunggulan dimiliki oleh ban jenis ini, namun tentu saja ada pula kekurangannya dibanding ban biasa. Anda perlu tahu apa saja keunggulan dan kelemahan ban tubeless.

Ban merupakan perangkat yang sangat vital bagi kendaraan. Dapat berjalannya sebuah kendaraan satu diantaranya ditentukan pada kondisi ban di kendaraan tersebut. Secara umum, Anda mungkin mengenal dua jenis ban, yaitu ban biasa (tube type) dan ban tubeless.

Masing-masing jenis ban mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Perbedaan paling mendasar dari kedua jenis ban ini adalah, ban biasa memerlukan ban dalam, sementara untuk ban jenis tubeless tidak memerlukan hal itu.

>>> Anda Pakai Ban Mobil Tipe Kering atau Basah

Kini sebagian besar kendaraan modern sudah menggunakan ban tubeless karena dianggap lebih baik dari ban konvensional. Tapi sebenarnya apa saja sih kelebihan ban jenis tubeless dibanding ban biasa? Berikut hasil rangkuman tim Cintamobil.com.

1. Lebih Stabil

Ban tubeless stabil saat manuver di jalan

Ban jenis tubeless lebih stabil ketika menikung

Dibandingkan ban biasa atau konvensional, ban jenis tubeless lebih stabil ketika dipakai di kendaraan, baik saat keceptan tinggi, saat menikung, atau bermanuver. Ini berbeda dengan ban konvensional yang kemampuan gripnya tidak begitu baik.

>>> Mengetahui Posisi Ban Serep Mobil, Beda Tipe Beda Pula Letaknya

2. Lebih Tahan Bocor

Ban kempis

Ban konvensional langsung kempis saat terkena paku

Ban tubeless juga lebih tahan bocor sehingga pemilik kendaraan bisa mencari tempat tambal ban sebelum tekanan angin pada ban benar-benar habis. Beda dengan ban konvensional yang menggunakan ban dalam sehingga jika terkena paku, angin ban langsung keluar habis dan membuat ban cepat kempis.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

3. Lebih Keras

struktur ban tubeless

Struktur ban jenis tubeless lebih padat

Ban tubeless memiliki struktur karet yang lebih tebal dan padat. Ini membuat ban jenis tubeless tidak nyaman ketika melintas di jalan rusak dibanding ban biasa. Namun ban konvensional lebih empuk ketika melewati jalan jelek.

>>> Cara Mengemudi Mobil Melewati Jalan Berlubang

4. Lebih Mahal

Ban tubeless mahal

Ban konvensional biasanya lebih murah

Dengan berbagai keunggulan teknologinya, ban jenis tubeless jelas memiliki harga lebih tinggi dari ban konvensional. Tapi tentunya hal tersebut sebanding dengan kemampuan ban jenis tubeless.

5. Lebih Mudah Rusak

ban rusak

Usia pakai ban biasa lebih lama dibanding ban jenis tubeless

Ban tubeless biasanya memiliki usia yang tidak lebih lama dibanding ban biasa. Ini karena ban konvensional menggunakan komponen yang lebih kuat. Tapi tentunya ban konvensional kurang praktis karena harus menggunakan ban dalam.

>>> Tips & trik otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

berita lain

Review mobil terbaru