Sudah Paham Belum, Beda Asuransi dan Garansi Mobil?

21/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Sudah Paham Belum, Beda Asuransi dan Garansi Mobil?
Banyak yang belum paham tentang beda asuransi dan garansi mobil. Padahal keduanya punya karakteristik yang tidak sama dan cara klaim keduanya pun berbeda.

Bagi para pengguna mobil, tentunya perlu untuk melindungi kendaraan Anda dengan asuransi. Tetapi akan lebih baik lagi, setiap Anda membeli mobil, kendaraan tersebut juga sudah diberi garansi oleh pihak dealer yang menjual mobil tersebut. Bahkan meskipun itu mobil bekas.

>>> Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Mobil

Lalu sebenarnya apa perbedaan asuransi dan garansi, baik untuk mobil baru maupun mobil bekas? Ternyata keduanya punya karakteristik yang berbeda lho...

1. Beda Asuransi dan Garansi Mobil

mobil dicek teknisi dealer

Garansi diberikan jika mobil mengalami masalah tanpa harus terlibat dalam kecelakaan

>>> Promo mobil baru yang bergaransi ada disini

Tentunya Anda sudah familiar dengan asuransi mobil dan juga garansi mobil. Tapi mungkin belum paham benar tentang perbedaan antara keduanya. Karena ternyata antara asuransi dan garansi berbeda.

Asuransi merupakan bentuk perlindungan finansial dari perusahaan asuransi terhadap suatu objek, dalam hal ini kendaraan Anda. Pemilik kendaraan bertindak sebagai tertanggung, dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Sementara jika garansi berarti jaminan dalam waktu tertentu dari produsen kendaraan terhadap barang atau produk yang sudah mereka produksi. Jaminan ini diberikan jika produk tersebut mengalami kerusakan akibat kesalahan dari proses produksi atau kegagalan bahan.

Untuk garansi mobil bekas biasanya diberikan dari pihak dealer penjual mobil bekas tersebut, jika dalam waktu tertentu mobil mengalami kerusakan pada komponen kendaraan.

2. Proses Klaim

mobil tabrakan terlindung asuransi

Proses klaim garansi lebih ringkas dibanding asuransi

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Setelah paham pengertian antara asuransi dan garansi, maka perbedaan keduanya juga terlihat dari proses klaim saat terjadi masalah. Untuk asuransi, pihak perusahaan asuransi baru akan menannggung biaya perbaikan jika terjadi risiko yang termasuk dalam perlindungan asuransi. Misalnya tabrakan, huru hara, atau bencana alam.

Sementara garansi diberikan saat mobil mengalami kerusakan walaupun Anda tidak mengalami kecelakaan. Misalnya tiba-tiba transmisi rusak padahal mobil baru diterima dari pihak dealer kurang dari 2 bulan.

Saat mengajukan klaim pun berbeda antara asuransi dan garansi. Jika asuransi ada tahapan yang harus dilakukan tertanggung. Seperti melaporkan kejadian yang dialami kendaraannya. Kemudian memfoto bagian yang mengalami kerusakan dengan keterangan lokasi serta waktu kejadian. Lalu pihak asuransi akan melakukan survei, baru dilakukan tindakan tanggungan di bengkel rekanan.

Sementara untuk klaim garansi, pemilik mobil tinggal datang ke dealer tempat ia membeli mobil tersebut sambil membawa kartu garansi dan bukti pembelian mobil serta surat-surat kendaraan tersebut. Jika masa garansi masih ada, maka mobil akan langsung ditangani perbaikan tanpa biaya tambahan yang harus ditanggung lagi oleh pemilik mobil.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top