Sudah Paham Belum, Beda Asuransi dan Garansi Mobil?

21/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Sudah Paham Belum, Beda Asuransi dan Garansi Mobil?
Banyak yang belum paham tentang beda asuransi dan garansi mobil. Padahal keduanya punya karakteristik yang tidak sama dan cara klaim keduanya pun berbeda.

Bagi para pengguna mobil, tentunya perlu untuk melindungi kendaraan Anda dengan asuransi. Tetapi akan lebih baik lagi, setiap Anda membeli mobil, kendaraan tersebut juga sudah diberi garansi oleh pihak dealer yang menjual mobil tersebut. Bahkan meskipun itu mobil bekas.

>>> Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Mobil

Lalu sebenarnya apa perbedaan asuransi dan garansi, baik untuk mobil baru maupun mobil bekas? Ternyata keduanya punya karakteristik yang berbeda lho...

1. Beda Asuransi dan Garansi Mobil

mobil dicek teknisi dealer

Garansi diberikan jika mobil mengalami masalah tanpa harus terlibat dalam kecelakaan

>>> Promo mobil baru yang bergaransi ada disini

Tentunya Anda sudah familiar dengan asuransi mobil dan juga garansi mobil. Tapi mungkin belum paham benar tentang perbedaan antara keduanya. Karena ternyata antara asuransi dan garansi berbeda.

Asuransi merupakan bentuk perlindungan finansial dari perusahaan asuransi terhadap suatu objek, dalam hal ini kendaraan Anda. Pemilik kendaraan bertindak sebagai tertanggung, dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Sementara jika garansi berarti jaminan dalam waktu tertentu dari produsen kendaraan terhadap barang atau produk yang sudah mereka produksi. Jaminan ini diberikan jika produk tersebut mengalami kerusakan akibat kesalahan dari proses produksi atau kegagalan bahan.

Untuk garansi mobil bekas biasanya diberikan dari pihak dealer penjual mobil bekas tersebut, jika dalam waktu tertentu mobil mengalami kerusakan pada komponen kendaraan.

2. Proses Klaim

mobil tabrakan terlindung asuransi

Proses klaim garansi lebih ringkas dibanding asuransi

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Setelah paham pengertian antara asuransi dan garansi, maka perbedaan keduanya juga terlihat dari proses klaim saat terjadi masalah. Untuk asuransi, pihak perusahaan asuransi baru akan menannggung biaya perbaikan jika terjadi risiko yang termasuk dalam perlindungan asuransi. Misalnya tabrakan, huru hara, atau bencana alam.

Sementara garansi diberikan saat mobil mengalami kerusakan walaupun Anda tidak mengalami kecelakaan. Misalnya tiba-tiba transmisi rusak padahal mobil baru diterima dari pihak dealer kurang dari 2 bulan.

Saat mengajukan klaim pun berbeda antara asuransi dan garansi. Jika asuransi ada tahapan yang harus dilakukan tertanggung. Seperti melaporkan kejadian yang dialami kendaraannya. Kemudian memfoto bagian yang mengalami kerusakan dengan keterangan lokasi serta waktu kejadian. Lalu pihak asuransi akan melakukan survei, baru dilakukan tindakan tanggungan di bengkel rekanan.

Sementara untuk klaim garansi, pemilik mobil tinggal datang ke dealer tempat ia membeli mobil tersebut sambil membawa kartu garansi dan bukti pembelian mobil serta surat-surat kendaraan tersebut. Jika masa garansi masih ada, maka mobil akan langsung ditangani perbaikan tanpa biaya tambahan yang harus ditanggung lagi oleh pemilik mobil.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan Di Indonesia

22/05/2017

Jual beli

Asuransi kendaraan sudah selayaknya melindungi kendaraan Anda, sebab, Anda tidak akan pernah tahu kejadian yang akan terjadi nantinya. Di Indonesia ada 2 jenis asuransi kendaraan yaitu asuransi total lost only dan asuransi all risk.

Lihat juga

Asuransi Mobil Tidak Bisa Diklaim, Apa alasannya?

06/10/2017

Jual beli

Asuransi kendaraan menjadi pilihan banyak orang untuk meminimalisir risiko yang ditanggung pemilik kendaraan. Yang biasa di-cover oleh asuransi biasanya kerusakan kendaraan atau kehilangan kendaraan. Namun, sulitnya pengurusan klaim asuransi sering kali menjadi momok tersendiri bagi para pemegang polis asuransi. Namun sulitnya pengurusan klaim tersebut bukan tanpa alasan. Semuanya ada di dalam kesepakatan antara pihak asuransi dengan pembeli polis asuransi, dan terikat hukum.

Lihat juga

Klausul Tambahan Dalam Asuransi Mobil yang Bisa Anda Aktifkan

16/04/2018

Jual beli

Menggunakan asuransi untuk perlindungan kendaraan merupakan salah satu tindakan preventif untuk bersiap-siap terhadap semua kejadian buruk yang mungkin saja kita alami. Namun, tidak semua kejadian buruk yang terjadi ditanggung oleh asuransi. Anda harus mengenal klausul tambahan dalam asuransi yang bisa Anda minta kepada penyedia asuransi Anda.

Lihat juga

Review Kia Seltos 2019: “Putra Hercules” Bergaya Milenial

29/06/2019

Editor rate:

Setelah dua mobil konsep, teaser sketsa eksterior dan interior yang menggoda, serta nama dari mitologi Yunani, Kia akhirnya memperkenalkan Kia Seltos 2019. Dengan tubuh berotot serta fitur berlimpah, Seltos siap mengalahkan lawan-lawannya di segmen Small MPV di India, dan seluruh dunia.

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Mitsubishi Pajero Sport Terbaru Oktober Di Indonesia

01/10/2020

Mitsubishi

Tentu nama Mitsubishi Pajero Sport sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Terbayang tampilan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dengan mengusung bahasa desain kokoh dan berkelas Premium. Belum lagi performanya yang mampu melibas medan-medan terjal, menjadi salah satu keunggulannya ketimbang pesaing lainnya. Berapa harga Mitsubishi Pajero Sport terbaru?

Lihat juga
 
back to top