Sudah Ganti Aki Baru Tapi Mobil Tidak Mau Menyala, Kenapa Ya?

14/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Sudah Ganti Aki Baru Tapi Mobil Tidak Mau Menyala, Kenapa Ya?
Sudah sudah ganti aki tapi mobil tidak mau menyala? Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami kejadian ini, apa saja sih penyebabnya? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih jauh.

Jika mobil tak bisa dinyalakan atau distater, mungkin beberapa dari kita beranggapan sudah waktunya untuk ganti aki baru. Namun demikian, terkadang mobil tetap saja tak mau menyala meski aki sudah diganti, dan prosedur penggantiannya sudah benar.

Jika mobil tak bisa distarter meski sudah ganti aki baru, mungkin beberapa masalah di bawah ini bisa jadi pemicunya:

1. Aki belum di charge

Gambar menunjukkan Daya aki sedang diukur menggunakan test meter

Biasanya, aki basah belum menyimpan cukup arus dan tegangan listrik untuk memutar stater motor

Biasanya, aki baru belum menyimpan cukup arus dan tegangan listrik untuk digunakan sebagai memutar stater motor dan menyalakan mesin mobil. Biasanya, hal ini terjadi pada aki basah yang belum bersifat MF (Maintenance Free). Namun, jika aki yang dibeli adalah aki kering yang bersifat MF namun mobil belum bisa menyala, bisa jadi hal di bawah jadi penyebab utamanya.

>>> Jangan tergiur harga murah, berikut ciri-ciri aki rekondisi

2. Kualitas aki buruk

Gambar menunjukkan Aki rekondisi berkualitas rendah yang dijual di emperan

Anda juga mesti memperhatikan kualitas Aki yang dibeli, sebisa mungkin hindari aki rekondisi

>>> Berikut 7 Tips Aman Jumper Aki Mobil

Hal kedua yang bisa dijadikan penyebab adalah kualitas aki baru yang Anda beli sangat buruk. Bisa jadi, aki yang Anda beli sebagai pengganti aki lama adalah aki rekondisi, yakni aki bekas yang diperbaiki kondisinya sehingga tampak seperti baru.

Biasanya, kualitas aki rekondisi cenderung tidak jelas karena merupakan aki tak layak pakai yang diperbaiki kualitasnya. Oleh karena itu, saat mau ganti aku baru, pastikan keaslian aki mobil yang dibeli. Anda dapat melihatnya dari boks, segel, serta kondisi bodi aki yang bisa dilihat sendiri saat pembelian. Selain itu, pastikan jaminan dan garansi diberikan oleh penjual aki.

>>> Sedang cari mobil? Temukan pilihan mobil terbaik di sini

3. Masalah kelistrikan sistem starter

Gambar menunjukkan Komponen motor starter mobil

Bukan hanya aki, komponen lain juga berperan dalam sistem starter mobil

Jika aki yang dibeli berkualitas bagus, namun mobil tak bisa distarter, bisa jadi ada kerusakan pada sistem kelistrikan pada starter mobil Anda. Hal ini disebabkan banyak komponen penyusun sistem starter mobil seperti aki, kabel-kabel starter, sekring, relay, hingga motor starternya.

Masing-masing komponen bisa saja bermasalah saat Anda ganti aki baru untuk mobil Anda. Mulai dari bagian dalam terminal kepala aki tertutup kerak hingga koneksi terputus, sekring stater putus, relay starter rusak, atau mungkin masalah pada motor starter.

>>> 3 Kegiatan Rutin Ini Bisa Merawat Aki Mobil Anda

4. Alarm mobil buat mobil tak bisa distarter

Gambar seorang sedang memakai Sistem alarm untuk menghidupkan mobil

Sistem alarm mobil dapat memutus aliran listrik ke sistem stater mobil

>>> Ingin Aki Tahan Lama? Inilah Penyebab Masalah Aki Mobil

Penyebab terakhir mobil tak bisa distarter meski sudah ganti aki baru adalah alarm mobil yang mencegah mobil bisa distarter. Pada sebagian mobil, ada fungsi untuk memutus arus ke sistem stater hingga mobil tak dapat distater.

Biasanya, hal ini terjadi apabila ada prosedur pengaktifan alarm yang terlewat semisal saat membuka pintu diperlukan menekan tombol open di remote alarm. Namun karena aki mati, langkah tersebut tak dilakukan. Anda bisa coba ulangi lagi langkah pengaktifkan dan penonaktifan alarm mobil dengan benar agar sistem alarm tidak memutus aliran listrik ke sistem starter mobil.

Dengan mengetahui empat hal di atas, Anda sudah tahu bagaimana mencari solusi dari mobil tak bisa distarter meski sudah ganti aki baru. Untuk tips lain yang tak kalah menariknya, simak pada link di bawah ini.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips & trik yang berguna lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Sering Diabaikan Saat Mengganti Aki Mobil yang Soak, Perhatikan Hal Ini

Mengganti aki mobil yang soak bukan perkara sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan hanya menyiapkan beberapa alat. Namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar proses mengganti aki mobil sukses dan aman.

Lihat juga

Aki Soak Di Jalan? Ikuti 7 Langkah Jumper Aki Yang Aman Berikut Ini

Aki mobil menjadi salah satu komponen mobil yang sangat vital, karena jika terganggu atau menurun kemampuannya, dapat membuat mobil Anda tak bisa berjalan normal atau bahkan mogok. Sebagai langkah preventif, kami akan memberikan 7 langkah melakukan jumper aki yang benar dan aman, ketika aki Anda soak atau mati. Berikut langkah-langkahnya.

Lihat juga

Tanda-Tanda Aki Soak, Begini Cara Paling Mudah Untuk Tahu

Entah apa yang ada dibenak para pengemudi maupun penumpang, kalau mobilnya mogok banyak yang menuduh Accu atau aki kurang enak. Paling sering terlontar saat mobil mogok "ah aki soak kali". Entah benar atau tidak, faktanya memang aki paling sering jadi sasaran.

Lihat juga

Aki Kering atau Aki Basah, Mana yang Lebih Baik?

19/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Aki atau baterai pada mobil dibedakan mejadi dua jenis. Bisanya kita mengenalnya sebagai aki basah atau aki kering.

Lihat juga

Masih Pakai Aki Basah? Jangan Lupa Isi Air Aki Ya!

03/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kegiatan isi air aki merupakan salah satu bentuk perawatan mobil yang wajib Anda lakukan secara regular. Jangan sampai air aki menjadi kering dan aki soak yang membuat mesin mogok diperjalanan.

Lihat juga