Studi: Inilah Komponen Paling Kotor dan Sarang Kuman di Interior Mobil

31/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Studi: Inilah Komponen Paling Kotor dan Sarang Kuman di Interior Mobil
Beberapa komponen interior mobil ternyata dinobatkan sebagai tempat paling kotor dan menjadi sarang kuman penyakit. Simak penjelasan berikut untuk lebih detail

Tak banyak yang menyadari bahwa beberapa komponen interior mobil ternyata rentan menjadi sarang kuman dan berpotensi menimbulkan penyakit. Bahkan menurut hasil studi dari Healthy House Institute, beberapa komponen interior  ternyata memiliki predikat paling kotor dan rentan menjadi sarang beberapa bakteri. Alasannya, beberapa komponen pada interior kerap disentuh oleng pengemudi dan penumpang, sehingga meningkatkan resiko penyebaran kuman.

>>> Ford Gunakan Limbah Kopi McDonald’s Untuk Produksi Komponen Mobil

Foto setir mobil dengan lapisan carbon dan suede

Setir ternyata menjadi komponen interior yang paling kotor dan jadi sarang kuman 

Menurut Healthy House Institute, semakin sering sebuah objek terkena sentuhan tangan, maka kemungkinan jadi sarang kuman dan bakteri pun semakin meningkat. Sehingga, komponen interior yang dinobatkan menjadi spot yang paling kotor adalah setir. Komponen satu ini memang paling sering bersentuhan dengan tangan ketika sedang mengemudi. Selanjutnya komponen interior mobil yang paling jorok adalah kenop radio. Komponen satu ini juga kerap disentuh untuk sekedar mengubah saluran radio atau volume, bahkan tak hanya oleh pengemudi, namun juga penumpang.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Foto ilustrasi makan di dalam mobil

Kebiasaan makan di dalam mobil juga memperbesar berisiko mengundang kuman penyakit dan berpotensi mengganggu konsentrasi saat mengemudi

Komponen selanjutnya adalah adalah sabuk pengaman dan tombol power window. Lagi-lagi, kedua komponen ini memiliki kemungkinan yang besar untuk disentuh oleh tangan. Menariknya, komponen seperti kisi-kisi AC yang cukup banyak dikhawatirkan menjadi sarang kuman, ternyata tak terlalu berisiko dibanding dengan komponen interior mobil yang telah disinggung tersebut di atas. Kemungkinan Anda terpapar kuman dari komponen interior juga akan berlipat ganda ketika menggunakan kendaraan umum seperti taksi misalnya.

>>> Rawat Interior Mobil Terendam Banjir Melalui Paket Khusus dari Autoglaze Indonesia

Foto ilustrasi membersihkan interior mobil

Bersihkan interior mobil secara berkala agar mencegah timbulnya penyebaran kuman 

Cara yang paling efektif untuk mengontrol penyebaran kuman pada interior tak lain dari kebiasaan Anda dalam menjaga higienis tubuh. Penggunaan cairan antiseptik untuk tangan sebelum Anda mengemudi atau masuk ke dalam mobil juga terbukti sangat ampuh untuk mencegah kemungkinan terinfeksi kuman penyakit. Selain itu, kebiasaan Anda makan atau meninggalkan sisa makanan di dalam mobil ternyata sangat berpengaruh dalam meningkatkan jumlah kuman atau bakteri. Healthy House Institute mengatakan, remah-remah sisa makan sekecil apapun berpotensi menjadi sarang bagi jutaan kuman dan penyakit. Oiya, jangan lupa juga untuk membersihkan interior secara berkala ya!

>>> Simak juga tips dan trik otomotif lainnya di sini

 
back to top