Trik Pasang Stiker Mobil Xenia Biar Hasilnya Keren

19/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memasang stiker mobil Xenia biar hasilnya mampu membuat penampilan mobil jadi lebih keren.

Stiker mobil Xenia tentu banyak sekali dijual di toko-toko penjual aksesoris mobil maupun toko online di e-commerce di Indonesia. Motif, ukuran, dan bahan stiker yang digunakan juga sangat beragam. Tentunya semua itu mempengaruhi harga dari cutting sticker untuk Daihatsu Xenia tersebut.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli variasi stiker mobil untuk Daihatsu Xenia Anda, maka ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. Supaya sticker yang terpasang bisa membuat penampilan mobil tersebut jadi lebih keren.

Kenali Bahan Stiker Variasi Mobil Xenia

Waran Stiker Mobil

Pilihlah bahan stiker berkualitas trebaik

>>> Tips Pasang Stiker Kaca Depan Mobil

Sebelum membeli stiker mobil yang sesuai dengan selera Anda, maka ketahui dulu beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk cutting sticker mobil.

1. Sticker Vinyl

Bahan stiker ini paling sering digunakan oleh jasa percetakan stiker. Selain untuk stiker mobil, bahan tersebut juga dipakai untuk stiker dekorasi ruangan, perabotan rumah tangga, sampai keperluan iklan. Harganya yang terjangkau dan memiliki perekat yang kuat menjadikan bahan stiker ini digemari.

2. Sticker Oracal

Bahan cutting sticker asal Jerman ini juga punya kualitas sangat baik. Sebab mampu bertahan dalam waktu lama baik untuk daya rekat maupun kualitas warnanya. Bahan stiker ini juga tidak merusak lapisan permukaan cat sata dicabut.

3. Scotchlite

Kalau bahan stiker ini punya sifat memantulkan cahaya jika terkena sinar, seperti lampu kendaraan. Karena teknologinya itu, maka umumnya stiker berbahan scotchlite dipakai untuk kendaraan komersial seperti mobil pick up, mobil box, atau mobil truk.

Lakukan Ini Sebelum Pasang Variasi Stiker Xenia

Mengelap Bodi Mobil

Bersihkan permukaan bodi mobil yang akan dipasang stiker

>>> Memasang Stiker Keluarga, Apa Saja Bahayanya?

Sebelum memutuskan mau memasang cutting sticker seperti apa untuk Diahatsu Xenia kesayangan Anda, maka ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan.

1. Tentukan Lokasi Pemasangan Stiker

Hal pertama tentukan dulu dimana nantinya stiker tersebut akan dipasang. Apakah di kap mesin, di sisi bodi bagian kiri dan kanan, atau di bagasi belakang. Dengan mengetahui posisi stiker ini, maka Anda bisa memastikan dimensi stiker sudah tepat, tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

2. Bersihkan Bagian Bodi yang Akan Dipasang Stiker

Sebelum stiker terpasang, maka pastikan permukaan bodi mobil Daihatsu Xenia Anda bersih dari debu, kotoran, atau minyak. Anda bisa cuci bersih mobil terlebih dulu menggunakan shampo khsusu mobil agar semua kotoran termasuk minyak atau noda aspal bisa terangkat dari permukaan cat sebelum stiker terpasang. Selain itu sebaiknya permukaan bodi yang hendak dipasang stiker juga mulus rata, tidak ada yang penyok atau pecah supaya stiker juga terpasang dengan sempurna.

Gunakan Kombinasi Warna yang Menarik

Stiker Mobil Xenia Putih

Pastikan stiker menggunakan warna yang kontras dengan warna bodi mobil

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat hendak memasang cutting sticker di Daihatsu Xenia adalah pertimbangkan kombinasi warnanya. Yaitu antara warna stiker dengan warna bodi mobil.

1. Variasi Stiker Mobil Xenia Putih

Untuk variasi stiker mobil Xenia putih, Anda bisa pilih stiker dengan warna gelap. Misalnya hitam, biru tua, hijau tua, atau merah tua. Dengan begini motif stiker akan lebih jelas trelihat. Sebaliknya, jangan gunakan stiker mobil Xenia putih dengan warna-warna terang seperti merah muda, hijau muda, kbiru muda, kuning, apalagi putih. Sebab ketika dikombinasikan dengan bodi mobil yang putih, maka motif stiker tidak akan jelas terlihat.

2. Variasi Stiker Mobil Xenia Hitam

Ketika hendak memilih stiker mobil Xenia hitam, maka ini kebalikan dari apa yang diterapkan pada Daihatsu Xenia putih. Sebab untuk bodi mobil yang hitam, maka bisa pakai stiker dengan warna-warna terang. Contohnya putih, silver, merah muda, biru muda, hijau muda, atau kuning. Waran-warna kontras seperti ini akan membuat motif stiker terliaht menonjol. Namun jangan gunakan stiker mobil Xenia Hitam dengan warna hitam atau warna gelap lain seperti abu-abu, karena motif stiker tidak akan terlalu terlihat.

3. Variasi Stiker Mobil Xenia Silver

Perlakuan Daihatsu Xenia warna silver jika ingin menggunakan cutting sticker sebenarnya mirip dengan apa yang terjadi di mobil Xenia putih. Yaitu sebaiknya pilih stiker dengan warna dasar gelap misalnya hitam, cokelat, merah tua, hijau tua, atau biru tua. Bisa juga kombinasi antara warna-warna tersebut. Untuk stiker warna muda seperti kuning, merah muda, hijau muda, atau biru muda memang tidak diharamkan, namun motif stiker tidak akan terlalu jelas terlihat.

>>> 10 Pilihan Stiker Kaca Mobil dari yang Keren sampai yang Lucu

Jangan Lupa Stiker Dirawat

Modifikasi Daihatsu Xenia stiker

Setelah terpasang stiker, jangan biarkan bodi mobil terpapar debu dan kotoran dalam waktu lama

Setelah stiker mobil terpasang, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada stiker tersebut. Jika permukaan stiker kotor, segeralah cuci menggunakan shampo atau sabun khusus cuci mobil dengan pH balance. Kemudian bilas dengan air bersih sampai sabun dan kotoran hilang. Setelah itu keringkan dengan lap microfiber. Namun agar warna stiker tidak mudah pudar, jangan beri lapisan wax pada permukaan stiker.

Demikian beberapa tips saat hendak memasang cutting stiker pada Daihatsu Xenia. Untuk tema stiker tentu bisa disesuaikan dengan selera Anda.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk menemukan tips menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya pasang stiker di Daihatsu Xenia?
Harga pemasangan stiker untuk Daihatsu Xenia tergantung dari bahan yang digunakan, ukuran stiker, dan kombinasi warnanya. Jika menggunakan bahan yang berkualitas, kombinasi warnanya cukup banyak, dan ukuran stiker besar, maka biayanya cenderung mahal. Namun jika hanya cutting sticker variasi simple, maka harganya mulai dari Rp 50.000-an.
Dimana pasang cutting sticker untuk Daihatsu Xenia?
Untuk stiker berukuran kecil, pemasangannya bisa And alakukan sendiri di rumah. Namun kalau yang ukurannya besar, demi menghindari risiko kesalahan sata pemasangan, maka Anda bisa datangi tempat pembuatan cutting sticker.
Dimana desain cutting sticker mobil yang keren?
Untuk bsia mendapatkan cutting sticker dengan motif yang tidak pasaran, Anda bisa memesan di tempat pembuatan cutting sticker mobil. Cukup tunjukkan desain yang diminati, kombinasi warnanya, dan posisi penempatan stiker, maka nantinya akan dibuatkan sesuai pesanan Anda.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top