Trik Pasang Stiker Mobil Avanza Biar Terlihat Keren

05/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Trik Pasang Stiker Mobil Avanza Biar Terlihat Keren
Stiker mobil Avanza adalah cara paling ampuh dan paling mudah serta murah untuk membuat tampilan Toyota Avanza Anda lebih keren sekaligus berbeda dari Avanza lainnya. Tapi perlu memperhatikan beberapa hal saat hendak memasang stiker di bodi mobil.

Stiker mobil Avanza sering kali dipilih untuk membuat penampilan mobil terlihat beda dari yang lain. Wajar sih mengingat Toyota Avanza populasinya sudah begitu masif sehingga tak jarang Anda akan menemukan Avanza yang begitu mirip dengan kepunyaan Anda, baik dari warna, tipe, sampai tahun produksinya. Kalau sudah begini kan repot, bisa-bisa Anda salah masuk mobil lagi hehehe...

Nah supaya Toyota Avanza  Anda kelihatan sedikit berbeda dari punya orang lain, maka bisa aplikasikan cutting sticker mobil Avanza. Langkah ini adalah satu cara modifikasi paling simple pada sebuah kendaraan, agar mobil tersebut punya ciri khas sekaligus tampil lebih keren tapi tetap tak merusak struktur bodi atau sistem mekanikal dan elektrikal dari kendaraan itu sendiri.

Cocok kan buat Anda yang mau modifikasi mobil tapi tetap tak ingin garansinya hangus?! Nah tapi ada beberapa trik yang perlu diketahui ini saat hendak pasang cutting stiker. Supaya dengan stiker mobil Avanza simple saja sudah bikin mobil Anda terlihat keren di jalanan atau saat kumpul bareng teman-teman. Yuk baca sampai habis supaya gak salah ketika mau pasang stiker di mobil.

1. Persiapkan Bodi Mobil Sebelum Stiker Dipasang

Lap Permukaan Cat Mobil

Bersihkan permukaan bodi mobil yang hendak ditempel stiker

Sebelum stiker mobil terpasang pada Toyota Avanza kesayangan Anda maka sebaiknya persiapkan dulu kondisi permukaan bodi yang hendak ditempel stiker. Pastikan permukaan tersebut bersih dari debu, kotoran, atau minyak. Selain itu sebaiknya permukaan bodi yang hendak dipasang stiker juga mulus rata, tidak ada yang penyok atau pecah supaya stiker juga terpasang dengan sempurna.

Untuk itulah, sebelum stiker dipasang, sebaiknya Anda cuci bersih semua permukaan bodi mobil. Gunakan shampo khusus mobil untuk menghilangkan kotoran sekaligus minyak yang mungkin menempel. Setelah selesai dicuci jangan lupa untuk keringkan dengan lap microfiber.

Sembari dikeringkan, rabalah permukaan bodi yang hendak dipasangi stiker. Jika permukaan cat terasa kasar mungkin akibat ada sisa cipratan aspal yang menempel. Maka coba gosok perlahan permukaan yang kasar itu menggunakan compound sampai permukaan cat benar-benar bersih dari noda dan siap untuk ditempel cutting sticker mobil Avanza.

>>> Daftar Pajak Mobil Avanza, Mobil Paling Laris di Indonesia

2. Pilih Tema Stiker Mobil Avanza Simple

Stiker Mobil Avanza Putih

Stiker tema animasi yang simple

Setelah mobil siap untuk dipasang stiker, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tema stiker yang hendak ditempel ke bodi mobil tersebut. Tentunya ini bisa disesuaikan dengan selera Anda karena setiap orang tentu punya masing-masing taste yang beragam pula.

Misalnya kalau Anda tipe yang suka dengan olah raga sepak bola, maka tidak salah kalau pasang stiker mobil bertema logo klub sepak bola tertentu. Sementara kalau Anda ingin mobil tersebut juga disukai putra-putri di rumah, boleh pasang cutting sticker bertema film animasi. Tapi kalau mau ala mobil-mobil sport, bisa juga pakai gambar stiker mobil bernuansa racing. Bahkan kalau mau ala mobil-mobil jadul, ada beberapa tema stiker mobil bernuansa oldschool.

Untuk mencari mana yang kira-kira tema cutting sticker mobil Avanza yang sesuai selera Anda, bisa cari referensinya di internet. Atau percayakan kepada tempat pemasangan cutting sticker otomotif yang sudah punya pengalaman di bidangnya.

>>> Cara Menghilangkan Bekas Stiker dengan Minyak Kayu Putih

3. Kombinasikan Antara Warna Stiker dengan Cat Mobil

Stiker Mobil Avanza Hitam

Kalau bodi mobil berwarna hitam, maka pilih stiker warna cerah

Setelah menentukan tema stiker yang cocok sesuai selera, maka langkah selanjutnya adlah melakukan kombinasi warna antara stiker dengan cat bodi mobil. Karena untuk bisa menghasilkan stiker yang terlihat mencolok di mobil, perlu kesesuaian warna dengan cat dasar pada bodi mobil tersebut.

Misalnya guna menghasilkan stiker mobil Avanza hitam keren, maka jangan pakai stiker yang dominan warna hitam. Atau warna mobil sudah merah, sebaiknya jangan pakai stiker yang warna merah juga. Agar keberadaan stiker bisa terlihat menonjol di bodi mobil, sebaiknya pilih warna stiker yang kontras dengan cat mobil.

Misalnya gambar stiker mobil Avanza hitam sebaiknya gunakan yang dominan warna cerah seperti putih, merah, kuning, hujau muda, biru muda, atau silver. Sementara untuk menghasilkan stiker yang terlihat keren pada Avanza putih maka lebih fleksibel dalam kombinasi warnanya. Sebab semua warna kecuali putih, akan terlihat dominan pada permukaan yang punya warna dasar putih.

4. Jika Pasang Stiker Mobil Avanza Full Body

Stiker Mobil Avanza Full Body

Untuk stiker full body seperti ini sebaiknya mobil jangan dipakai harian

Pada beberapa orang, menggunakan stiker mobil Avanza simple kuranglah merasa puas. Mereka menginginkan stiker yang full body. Pilihannya bisa stiker motif gambar tertentu, atau hanya stiker polos dengan warna yang berbeda dari warna cat mobil.

Teknik ini tentu tidak masalah selama Anda menyukainya, tapi perlu diperhatikan, memasang stiker full body berarti merubah kondisi kendaraan dari yang tercantum pada dokmen-dokumen resminya. Misal, kalau ternyata Toyota Avanza And berwarna silver tapi diberi stiker full body warna kuning atau hijau, maka itu berarti tidak sesuai lagi dengan keterangan pada dokumen resmi seperti STNK. Kalau sudah seperti ini maka Anda bisa dikenai tilang jika mobil tersebut dipakai sehari-hari. Namun jika kebutuhannya untuk kontes modifikasi, tentu tidaklah masalah.

>>> Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019, Avanza Paling Pas Bagi Penyuka Manual

5. Jangan Lupa Merawat Stiker Mobil

Stiker Mobil Avanza Simple

Pasang stiker simple seperti ini saja sebenarnya sudah mendongkrak penampilan mobil

Setelah stiker mobil terpasang, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada stiker tersebut. Sama seperti merawat cat mobil, dalam merawat stiker yang sudah terpasang di bodi mobil juga dengan cara jangan membiarkannya dalam kondsi terpapar debu dan kotoran dalam waktu lama.

Jika permukaan stiker kotor, segeralah cuci menggunakan shampo atau sabun khusus cuci mobil dengan pH balance. Kemudian bilas dengan air bersih sampai sabun dan kotoran hilang. Setelah itu keringkan dengan lap microfiber. Namun agar warna stiker tidak mudah pudar, jangan beri lapisan wax pada permukaan stiker.

Kalau stiker bisa terpasang dalam waktu lama dan warnanya tidak pudar, maka mobil juga akan terlihat selalu keren. Simple kan?!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya pasang stiker mobil?
Biaya pasang stiker di mobil, baik itu di bodi atau di kaca, ditentukan dari besarnya ukurna stiker,serta bahan stiker tersebut. Makin besar ukurna stiker dan makin berkualitas bahan stiker, maka harganya akan semakin mahal. Namun umumnya bahan yang dipakai untuk stiker mobil adalah Oracal, dan harga pemsnagan stiker untuk bahan ini mulai dari Rp 30.000 an untuk stiker ukuran kecil.
Dimana bagian mobil yang bisa dipasan stiker?
Sebenarnya hampir disemua permukaan mobil bsia ditempel stiker, mulai dari kap mesin, lampu utama, foglamp, pintu mobil, atap, pintu bagasi, kaca, sampai velg. Namun umumnya cutting sticker terpasang di bagain bodi kiri dan kanan atau di kap mesin.
Dimana tempat pasang cutting sticker mobil?
Pasang cutting sticker mobil bisa dilakukan di tempat-tempat penjual atau pemasangan stiker mobil. Namun sebaiknya pilihlah tempat yang sudah cukup berpengalaman dan memiliki pilihan bahan serta warna stiker yang lengkap.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top