8 Trik Pasang Stiker Mobil Agya Biar Makin Kece

20/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Stiker mobil Agya yang bisa membuat mobil terlihat makin keren perlu memperhatikan beberapa hal. Sebab sebenarnya tak perlu stiker mahal, yang penting komposisinya tepat.

Stiker mobil Agya tentunya banyak ditawarkan dengan beragam ukuran, motif, serta bahan yang berbeda. Namun menentukan mana cutting sticker mobil Agya yang pantas dengan kendaraan Anda tidak bisa sembarangan supaya hasilnya tidak norak.

Dengan pemilihan yang tepat, maka stiker yanng terpasang bisa langsung membuat tampilan Toyota Agya Anda jadi makin terlihat keren. Tidak perlu stiker yang mahal kok, kalau kombinasinya tepat hasilnya juga tetap kece.

Karena Toyota Agya adalah mobil yang populasinya cukup masif di Indonesia, maka kali ini Cintamobil.com akan membahas apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat tampilan mobil Agya Anda berbeda dengan teknik pemasangan cutting sticker. Yuk baca artikel ini sampai habis.

1. Pilih Bahan Cutting Sticker Mobil Agya yang Berkualitas

Pilihan Warna Stiker Mobil

Pilih bahan yang tidak mudah robek atau luntur

Sebelum menentukan stiker apa yang akan dipasang di Toyota Agya Anda, maka sebaiknya pilih dulu bahan yang sering dipakai untuk cutting sticker mobil. Pertama ada stiker berbahan vinyl yang permukaannya halus dan mengkilap. Daya rekat stiker ini sangat baik namun cenderung tipis. Meski demikian, stiker berbahan vinyl harganya relatif terjangkau sehingga cukup banyak digemari.

Bahan stiker mobil kedua yang juga sering digunakan adalah oracal. Bahan ini lebih tebal dari vinyl dan variasi warnanya juga sangat beragam, mulai dari glossy, metallic, sampai dof. Selain itu bahan oracal juga tak akan meninggalkan bekas jika stiker sewaktu-waktu dilepas.

>>> 10 Pilihan Stiker Kaca Mobil dari yang Keren sampai yang Lucu

2. Tentukan Posisi Penempatan Stiker Mobil

Stiker Mobil Agya Putih

Stiker yang terpasang di sebagian bodi juga terlihat keren

Langkah selanjutnya saat hendak modifikasi mobil dengan memasang cutting sticker adalah menentukan dahulu posisi penempatan stiker nantinya. Apakah akan ditempel pada kap mesin, di bemper, di pintu kiri dan kanan, atau di pintu bagasi belakang.

Penentuan posisi penempatan stiker ini penting untuk mempertimbangkan dimensi stiker yang bakal digunakan. Untuk stiker yang akan di tempatkan pada dimensi yang cukup besar seeprti di sisi kiri dan kanan bodi misalnya, tentu harus pakai yang dimensinya cukup besar supaya mudah terlihat dari jarak jauh. Sementara untuk stiker di kap mesin atau di pintu bagasi bisa pakai ukuran sedang.

3. Modifikasi Stiker Mobil Agya Putih

Modifikasi Stiker Mobil Agya Putih

Tampil centil dengan stiker dominan pink

Untuk modifikasi stiker mobil Agyaa putih maka yang perlu diperhatikan adalah kombinasi antara bodi mobil dengan warna stiker tersebut. Supaya keberadaan stiker mobil Agya putih terlihat menonjol dengan warna bodi mobil, maka sebaiknya gunakan stiker dengan warna gelap. Seperti hitam, cokelat tua, abu-abu tua, merah tua, biru tua, atau hijau tua, bisa juga kombinasi dari warna-warna tersebut.

Hindari penggunaan stiker dengan warna terang misalnya kuning, silver, merah muda, hijau muda, atau biru muda, di mobil dengan cat putih, karena nantinya motif stiker tidak akan terlihat jelas. Kalau pun masih tetap ingin pakai warna-warna muda, maka lebih baik beri gradasi atau kombinasikan warna tersebut dengan stiker warna gelap seperti hitam, supaya stiker mobil Agya putih tetap bisa menonjol.

>>> Toyota Agya Di Modifikasi Mobil Balap? Bisa Kok!

4. Modifikasi Stiker Mobil Agya Merah

Modifikasi Stiker Mobil Agya Merah

Perhatikan posisi penempatan dan motif stiker yang hendak dipakai

Saat hendak modifikasi stiker mobil Agya merah maka juga perlu untuk memperhatikan kombinasi antara warna bodi mobil dengan warna stiker. Namun untuk mobil warna merah maka variasi warna stiker bisa sedikit lebih banyak daripada warna hitam atau putih.

Misalnya bisa pasang cutting sticker mobil Agya kesayangan Anda dengan warna-warna gelap seperti hitam, cokelat, emas, putih, hijau muda, atau biru muda. Namun hindari stiker dengan warna dasar merah baik merah tua, merah maroon, atau merah muda, karena nantinya tidak akan tertampil jelas di bodi mobil.

5. Modifikasi Stiker Mobil Agya Hitam

Modifikasi Stiker Mobil Agya Hitam

Contoh cutting sticker bertema racing

Ketika hendak memasang cutting sticker di mobil Toyota Agya hitam, maka yang perlu diperhatikan untuk kombinasi warna siker adalah hindari menggunakan warna-warna gelap. Contohnya cokelat tua, biru tua, atau hijau tua.

Ada baiknya pakai warna stiker yang cerah seperti putih, kuning, silver, emas, merah muda, biru muda, hijau muda, atau kuning. Stiker dengan warna terang akan membuat motif stiker terlihat jelas ketika menempel di bodi mobil yang berwarna hitam.

6. Modifikasi Cutting Stiker Mobil Agya Abu-abu

Modifikasi Stikeer Mobil Agya Abu-abu

Selain bodi mobil, bisa juga stiker ditempatkan pada area lain misalnya spoiler belakang

Apabila Anda memiliki Toyota Agya berkelir abu-abu dan ingin modifikasi dengan memasnag cutting sticker, maka kombinasi warna cutting sticker mobil Agya abu-abu maka bisa gunakan warna cerah atau warna pekat. Misalnya putih, merah muda, hijau muda, atau biru muda, atau kuning. Bisa juga pilih warna pekat seperti hitam, cokelat, atau emas.

Yang pasti, hindari pakai stiker warna silver atau abu-abu, karena tidak akan terlihat mencolok saat dipadankan dengan warna bodi mobil. Kecuali warna ini diberi gradasi dengan warna cerah seperti merah atau putih.

>>> Review Toyota Agya 1.0 G 2013: Rekomendasi LCGC dengan Harga Jual Tetap Tinggi

7. Modifikasi Cutting Stiker Mobil Agya Kuning

Modifikasi Stiker Mobil Agya Kuning

Tampil berani dengan stiker bertema animasi

Terakhir untuk modif stiker Toyota Agya warna kuning adalah kombinasi yang tepat pakai stiker warna gelap. Misalnya hitam, cokelat tua, merah tua, hijau tua, biru tua, atau kombinasinya. Kalau mau menggunakan stiker dengan warna cerah seperti putih, maka sebaiknya diberi gradasi dengan warna lain seperti hitam atau merah tua.

8. Lakukan Perawatan Biar Stiker Mobil Tahan Lama

Modifikasi Stiker Mobil Agya Silver

Perawatan yang tepat akan membuat stiker tahan lama

Setelah stiker mobil terpasang, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada stiker tersebut. Sama seperti merawat cat mobil, dalam merawat stiker yang sudah terpasang di bodi mobil juga dengan cara jangan membiarkannya dalam kondisi terpapar debu dan kotoran dalam waktu lama.

Jika permukaan stiker kotor, segeralah cuci menggunakan shampo atau sabun khusus cuci mobil dengan pH balance. Kemudian bilas dengan air bersih sampai sabun dan kotoran hilang. Setelah itu keringkan dengan lap microfiber. Namun agar warna stiker tidak mudah pudar, jangan beri lapisan wax pada permukaan stiker.

Itu tadi beberapa trik untuk memasang cutting sticker di Toyota Ayla supaya tampilan mobil makin kece.

>>> Klik juga tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tenatng mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya pasang stiker di Toyota Agya?
Biaya pasang stiker di mobil, di bodi ditentukan dari besarnya ukuran stiker, bahan stiker tersebut, dan kombinasi warna yang dipilih. Makin besar ukuran stiker, makin berkualitas bahan stiker yang dipakai, serta komposisi warnanya makin rumit,, maka harganya akan semakin mahal. Namun umumnya bahan yang dipakai untuk stiker mobil adalah Oracal, dan harga stiker ini mulai dari Rp 50.000-an untuk stiker ukuran kecil.
Dimana tempat pasang stiker untuk Toyota Agya?
Pasang cutting sticker mobil sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun jika Anda tidak mau ada risiko keselahan saat proses pengerjaannya, bisa datang ke tempat-tempat penjual atau pemasangan stiker mobil. Namun sebaiknya pilihlah tempat yang sudah cukup berpengalaman dan memiliki pilihan bahan serta warna stiker yang lengkap.
Berapa lama stiker di bodi mobil bisa bertahan?
Apabila menggunakan bahan yang berkualitas, stiker mobil tidak akan pudar warnanya hingga 2-3 tahun meski terkena sinar matahari dan terpapar air hujan. Sementara untuk daya rekat stiker tersbeut ada yang mampu bertahan sampai 5 tahun.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top