Stiker Body Mobil, Sarana Berkreasi dalam Modifikasi Mobil

01/04/2021

Perawatan dan service

4 menit

Stiker Body Mobil, Sarana Berkreasi dalam Modifikasi Mobil
Tampilan mobil kesayangan dapat dimodifikasi dengan cepat, praktis dan sesuai keinginan Anda menggunakan berbagai jenis stiker body mobil yang tersedia di pasaran.

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk modifikasi terhadap mobil kesayangan. Salah satunya adalah dengan menambahkan stiker badan mobil. Selain mempercantik mobil kita dan membuat mobil jadi tampil beda, memodifikasi stiker bodi mobil dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemilik mobil tersebut.

Kini, modifikasi stiker bodi mobil relatif  lebih mudah dilakukan apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumya, mengingat telah ada banyak penggiat-penggiat stiker yang mampu membantu Anda mempercantik kendaraan.

Beragam teknik pasang stiker bodi mobil

Stiker body mobil sendiri merupakan cara melakukan dress up pada mobil yang cepat dan praktis berhubung bahan dan cara untuk melakukannya cukup mudah. Berdasarkan hasilnya, pemasangan stiker terbagi menjadi tiga, yaitu, yaitu wrapping, printing, dan cutting sticker body mobil.

Teknik pasang stiker yang paling sering digunakan adalah cutting sticker, yang konsepnya sesederhana penempelan beberapa yang beraneka warna pada body mobil sesuai dengan desain yang diinginkan. Keunggulannya yaitu stiker mobil jadi lebih tahan lama dan tidak mudah pudar.

Berbeda dengan cutting, teknik wrapping tidak mengkombinasikan beragam stiker di bodi mobil, melainkan hanya memasang satu stiker yang mampu menutup seluruh bodi kendaraan. Sedangkan untuk jenis stiker badan mobil, teknik pemasangannya mirip dengan cutting, namun pengerjaannya dilakukan dari tahap desain stiker full body mobil terlebih dahulu.

>>> Trik Pasang Stiker Mobil Xenia Biar Hasilnya Keren

Merk stiker body mobil

Cara Pasang Stiker Mobil dengan Budget Minim

Cara Pasang Stiker Mobil dengan Budget Minim

Tentunya, setiap orang menginginkan kualitas terbaik dari stiker body mobil yang akan ditempel pada kendaraannya. Cara paling tepat untuk memastikan kualitas stiker adalah dengan mengenali produsen pembuatnya. Penting bagi kita untuk mengetahui merek stiker body mobil sebelum mulai memodifikasi. Berikut ini, ada beberapa merk stiker yang populer di kalangan para pecinta modifikasi bodi mobil.

1. 3M

Asalnya, 3M merupakan perusahaan dari Amerika Serikat dalam hal industri perekat adhesive dan juga stiker yang menggunakan bahan vinyl. Namun, seiring berjalannya waktu, pemakaian stiker 3M lebih sering digunakan untuk kebutuhan kaca film pada jendela dan bodi mobil. Salah satu produk dari 3M adalah Scothclite. Stiker 3M memiliki keunggulan dimana akan terlihat menyala apabila ada pantulan cahaya lampu sehingga dapat berguna untuk menjaga keselamatan dan juga mempercantik mobil Anda.

Trik Pasang Stiker di Mobil Ayla

Trik Pasang Stiker di Mobil Ayla 

2. Ritrama

Berbeda dengan 3M yang berasal dari Amerika Serikat, Ritrama merupakan produsen stiker tersohor asal Negeri Pizza, Italia. Di Indonesia sendiri, merk stiker ini cukup banyak digunakan karena memiliki banyak varian produk yang unik. Bahan stiker Ritrama juga telah mengikuti standar internasional serta ramah lingkungan. Produk stiker Ritrama terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Stiker Vinyl Monomeric, stiker yang dikhususkan untuk permukaan datar karena bahannya yang tidak elastis.
  • Stiker Vinyl Polimeric, berlawanan dengan Monomeric, stiker ini bersifat lentur sehingga cocok untuk permukaan yang melengkung.
  • Stiker Vinyl Cast, dengan bahan yang sangat tipis dan berkualitas tinggi  yang sering digunakan untuk branding mobil, striping dan decal.

Ritrama juga memiliki beberapa produk unggulan,diantaranya Stiker Ritrama 4GL3A yang biasa digunakan untuk stiker body mobil, Stiker Ritrama 4GL3B yang digunakan untuk menempelkan iklan pada billboard dan Stiker Ritrama RI-JET.

>>> Cara Gampang Modifikasi Stiker Mobil Avanza Putih Jadi Unik

3. Oracal

Oracal merupakan merk dagang dari ORAFOL, sebuah perusahaan stiker yang berasal dari Jerman yang dikenal memiliki beragam jenis stiker yang handal dan berkualitas. Layaknya 3M dan Ritrama, bahan stiker Oracal terbukti lentur dan  memiliki daya tahan yang tinggi. Stiker ini banyak digunakan untuk kebutuhan stiker Striping dan Decal.

Varian stiker Oracal terbagi berdasarkan grade dan kebutuhan tertentu, salah satunya adalah varian stiker Oracal Grade Otomotif yang digunakan untuk striping kendaraan. Selain itu, ada juga Marine Grade untuk kebutuhan stiker pada kapal.

Oracal tentunya juga memiliki beberapa produk unggulan, antara lain Oracal-651 yang digunakan untuk kebutuhan striping atau stiker body untuk mobil, lalu ada Oracal-970 yang hampir sama dengan 651 namun memiliki kualitas yang lebih baik dan Oracal-951. yaitu Stiker bersifat permanen dan sering digunakan pada mobil sport.

Perlu diingat bahwa harga stiker bisa dipilih dengan harga yang lebih premium juga. Akan tetapi, perlu diingat bahwa harga pemasangan stiker di atas adalah harga jasa bengkel pemasangan stiker. Tentunya untuk prosesnya membutuhkan tenaga ahli dan kinerja yang profesional agar hasil terlihat lebih bagus dan rapi. Selain itu, harga tersebut juga cukup sepadan karena disesuaikan dengan ukuran mobilnya.

Jika mobil Anda memiliki ukuran yang cukup besar, maka stiker yang diperlukan juga akan lebih banyak dibandingkan dengan mobil berukuran kecil. Jasa pemasangan juga akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan mobil kecil. Untuk itu Anda perlu memilih bengkel yang terpercaya dan benar-benar profesional dalam pemasangan stiker mobil.

>>> Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Mobil Pertama Kali

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top