Spion Rusak Tertabrak Motor? Jangan Dulu Beli yang Baru!

11/03/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Spion Rusak Tertabrak Motor? Jangan Dulu Beli yang Baru!
Spion rusak tertabrak motor bisa Anda perbaiki sendiri, mulai dari ekrusakan kecil seperti spion tergores, kaca spion pecah, atau bahkan spion patah. Berikut ini cara memperbaiki spion rusak akibat tertabrak motor.

Berkendara di jalan umum memang penuh resiko. Bersinggungan dengan kendaraan lain sangat mungkin terjadi. Apalagi jika Anda sedang terjebak kemacetan atau melintas di jalan-jalan sempit. Resiko untuk bersenggolan dengan kendaraan lain menjadi lebih besar.

Pada keadaan seperti itu yang paling rentan terkena imbasnya adalah bagian spion mobil. Mobil memang dilengkapi setidaknya tiga buah spion, dua di bagian luar mobil, satu dibagian interior, tepatnya di kaca depan bagian tengah.

Spion berfungsi sebagai alat bantu untuk melihat objek dibelakang mobil Anda. Meskipun bentuknya kecil, namun tidak dapat dipungkiri, melalui spion inilah Anda dapat melihat objek lain yang ada di belakang atau bagian samping kendaraan Anda.

>>> Baca juga: Cukup Mudah, Simak Tips Merawat Pintu Geser Elektris

Namun adakalanya bagian spion rusak ketika sedang melintas di jalan yang padat atau jalan-jalan tikus. Kejadian yang mungkin paling sering Anda alami adalah spion rusak tertabrak motor. Biasanya spion mobil Anda berbenturan dengan setang motor pengguna jalan lain. Kerusakan yang dialami pun bermacam-macam. Ada yang ringan hingga berat.

Berikut ini kami akan berikan tips mengatasi spion rusak tertabrak motor. Karena sebenarnya ada beberapa macam kerusakan yang bisa Anda perbaiki sendiri.

1. Cover Spion Baret

gambar menunjukan sebuah Sipon sudah baret

Spion baret perbaikannya mudah

Ini kerusakan paling ringan akibat spion yang tertabrak motor saat berkendara. Kerusakan ini terkadang terjadi ketika ada motor dari berlawanan arah yang tidak sengaja setangnya menyenggol spion mobil Anda dalam kecepatan rendah. Akibatnya menimbulkan goresan pada bagian cover spion mobil Anda.

Untuk mengatasi hal ini, sangatlah mudah. Anda cukup gunakan compound yang kemudian dioleskan pada bagian cat yang tergores itu. Jika tidak punya, maka Anda bisa juga gunakan lotion anti nyamuk, mereknya bisa apa saja.

Pertama-tama, bersihkan cover spion yang tergores tadi, bisa dengan lap basah atau kanebo basah. Lalu keringkan pakai lap kering. Kemudian oleskan lotion anti nyamuk ke permukaan sion yang tergores. Lalu basahi kembali permukaan tersbeut dengan air, dan lap dengan kain microfiber kering. Ulangi cara ini sampai goresan hilang. Karena pada dasarnya lotion anti nyamuk memiliki kandungan Diethyltoluamide yang mempunyai reaksi untuk menyamarkan noda dipermukaan.

2. Kaca Spion Pecah

gambar menunjukan sebuah kaca spion yang pecah

Anda bisa ganti sendiri kaca spion yang pecah

Jika kaca pecah akibat spion rusak tertabrak motor, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti bagian kacanya saja. Tidak perlu membeli keseluruhan spion, karena harga spion mobil tidaklah murah. Anda juga bisa mengganti kaca spion yang pecah ini sendiri di rumah.

Caranya tekan bagian atas kaca spion yang pecah tadi hingga bagian bawahnya keluar dari cover spion. Jika sudah, cungkil bagian bawah yang terangkat tadi dengan obeng pipih sampai kaca copot dari rumahnya. Lakukan hal ini dengan hati-hati karena sebenarnya ada klip pengikat dibagian dalam kaca tersebut. Jika tidak hati-hati klip tersebut bisa patah.

Siapkan kaca spion pengganti. Anda bisa mencari suku cadang ini di toko-toko onderdil mobil. Cukup beli kaca sesuai spion mobil Anda untuk mengganti kaca yang pecah tadi. Kemudian kaca yang baru itu dimasukkan lagi ke rumah spion dengan cara menekan bagian atas lebih dulu pada klip penjepit kaca. Kemudian baru tekan bagian bawah kaca sampai terdengar bunyi “klik”. Beberapa spion mobil ada yang membutuhkan tambahan sealant untuk merekatkan kaca.

>>> Baca juga: Demi Keselamatan, Pastikan Kaca Spion Terpasang Ideal Seperti Ini

3. Spion Patah

gambar menunjukan sebuah kaca spion patah butuh ketelitian

Perbaikan spion patah butuh ketelitian

Ini adalah kerusakan paling fatal jika spion rusak tertabrak motor. Untuk memperbaiki spion yang patah memang lebih repot jika Anda lakukan sendiri. Butuh kesabaran dan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Caranya, buka penutup spion pada bagian pintu mobil Anda. Disinilah biasanya letak baut pengikat spion dengan pintu mobil. Lepas semua bautnya, namun hati-hati jika ada kabel pelipat spion otomatis yang ada di spion tersebut. Jangan sampai kabel itu putus saat Anda melepas spion dari pintu mobil.

Jika spion sudah terlepas, sambung bagian yang patah dengan lem plastik berdaya rekat tinggi. Biarkan hingga kering sampai spion benar-benar kembali menyatu. Atau bisa juga Anda gunakan isolasi hitam atau isolasi bening. Tempelkan pada permukaan spion yang patah untuk menyatukan dua patahan spion. Lalu gunakan hot gun untuk memanaskan isolasi tadi supaya daya rekat makin kuat.

Setelah spion kembali utuh, tes terlebih dulu kekuatan sambungan sipon yang Anda buat tadi. Jika dirasa sudah cukup kuat, maka spion bisa Anda pasang kembali.

Pembaca juga mencari: kaca spion motor pecah apakah bisa diganti, kaca spion mobil pecah, ganti kaca spion motor, kaca spion pecah apakah bisa diganti, spion calya patah,m cara memperbaiki spion mobil yang patah, ganti spion mobil, ganti kaca spion mobil pecah harga, memperbaiki spion mobil patah.

>>> Baca juga tips perawatan otomotif lainnya disini di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top