Skill mengganti Ban yang Perlu Anda Ketahui

Share this post:
Skill mengganti Ban yang Perlu Anda Ketahui
Ban yang bocor bisa saja terjadi dimana saja, karena itu mengetahui bagaimana mengganti ban merupakan skill yang dibutuhkan oleh pengendara mobil. Meskipun pengendara pemula, skill ini perlu dipelajari.

Pastikan anda membawa semua peralatan mengganti ban di dalam bagasi anda ketika anda berpergian. Untuk mengganti ban mobil, peralatan yang dibutuhkan adalah:

  • Ban Ganti
  • Dongkrak
  • Kunci ban
  • Pembuka mur ban
  • Obeng

Gambar yang memperlihatkan ban, pembuka mur, dongkrak dan pembuka tutup ban

Beberapa peralatan yang digunakan untuk mengganti ban kempes

Untuk mengganti ban yang bocor, yang pertama kali dilakukan adalah menemukan tempat yang aman. Pinggir jalan merupakan salah satu tempat yang cukup berbahaya. Karena itu, jangan lupa untuk meletakkan segitiga pengaman dan menghidupkan lampu flash anda ketika anda sedang mengganti ban mobil anda.

Selanjutnya, gunakan rem parkir setiap kali anda mengganti ban. Hal ini meminimalisir mobil bergerak yang bisa membahayakan keselamatan anda dan pengguna jalan lain. Setelah mengeluarkan ban ganti dari bagasi mobil anda, rincian langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Angkat dongkrak sampai menopang (tapi tidak sampai mengangkat) mobil. Dongkrak harus terpasang kuat di bagian bawah kendaraan. Periksa dan pastikan dongkrak terpasang tegak lurus ke tanah. Untuk mobil modern, ada sedikit penanda atau bekas di belakang roda depan atau di depan roda belakang untuk meletakkan dongkrak.

Gambar yang memperlihatkan dongkrak yang sedang mengangkat mobil

Gunakan dongkrak untuk mengangkat mobil

  • Lepaskan dop dan kendurkan mur dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Pastikan ban tetap di tanah sehingga anda bisa mengendurkan mur, bukan melepaskannya. Gunakan kunci inggris atau kunci pas standar. Kunci yang benar akan mudah membuka mur. Jika anda kesusahan, anda bisa menekan kunci dengan kaki seperti gambar dibawah ini.

Gambar yang menunjukan kaki yang sedang menekan kunci ban untuk membuka ban

Gunakan kaki jika anda susah melepaskan baut pada mobil

  • Pompa atau naikkan dongkrak untuk mengangkat mobil dari tanah. Anda perlu mengangkat mobil agak tinggi agar bisa mengeluarkan ban yang kempes dan memasang ban ganti.
  • Lepaskan mur sepenuhnya dari ban yang akan membuat ban bisa dilepaskan. Ingat untuk selalu mengumpulkan mur di dekat anda untuk menghindari kehilangan.

>>> Baca juga 5 Tips penting dalam merawat ban mobil

  • Setelah itu, pasang ban ganti dan selaraskan tepi ban serep dengan baut roda, lalu pasang kembali mur pada ban. Pastikan memasang ban ganti dengan cara yang benar. Katup ban pada bagian tengah ban harus menghadap keluar.

Gambar yang menunjukan seorang pria yang sedang mengganti ban mobil

Pasang ban ganti dengan menguatkan kembali baut pada ban

  • Kencangkan mur dengan tangan sampai semuanya masuk. Dengan kunci pas, kencangkan mur lebih erat dan pastikan untuk mengencangkan mur dengan seimbang. Anda tidak harus mengencangkan mur dengan sangat kuat, karena resiko dongkrak tidak terlalu kuat untuk menahan goncangan.

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

  • Setelah terasa cukup erat, turunkan dongkrak sehingga ban sampai di tanah dan ambil dongkrak. Anda bisa menguatkan mur setelah anda mengambil dongkrak. Dengan begitu, tidak ada resiko mobil jatuh karena goncangan pada dongkrak

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang mengencangkan baut pada ban mobil

Setelah melepaskan dongkrak, putar baut agar kuat

  • Pastikan anda merapikan dan meletakkan semua peralatan kembali ke dalam mobil.

Biasanya, pengemudi pemula menemukan sedikit kesulitan mengganti ban mobil. Tapi, ketika anda sudah menguasai teknik dan cara kerjanya, anda bisa menghemat waktu dan menyelesaikan pekerjaan ini menjadi lebih cepat.

Perhatikan video berikut untuk pergantian ban mobil anda

Share this post: