Simak Tips Penggunaan Ban Cadangan ala Peugeot Berikut Ini

03/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Simak Tips Penggunaan Ban Cadangan ala Peugeot Berikut Ini
Peugeot membagikan tips tentang penggunaan ban cadangan plus perawatan yang baik dan benar, sehingga senantiasa dapat diandalkan saat Anda membutuhkannya.

Sesuai namanya, fungsi ban serep atau cadangan bertugas menggantikan ban utama pada saat mengalami kebocoran atau kerusakan di jalan. Dengan adanya ban cadangan tersebut, mobil dapat kembali berjalan dengan aman dan nyaman. Namun, penggunaan ban cadangan juga tak bisa sembarangan, lantaran ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, mulai dari pemakaian hingga perawatannya seperti yang Peugeot hadirkan tipsnya berikut ini.

>>> Berikut Cara Aman Gunakan Ban Cadangan Jenis Space Saver

Foto lokasi ban cadangan di mobil

Kenali lokasi penyimpanan ban cadangan berikut dongkrak beserta kunci ban agar memudahkan Anda ketika akan digunakan

Ban cadangan memiliki beragam model. Beberapa pabrikan ada yang menggunakan ban cadangan dengan dimensi yang serupa dengan ban utama. Selain itu, ada juga yang menggunakan ban cadangan dengan ukuran lebih kecil atau biasa dikenal dengan ban cadangan tipe space saver. Namun lantaran perkembangan teknologi pada ban, beberapa pabrikan tak lagi melengkapi ban cadangan. Salah satunya Peugeot. “Absennya ban cadangan sangat berguna untuk menambah luas ruang kabin dan peyimpanan. Namun jangan khawatir, karena sebagai gantinya, pabrikan sudah melengkapinya dengan tersebut toolkit khusus panambal ban portable. Nama alat ini adalah Peugeot Puncture Repair Kit,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot.

>>> Berikut Empat Letak Titik Dongkrak Yang Aman Pada Mobil Anda

Foto ban cadangan tipe space saver

Ban cadangan tipe space saver memiliki keterbatasan dalam menahan bobot dan kecepatan jika dibandingkan ban dengan ukuran normal

Namun untuk mobil yang masih menggunakan ban cadangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kualitas ban serep itu sendiri. Jika kondisi alur permukaan ban cadangan sudah tipis, segera lakukan pengantian ban dengan yang baru. Penggunaan ban cadangan juga tak boleh melebihi kecepatan ban yang disarankan oleh pabrikan. Saat menggunakan ban cadangan tipe space saver misalnya, kecepatan maksimal yang diperbolehkan adalah 80 km/jam.

>>> Temukan mobil impian Anda di sini

Foto pengecekan pada ban cadangan

Cek pula batas kecepatan yang aman saat menggunakan ban cadangan

Selain menjaga kondisi ban cadangan, pemilik mobil juga perlu menjaga tekanan angin. “Jika ban utama menggunakan spefikasi 32 bar, ban serep bisa diisi angin bertekanan hingga 50 bar. Karena pada saat tidak digunakan, tekanan anginnya akan turun. Sehingga dengan menyimpan ban cadangan dengan tekanan angin lebih tinggi, maka kemungkinan ban cadangan kekurangan tekanan angin saat akan digunakan dapat dicegah,” wanti Samsudin.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa dilihat di sini

Foto pengeccekan velg pada ban cadangan

Setelah dibersihkan, pastikan ban cadangan dalam kondisi kering agar tak mengundang karat

Tips penggunaan ban cadangan terakhir adalah dengan memastikan kondisi ban cadangan dalam keadaan baik saat disimpan. Jangan gunakan cairan pengilap atau pembersih sembarangan karena akan mempengaruhi kualitas ban yang jarang dipakai. Jika ban cadangan kotor, cukup dibersihkan dengan menggunakan lap kering dan bersih. Hindari menggunakan lap basah, karena air bekas lap tersebut dapat berpotensi mengundang karat pada komponen velg yang menggunakan material dari logam.

>>> Kumpulan artikel tips dan trik lainnya di Cintamobil.com

 
back to top