Simak Keunggulan Mesin Diesel Common Rail Isuzu NMR 81

26/10/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Simak Keunggulan Mesin Diesel Common Rail Isuzu NMR 81
Isuzu NMR 81 yang hadir tahun 2018 menjadi truk ringan pertama di Indonesia yang mengusung mesin diesel berteknologi common rail, inilah berbagai kelebihannya

Isuzu NMR 81 menjadi truk ringan pertama racikan PT Astra Isuzu Motor Indonesia yang hadir di Indonesia dengan dilengkapi dengan mesin diesel berteknologi common rail. Tak heran, di kelasnya yang juga dihuni Mitsubishi FUSO Canter, Toyota Dyna, UD Kuzer dan Hino Dutro, jagoan Astra ini menjadi salah satu yang tercanggih teknologi mesinnya. Berikut ini adalah kelebihan mesin diesel teknologi common rail yang diusung oleh Isuzu.

Gambar Isuzu NMR 81

Isuzu NMR 81 adalah truk ringan pertama dengan diesel common rail

Keunggulan Mesin Diesel Common Rail Isuzu

"Keungulan mesin common rail itu memiliki tekenan penginjeksian yang tinggi sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna dan bertenaga. Komponen injector kami menggunakan bahan DLC Diamond like carbon yang mencegah terjadinya keruakan pada injector akibat bahan bakar yang jelek, dan mengunakan 2 fuel filter sehingga adaptif terhadap pengunaan kualitas solar," papar Arief Budiman, Training Development Training Center Departement PT IAMI kepada Cintamobil.com.

Gambar menunjukkan mesin diesel Isuzu

Common rail diesel engine Isuzu punya bergam kelebihan

Ditambahkan oleh Arief bahwa mesin diesel common rail memiliki torsi maksimal yang dapat dicapai dari putaran rendah sampai putaran tinggi sehingga membuat mesin truk Isuzu irit BBM.

"Untuk line up Isuzu sendiri beberapa sudah common rail, yaitu Isuzu Giga, Isuzu ElLF NMR 81, dan Isuzu MuX serta Isuzu D-Max, sementara varian lainnya seperti Isuzu ELF NMR 71 dan Isuzu ELF NLR 85 masih menggunakan mesin konvensional," kata Arief lagi.

>>> Mau jadi pengusaha truk? Armada Isuzu ini akan membuat bisnis Anda lancar

Mesin Diesel Konvensional VS Mesin Diesel Common Rail

Mesin diesel konvensional mengandalkan sistem mekanikal dalam prosesnya bekerja, dalam hal ini menggunakan Bosch Pump (atau sering dibaca bospom). Mulai dari pompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke mesin. Kemudian ia juga menggunakan kabel besi penghubung pedal gas tersambung pada komponen pemutar. Ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya pintu bukaan bahan bakar diesel yang masuk ke ruang mesin. Gampangnya, semakin dalam pedal gas diinjak, semakin banyak pula bahan bakar yang digunakan.

Gambar sketsa cara kerja diesel common rail

Begini sketsa cara kerja common rail mesin diesel

Berbeda dengan teknologi Common Rail Diesel yang semua pengaturan bukaan injektor diatur melalui Electronic Control Unit (ECU). Sementara bahan bakar dari tangki dipompa dengan tekanan tinggi dan menunggu untuk disemprotkan melalui injektor tersebut. Karena sangat terkontrol, sehingga jumlah bahan bakar yang disemprotkan diatur berdasarkan kebutuhan mesin. Karenanya, pembakaran lebih sempurna dapat dicapai dan berefek langsung dengan meningkatnya tenaga dan torsi berikut suara mesin yang lebih halus.

BBM Solar Berkualitas Baik Belum Merata

Gambar mesin diesel Isuzu NMR 81

BBM Solar berkualitas masih belum tersebar luas di Tanah Air

Sayangnya di Indonesia, bahan bakar diesel kualitas tinggi masih menjadi isu utama. Bukan perkara kualitas saja, tapi juga soal distribusi yang tidak merata. Apalagi kebijakan pemerintah saat ini mengharuskan campuran bio diesel dengan kandungan FAME (Fatty Acid Methyl Ester) sebesar 20%. Bahaya tidak berasal dari campuran FAME 20% yang mengandung ethanol saja, tapi juga kadar sulfur dan particulate tinggi yang berpotensi untuk merusak. Terlebih pada mesin diesel modern yang sebagian besar telah menggunakan teknologi Common Rail.

>>> Cek harga truk Isuzu bekas di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top