Siasat Memelihara Mobil Tua Agar Tidak Banyak 'Jajan'

28/09/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Siasat Memelihara Mobil Tua Agar Tidak Banyak 'Jajan'
Memelihara mobil tua memang tak mudah. Jika tidak cermat, mobil Anda akhirnya sering rewel dan meminta 'jajan'. Agar tak salah kaprah, simak tips berikut ini.

Semakin tua usia sebuah mobil, perlakuan dan perawatan yang dibutuhkan akan semakin banyak dan menyita perhatian. Itu sudah menjadi konsekuensi dari memelihara mobil tua yang mungkin memiliki nilai sentimental maupun sejarah bagi pemiliknya.

Selain itu, memiliki mobil klasik atau mobil tua dengan kondisi yang prima juga menjadi kebanggan tersendiri. Agar mobil-mobil tersebut tetap dalam kondisi yang prima dan tak banyak memakan biaya untuk 'jajan', ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Berikut siasat memelihara mobil tua dari Cintamobil.com:

1. Rutin Memanaskan Mobil

Gambar Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil di garasi saja tidak cukup

Rutin memanaskan mobil yang kami maksud bukanlah menyalakan mesin dan meninggalkannya di garasi selama beberapa menit. Tetapi, benar-benar dijalankan setidaknya 15 hingga 30 menit ke jalanan.

>>> Bengkel Mobil 4x4 Rekomendasi Cintamobil.com: JHS Jeep

Saat menjalankan mobil tua tersebut, Anda jadi bisa merasakan jika ada kejanggalan pada mesin, kaki-kaki, atau bagian lainnya. Jika ada tanda-tanda yang mencurigakan, Anda bisa langsung membawa mobil ke bengkel yang terpercaya untuk memeriksa lebih lanjut.

Dengan begitu, kerusakan yang mungkin lebih besar pun bisa diantisipasi. Contohnya, saat Anda berjalan suhu mobil naik secara abnormal. Ternyata, kipas radiator tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda langsung mengganti kipas tersebut, mesin mobil pun terhindar dari bahaya overheat.

Gambar Mengendarai 280 SL

Biasakan membawa mobil tua Anda jalan-jalan sehingga bisa merasakan jika ada kejanggalan

Selain mengecek adanya hal-hal yang janggal, pada dasarnya mobil adalah benda yang bergerak. Saat mobil berjalan, komponen-komponen yang tadinya mengering saat didiamkan pun kembali terlumasi. Ban mobil juga terhindar dari flat spot, sehingga usia ban mobil bisa panjang seperti seharusnya.

2. Bersosialisasi Dengan Komunitas

Meski terkesan sepele, bersosialisasi dengan komunitas pemilik mobil yang sama juga tidak kalah penting. Di dalam komunitas, Anda bisa mengetahui pengalaman pemilik lain dalam merawat mobil yang sama.

Dari mulai kelemahan-kelemahan umum pada mobil, bengkel-bengkel rekomendasi, bahkan tempat menjual spare part yang lengkap dengan harga bersahabat. Semakin tua mobil Anda, tentu spare part yang tersedia di pasaran akan semakin jarang.

>>> 10 Mobil Klasik Indonesia dari yang Terlangka sampai Termahal

Gambar Komunitas Mercedes-Benz

Bergabung dengan komunitas agar lebih tahu mengenai seluk-beluk mobil Anda

Jika spare part itu semakin jarang, tak sedikit oknum pedagang yang mengambil kesempatan untuk menaikkan harga semaunya. Hasilnya, Anda pun keluar uang banyak untuk sesuatu yang mungkin bisa Anda dapatkan dengan harga lebih murah jika tahu orang-orang yang tepat.

Bengkel rekomendasi juga sangat berjasa dalam merawat mobil tua Anda. Selain berpengalaman, mereka juga biasanya sudah mengetahui agenda-agenda perawatan dan perbaikan mobil tersebut. Ini untuk menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tak perlu bahkan bisa jadi tak menyelesaikan masalah dari mobil Anda.

3. Menyimpannnya di Tempat yang Baik

Menyimpannya di tempat yang baik bukan berarti Anda harus memarkir mobil Anda di ruang tidur. Yang kami maksud adalah garasi yang bisa melindungi mobil dari hujan dan sinar matahari, tak terlalu lembab, dan punya ventilasi yang cukup.

Gambar Garasi Mobil Klasik

Garasi Anda juga ikut berkontribusi untuk menjaga kondisi mobil

Dengan menyimpannya di tempat yang tepat, mobil tua Anda akan terhindar dari permasalahan seperti karat dan cat yang memudar. Selain itu, bersihkan mobil dengan rutin, baik bagian eksterior maupun interior.

Jangan lupa mengecek bagian kolong mobil jika ada oli atau air radiator yang menetes. Selain itu, Anda juga bisa melihat jika ada bagian undercarriage yang mulai berkarat dan butuh perhatian ekstra.

Dengan tips-tips perawatan mobil di atas, Anda akan bisa menghindari kerusakan-kerusakan yang mungkin menguras kantung saat memelihara mobil tua.

>>> Mobil Jarang DipakaiI? Ini Cara Menghilangkan Bau Apek di Dalam Kabin

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top