Shockbreaker Calya-Sigra Bocor? Ini Solusinya

Share this post:
Shockbreaker Calya-Sigra Bocor? Ini Solusinya
Jika sudah menemukan tanda-tanda shockbreaker Calya-Sigra bocor, maka sebaiknya komponen tersebut langsung diperbaiki. Atau bisa juga mengganti dengan komponen yang baru. Namun jika ingin mengganti dengan produk aftermarket, ini yang kami sarankan.

Duo Toyota Calya serta Daihatsu Sigra memang memiliki banyak sekali peminat. Harga terjangkau, fleksibilitas penggunaannya, serta efisiensi bahan bakar jadi tiga poin penting mengapa mobil ini disukai masyarakat Indonesia. Bahkan bukan cuma mobil barunya saja yang banyak diincar konsumen, mobil bekas LCGC (Low Cost Green car) 7 seater ini juga diburu.

Namun, seperti halnya produk otomotif lain, Calya serta Sigra pun tak luput dari keluhan para penggunanya. Misalnya keluhan yang sempat dialami Jeffry yang mengaku jika shockbreaker belakang Daihatsu Sigra kesayangnnya bocor, padahal usia mobilnya belum genap 3 tahun. Ini terbukti dari adanya rembesan oli yang keluar dari kedua tabung shockbreaker mobilnya.

"Ada oli rembes, bantingan juga terasa keras kalau lewat jalan berlubang," ucap Jeffy yang juga anggota Komunitas Calya Sigra Kaskus. Masalah shockbreaker Calya-Sigra bocor juga ditemukan pada beberapa rekan-rekannya yang lain sesama pemakai mobil "serupa tapi tak sama" ini.

>>> Cara Mudah Periksa Kondisi Suspensi

Tanda Shockbreaker Belakang Calya-Sigra Bocor

Sebenarnya tanda-tanda jika shockbreaker Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra mengalami kebocoran sama dengan kondisi shock bocor mobil lainnya. Yaitu munculnya rembesan oli disekitar tabung shockbreaker.

Perhatikan rembesan oli tanda shock bocor

Segera ganti jika shockbreaker sudah bocor

Kebocoran ini bisa disebabkan karena seal yang ada di shockbreaker sudah renggang dan tidak lagi rapat, sehingga oli merembes keluar. "Atau bisa juga ada asnya rusak. Gejalanya gampang dilihat, oli rembes, suspensi jadi lebih keras, pas lewat jalan berlubang atau polisi tidur ban jadi gampang gesrot padahal cuma diisi satu orang," ucap Triyono, salah satu Mekanik Shop and Drive di bilangan Jakarta Selatan.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Solusinya

Bagi pemilik dengan mobil masih dalam masa warranty, isu ini jelas bukan masalah. Tinggal datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan pengecekan, untuk kemudian diganti dengan yang baru tanpa biaya apa pun. Tetapi, bagi yang warranty-nya gugur, ketika shockbreaker belakang Calya-Sigra bocor, maka solusinya ada tiga, yaitu mengganti seal atau komponen yang rusak sebagai penyebab oli rembes tadi, atau mengganti dengan unit shockbreaker baru. "Beli baru bisa yang ori dari Toyota atau bisa juga pakai Kayaba Excel tapi yang tipe gas. Atau bisa juga ganti satu set pakai punya Kayaba juga," ucap Triyono.

>>> Memahami Suspensi pada Mobil Anda

Kayaba XR9811

Kayaba khusus buat Calya dan Sigra

Ia menuturkan jika Kayaba menawarkan satu paket shockbreaker dan per khusus untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, namanya Kayaba XR9811. Soal harga, produk sepaket untuk suspensi belakang ini dibanderol Rp1.450.000 sudah termasuk per dan shockbreaker. Sementara untuk Kayaba Excel tipe gas lebih murah Rp400-500 ribu, "Tapi kalau yang Excel cuma shock-nya saja belum termasuk per. Yang Excel warna shock-nya hitam, kalau yang XR9811 shock-nya warnanya keabu-abuan," kata dia.

Produk ini pun dikalim lebih kuat masa pakainya dibanding per dan shock OEM (Original Equipment) dari Calya dan Sigra. Pemasangannya pun dijamin tinggal plug and play karena produk ini sudah didesain khusus untuk dua mobil murah ramah lingkungan tersebut. Khusus untuk Kayaba XR9811, berdasarkan spesifikasinya, produk ini memiliki diameter cover 53 mm, sedangkan outlet sheel yang dimiliki berukuran 44,6 mm. Untuk ketebalan per memiliki ukuran 13,9 cm, lebih besar dibandingkan standar pabrik yang ukuran pernya hanya 10,9 cm.

>>> Mau tau tips merawat mobil Anda lainnya? Semua ada di Cintamobil.com

spesifikasi KYB XR9811

Beda shockbreaker Kayaba dan OEM

Selain bisa menjadi suku cadang pengganti shockbreaker Calya-Sigra bocor, Kayaba XR 9811 juga akan membuat problem suspensi belakang dua mobil tersebut yang cepat ambles jadi hilang."Banyak yang ngeluh Calya-Sigra per belakangnya gampang ambles apalagi kalau diisi tujuh penumpang. Ya pakai ini cocok banget. Daripada cuma ganti per-nya saja atau shock-nya saja, lebih baik ganti per dan shock satu paket. Jadi lebih aman juga buat jalan jauh," ucap si mekanik.

>>> Simak tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top