Servis Mobil di Bengkel Resmi, Tak Sekadar Menjaga Harga Jual Kembali

27/10/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Servis mobil di bengkel resmi dipercaya dapat menjaga harga jual kembali. Selain menjaga harga jual kembali tinggi, ada juga keuntungan lain yang didapat.

Tidak semua pemilik mobil membawa kendaraannya ke bengkel resmi untuk melakukan servis. Kalau usia mobil masih di bawah 5 tahun, mungkin pemilik tak perlu khawatir lantaran adanya garansi. Namun bagaimana jika usia mobil lebih dari 5 tahun?

Masa garansi mobil memang berbeda-beda tergantung pabrikan. Untuk Mitsubishi misalnya, mengutip di laman resminya, tertulis masa berlaku garansi adalah 36 bulan atau pembacaan odometer 100.000 km, mana yang lebih dahulu dicapai, kecuali battery: 2 tahun/50.000 km (Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross & Eclipse Cross, kendaraan dengan faktur Oktober 2017 atau lebih), mana yang lebih dahulu dicapai, terhitung sejak tanggal penyerahan kendaraan oleh dealer. 

Biasanya tak sedikit yang memilih untuk pergi ke bengkel umum ketika masa garansi itu habis. Salah satu pertimbangan utama adalah biaya. Servis mobil di bengkel resmi disebut-sebut lebih mahal ketimbang bengkel umum. 

>>> Plus-Minus Servis Mobil di Bengkel Resmi vs Bengkel Umum

Servis di Bengkel Resmi Bisa Bikin Harga Jual Kembali Tinggi

servis mobil di bengkel resmi

Servis di bengkel resmi kerap disebut mahal

Padahal ada satu hal yang bisa Anda pertimbangkan yakni harga jual kembali mobil. Ya, melakukan servis di bengkel resmi merupakan salah satu hal yang dapat menjaga harga jual kembali mobil. Di samping itu untuk menjaga garansi kendaraan tetap berlaku, salah satu syarat utamanya adalah dengan selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi.  

"Tetapi perlu dipertimbangkan juga untuk para kustomer perawatan kendaraan di dealer resmi ada keuntungan seperti history kendaraan secara berkala tetap tercatat.  Apabila ada kerusakan bisa diprediksi terlebih dulu dan cegah kerusakan lebih parah di kemudian hari," ungkap Head of Sales Marketing and Promotion Section MMKSI Tegar Adisura belum lama ini. 

Tak sekadar menjaga harga jual kembali. Keuntungan lain melakukan servis di bengkel resmi adalah keaslian dari suku cadang mobil. Hal ini karena suku cadang resmi memiliki kualitas yang baik dan sesuai peruntukan kendaraan dengan standar mobil tertentu. Di samping itu, perawatan rutin mobil di bengkel resmi juga membantu dalam memperpanjang umur kendaraan.

"Adanya jaminan genuine parts dan yang terpenting, harga jual kembali akan tetap tinggi karena melakukan perawatan di bengkel resmi," sambung Tegar. 

servis mobil di bengkel resmi

Masa garansi mobil berlaku untuk periode tertentu

>>> Intip Harga Mobil Terbaru Mitsubishi di Sini

Tidak Semua Suku Cadang Ditanggung Garansi

Perlu diketahui, garansi berlaku untuk seluruh suku cadang, kecuali: ban, suku cadang yang habis terpakai serta hal/komponen yang tidak ditanggung dalam garansi kendaraan termasuk ongkos kerja kecuali ada ketentuan khusus. Penggantian komponen hanya dilakukan apabila komponen tersebut tidak dapat diperbaiki.

Mitsubishi Xpander Cross

Masa garansi mobil berbeda-beda

Menyoal garansi ini, pabrikan berlogo tiga berlian itu menawarkan program Extended Smart Package yang saat ini berlaku untuk model Xpander, Xpander Cross, dan Pajero Sport. Lewat program Extended Smart Package ini, konsumen akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bila nantinya mobil akan dijual lagi. Bukti ini bisa Anda bawa sebagai modal untuk meningkatkan harga jual mobil Anda. 

>>> Gunakan Sumbat Telinga Di Tempat Bising Seperti Bengkel!

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top