Sering Terabaikan, Karet Kaca Ternyata Punya Peran Penting Pada Mobil

Share this post:
Sering Terabaikan, Karet Kaca Ternyata Punya Peran Penting Pada Mobil
Saat membersihkan kaca, umumnya tampilan bersih dan tidak ada kotoran sudah cukup. Padahal masih ada komponen penting lainnya yang perlu perawatan yakni karet kaca. Apa peran karet kaca pada mobil?

Perawatan mobil bukan sekadar tampilan bersih semata. Bahkan saat semua terlihat apik, Anda harus memastikan agar komponen-komponen yang melekat di eksterior sudah dalam kondisi baik. Tidak terkecuali dengan kondisi karet kaca. Berikut tips membersihkan kotoran di karet kaca.

>>> Baca juga: Musim Hujan Datang, Tips Jaga Kondisi Bodi dan Kaca Mobil Tetap Bersih

Karet kaca mobil terutama di bagian eksterior juga perlu dirawat seksama. “Faktor cuaca seperti panas matahari dan hujan, itulah yang menjadi musuh utama bagi karet kaca sehingga bisa berubah menjadi kering dan getas,” ujar Aditya Arfiandi, General Manager Nu Shine Auto Detailing, Jati Warna, Bekasi.

Karet kaca pada bagian luar lebih rentan cepat aus

Perhatian bagian karet kaca pada bagian luar karena mempunyai potensi lebih cepat aus dibandingkan karet dalam

Secara tak kasat mata, karet kaca juga bisa menjadi tempat bersemayamnya debu, lumpur dan kotoran lain. Hal-hal sepele yang jika tidak dibersihkan dapat membuat karet kaca menjadi keras dan berpotensi rusak. Hal ini semakin diperparah dengan perlakuan salah, yang kadung dilakukan para pengguna mobil. “Ya, ketika ada kotoran di karet kaca, beberapa orang berupaya menghitamkan kembali karet kaca dengan menggunakan cairan semir karet ban. Padahal cairan semir ban itu emulsinya banyak dan justru membuat karet menjadi putih dan merusak estetika,” tegas Aditya.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan mobil lainnya hanya di sini

Karet kaca di mobil sendiri terdiri dari beberapa bagian. Ada karet kaca depan dan belakang. Karet kaca samping bagian luar dan dalam. Kemudian ada karet kaca samping bagian atas. Seluruhnya bukan semata tumpuan kaca. Karet pada kaca mobil mempunyai beberapa fungsi penting lain. Mulai dari meredam getaran, meredam intrusi suara dari luar kabin, hingga menahan rembesan air. “Nah untuk perawatan yang paling mudah, bisa dengan perawatan berkala minimal 2 bulan sekali. Atau cukup menggunakan cairan pembersih karet bersilikon,” ujar Aditya.

Salah satu jenis kerusakan karet kaca

Salah satu jenis kerusakan yang bisa dialami pada karet kaca adalah tersangkut di dalam door trim

Karet kaca mobil memang sebaiknya mendapatkan perawatan berkala agar ketahanannya lebih awet. Perlakuan acuh dan salah akan membuat karet kaca rusak, artinya karet kaca menjadi mengeras, pecah dan sobek. Jika sudah begitu maka yang hanya bisa Anda lakukan ialah mengganti karet kaca yang baru dengan biaya lebih mahal.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top