Sering Menggunakan Roof Rack? Simak Tips Merawat Roof Rack Untuk Cegah Karat

Sering Menggunakan Roof Rack? Simak Tips Merawat Roof Rack Untuk Cegah Karat
Salah satu solusi saat membawa barang berlebihan adalah menggunakan roof rack. Tetapi bila Anda sering menggunakannya, jangan lupa untuk merawat roof rack agar tidak timbul karat. Inilah tips merawat roof rack untuk mencegah karat.

Membawa barang dalam jumlah banyak kerap kali tidak memperhitungkan volume bagasi. Untuk itulah roof rack hadir sebagai medio untuk menyimpan barang di atap mobil. Ketika musim hujan, mencuci roof rack setelah terkena hujan menjadi penting karena salah satu cara untuk merawat roof rack.

Roof rack bisa timbulkan karat bila tidak dirawat

Perawatan yang tidak tepat membuat roof rack bisa muncul karat dan bila sudah parah harus ke body repair

Membiarkan terlalu lama mobil dalam keadaan kotor setelah terkena hujan akan mengakibatkan roof rail dan roof rack terkontaminasi asam hujan yang berujung pada korosi. Terlebih bila Anda tinggal di kota-kota besar yang mengandung polutan SO2 dan NOx menjadikan pH air hujan di Ibu Kota ini di bawah 5,6, sehingga keasamannya tinggi.

>>> Baca juga: Tips Aman Mengemudi Menggunakan Roof Box

Oleh karena itu lekas bersihkan roof rail dan roof rack Anda setelah terguyur hujan di perjalanan sebagai salah satu cara untuk merawat roof rack untuk mencegah karat. Menggunakan mobil dengan roof rack tentu memiliki kelebihan kapasitas angkut lebih besar. Meski demikian tetap ada kendala saat roof rack terpasang. Potensi karat akibat roof rack bisa muncul, padahal proses merawat roof rack yang terkena karat bisa dikerjakan sendiri.

Hujan menjadi salah satu penyebab karat bisa muncul pada roof rack

Hujan bisa menjadi penyebab munculnya karat, lakukan cuci mobil secepatnya untuk menghindari karat

Untuk bagian yang hanya terkena sedikit karat masih dapat ditanggulangi sendiri, karena saat ini sudah banyak diperdagangkan cat dalam botol kecil seperti cat kuku yang memang khusus untuk melapisi bagian yang terkena karat pada area kecil agar tidak melebar sebagai cara untuk merawat roof rack untuk cegah karat.

>>> Tips perawatan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah pastikan permukaan tersebut sudah bersih dan kering sebelum dilapis cat. Tidak hanya itu, jika karat akibat pemasangan roof rack sudah terlampau parah, maka pastikan untuk segera dibawa ke fasilitas body repair. Karena untuk merawat roof rack yang sudah karat parah perlu penanganan khusus dari para ahlinya.

Bila sering membawa barang berlebih bisa pasang roof rack

Roof rack berfungsi untuk menambah kapasitas untuk menampung barang bawaan

Adapun proses perbaikan roof rack itu setelah selesai dengan pengelasan, pelat baru dilapisi dengan dengan anti karat. Pengerjaannya pun lumayan lama bisa memakan waktu dua hingga tiga minggu, tergantung dari tingkat kerusakan karat. Agar tidak muncul karat pada roof rack maka tips merawat roof rack paling dasar adalah rajin mencuci mobil terlebih saat musim hujan.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

 
back to top