Sering Diabaikan Saat Mengganti Aki Mobil yang Soak, Perhatikan Hal Ini

Share this post:
Sering Diabaikan Saat Mengganti Aki Mobil yang Soak, Perhatikan Hal Ini
Mengganti aki mobil yang soak bukan perkara sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan hanya menyiapkan beberapa alat. Namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar proses mengganti aki mobil sukses dan aman.

Setiap komponen dalam mobil memiliki batas usia pakai, begitu pun dengan accu alias aki. Aki mobil biasanya memiliki usia pakai 2-3 tahun tergantung jenisnya. Perawatan aki pun bisa jadi faktor yang menentukan usia aki itu sendiri. Jika usia pakai sudah tiba, mengganti aki mobil perlu dilakukan karena aki bukan suku cadang yang bisa diperbaiki.

Aki mobil terbagi dalam beberapa jenis, namun yang populer di masyarakat adalah jenis aki basah dan aki kering. Aki basah adalah jenis accu yang menjadi standar mobil pada umumnya. Namun tak jarang juga mobil-mobil modern kini pakai aki jenis aki kering atau yang sering disebut aki maintenance free (MF).

>>> Kapan Waktunya Ganti Minyak Rem?

Secara fisik antara aki basah dan aki kering hampir sama, hanya saja aki basah memiliki lubang-lubang yang diberi penutup plastik. Pada lubang itu terdapat cairan H2SO4 (asam sulfat) di dalamnya. Sementara aki kering menggunakan cairan elektrolit.

Usia pakai aki basah maupun kering biasanya ditentukan juga oleh pemasangan aksesoris elektronik di mobil. Makin banyak penambahan aksesoris, seperti penambahan lampu HID atau audio, maka usia aki bisa lebih pendek dari normalnya.

Jika aki sudah waktunya untuk diganti, maka sebenarnya Anda tak perlu repot-repot datang ke bengkel. Anda tinggal siapkan beberapa alat dan lakukan mengganti aki mobil yang soak sendiri di rumah.

>>> Tips Membeli Mobil Bekas

Berikut yang harus dipersiapkan saat mengganti aki yang soak :

Siapkan Aki Baru

aki mobil dengan beberapa alat lainnya

Beli aki sesuai spesifikasi mobil Anda

Sebelum mengganti aki mobil Anda, hal yang pertama harus dilakukan adalah mempersiapkan aki baru sebagai penggantinya. Anda bisa dapatkan suku cadang ini di toko-toko perlengkapan mobil yang ada di sekitar Anda. Pastikan bahwa spesifikasi aki yang ada di mobil sama dengan aki baru yang Anda beli. Perbedaan merek tidak masalah selama memiliki spesifikasi yang serupa.

>>> Review mobil paling lengkap ada disini

Pastikan Kunci Kontak Off

kunci kontak off

Matikan mesin saat mengganti aki

Sebelum melepas aki, pastikan kunci kontak mobil Anda dalam posisi off. Ini untuk menjaga keselamatan diri Anda sendiri agar tidak terjadi percikan bunga api atau konsleting.

>>> Baca juga tips perawatan otomotif lainnya disini

Buka Terminal Aki

terminal aki mobil

Copot terminal legatif lalu terminal positif

Untuk membuka terminal aki, terlebih dulu siapkan kunci pas nomor 10, tang, atau kunci inggris. Pastikan untuk melepas terminal negatif (-) dulu baru kemudian melepas terminal positif (+). Untuk membedakan mana terminal negatif dan positif, biasanya terminal positif menggunakan penutup karet warna merah sementara terminal negatif menggunakan penutup hitam.

>>> Sangat Menginspirasi, Inilah 5 Wanita Berpengaruh Dalam Dunia Otomotif

Lepas Pengunci Aki

pengunci aki mobil

Lepaskan baut pengunci aki

Selain terminal, untuk mengganti aki mobil yang soak dibutuhkan terlebih dulu melepas besi pengunci aki tersebut. Bentuknya berupa batang besi ukuran kecil yang dibaut pada tepi-tepi aki. Gunanya agar aki tetap selalu pada posisinya walau dalam berbagai kondisi jalan. Untuk melepasnya, kendurkan baut pada besi tersebut menggunakan kunci pas 100 atau tang.

>>> Simak tips dan trik tentang mobil baik dalam perawatan, pengemudian dan teknologi terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Angkat Aki

seorang sedang memegang aki mobil

Hati-hati saat mengangkat aki

Setelah terminal dicopot dan besi pengunci terlepas, maka angkat aki dari posisinya. Harap hati-hati ketika mengangkat bagian ini, jangan sampai ada cairan aki yang tumpah dan mengenai material mobil lainnya.

Pasang Aki Baru

indikator mobil on

Jika indikator dan menyin menyala, berarti penggantian aki baru sukses

Jika aki lama sudah terlepas dari mobil, maka masukkan aki yang baru. Juga hati-hati ketika meletakkannya di posisi aki agar tidak ada cairan yang keluar. Kemudian pasang terlebih dulu pengunci aki dan kencangkan baut penguncinya. Lalu selanjutnya pasang terlebih dulu terminal positif (+) baru disusul terminal negatif (-) dari aki tersebut.

>>> Temukan listing mobil bekas terbaik hanya di Cintamobil.com

Jika Anda menggunakan aki basah, pastikan cairan aki sudah sesuai batas yang disarankan. Jika semua sudah terpasang, maka coba putar kunci kontak ke posisi ON, lihatlah apakah semua indikator pada mobil Anda menyala. Jika menyala, maka coba nyalahkan mesin mobil, kalau berfungsi maka penggantian aki sukses.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top