Selain Kotor, Ini Pengaruh Sisa Makanan di Dalam Kabin Pada Mobil

14/02/2020
Bukan hanya untuk kebersihan, ternyata sisa makanan di dalam kabin akan memberikan dampak buruk pada keberlangsungan interior. Tak percaya? Ini dia buktinya.

Suka makan di dalam mobil dan malas membersihkan interior? Bukan hanya memberikan kesan kotor pada mobil, namun kabin yang dipenuhi dengan sisa-sisa makanan juga memberikan dampak buruk bagi ketahanan kabin. Berikut hal yang terjadi ketika Anda membiarkan sisa makanan di dalam kabin mengendap selama berhari-hari.

1. Interior kusam

jok mobil berwarna beige yang sudah kusam 
Jok akan lebih mudah kusam jika sering tertumpah minuman

Sisa makanan yang berserakan akan menempel pada interior mobil, seperti dashboard, karpet, bahkan jok mobil. Jika dibiarkan, akan membuat interior menjadi kusam dan penampilan mobil tak lagi menarik. Begitu pula dengan pengemudi yang memiliki kebiasaan merokok di dalam mobil. Asap rokok akan membuat langit-langit mobil menjadi kusam dan nantinya susah dibersihkan.

>>> Menghilangkan Noda Minuman yang Tumpah di Jok Mobil dan Sudah Mengering

2. Menimbulkan bau tak sedap

pengemudi wanita yang memegang hidung 
Sisa makanan akan menimbulkan bau tak sedap di dalam kabin

Sama seperti kamar yang berantakan, sisa makanan akan menimbulkan bau tak sedap sepanjang perjalanan. Jika tak dibersihkan, Anda bisa menemukan bekas makanan yang nantinya membusuk di dalam mobil. Tak cukup dengan pengharum mobil, sisa makanan yang membusuk bahkan bisa merusak komponen kendaraan, seperti karpet maupun material plastik pada mobil.

>>> Ini Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil Anda

3. Mengundang binatang kecil

kecoa yang ada pada konsol tengah mobil 
Jangan kaget jika Anda menemukan kecoa di mobil Anda

Terkadang Anda bisa menemukan binatang-binatang kecil berada di bawah kursi atau menyelinap di belakang dashboard. Hal ini bisa terjadi karena sisa-sisa makanan yang ada di dalam mobil. Sisa makanan yang tak dibersihkan bisa mengundang binatang-binatang kecil, seperti serangga, kecoa, semut, kutu busuk, atau bahkan tikus. Kehadiran tikus bukan hanya membuat mobil terkesan jorok, namun bisa juga menggerogoti kabel-kabel yang nantinya menambah biaya perawatan.

>>> Suka Membawa Hewan Peliharaan Dalam Mobil? Simak Tips Membersihkan Kotoran Hewan di Mobil​​​​​​​

4. Membuat AC tidak dingin

AC mobil yang sudah terkena kotoran dan debu 
Kotoran dan debu bisa menjadi masalah bagi AC di kemudian hari

>>> Agar Interior Lebih Segar, Yuk Bersihkan Kisi-Kisi AC

Satu hal yang jarang diketahui oleh pengemudi adalah pengaruh sisa makanan membuat AC tak lagi dingin. Debu, kotoran bekas makanan, maupun asap rokok bisa menyumbat evaporator. Awalnya, Anda bisa mencium bau tak sedap dari AC. Setelah itu AC tak lagi dingin. Dan puncaknya, akan terjadi kebocoran AC hingga membuat AC menjadi rusak.

Jika Anda memiliki keluarga, usahakan untuk meminimalisir kegiatan makan di dalam mobil. Hal ini akan membuat banyak sisa makanan berserakan di dalam mobil. Jangan biarkan sisa makanan mengendap selama berhari-hari. Dan pastikan untuk selalu membersihkan kabin dengan rutin seperti Anda membersihkan eksterior mobil.

>>> Kumpulan artikel tips & trik dunia otomotif lainnya di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain