Selain Aki, Lima Hal Ini Juga Bisa Dicek Saat Mobil Susah Distater

01/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Selain Aki, Lima Hal Ini Juga Bisa Dicek Saat Mobil Susah Distater
Saat mobil susah distater, banyak pengemudi langsung berasumsi akinya bermasalah. Nah, ketika aki sudah dicek dan kondisinya masih prima, bagian mana lagi yang harus dicek saat mobil sulit dihidupkan?

Memegang peranan sebagai penyuplai tenaga untuk kelistrikan mobil, Aki tentu menjadi komponen penting yang membuat mobil susah distater jika bermasalah. Tapi, di luar aki masih ada beberapa komponen lain yang tak kalah pentingnya, dan bisa dicek jika aki mobil tidak bermasalah namun mobil masih susah distater.

>>> Dinamo Stater bermasalah, coba terapkan hal ini

Apa saja komponen-komponen tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak lima komponen yang dapat menyebabkan mobil susah distater berikut ini.

1. Masalah busi

Busi mobil rusak

Busi yang bermasalah dapat membuat mobil kesulitan distater

Salah satu komponen yang berperan saat sistem stater mobil adalah Busi. Jika busi kotor ataupun usang, maka mobil akan susah distater.

Pertama, busi kotor dapat menghambat percikan bunga api yang dibutuhkan agar stater bekerja. Saat mobil sulit distater, coba lihat kondisi busi di ruang mesin, jika kotor segera bersihkan dengan cara digosok menggunakan pembersih khsusus.

Terkadang, mobil susah distater saat mesin dalam keadaan panas, dan baru bisa menyala setelah mesin dingin. Hal ini disebabkan kondisi busi sudah tidak optimal lagi, lebih baik segera diganti agar tidak menghambat kinerja mobil kesayangan.

2. Alternator atau dinamo ampere yang bermasalah

Dinamo ampere mobil

Dinamo ampere bertugas mengalirkan listrik menuju aki

Penyebab lain mobil susah distater adalah alternator atau dinamo ampere yang bermasalah. Hal ini dikarenakan fungsi alternator sebagai penghantar listrik ke aki, jika bermasalah maka mobil tak akan bisa menyala sekalipun aki dalam kondisi baik.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Alternator sebenarnya bukanlah komponen yang gampang mengalami kerusakan, biasanya terjadi pada mobil-mobil yang berusia lebih dari 8 tahun.

3. Aliran bahan bakar yang tidak lancar

Ilustrasi mesin mobil

Beberapa masalah mobil susah distater juga disebabkan aliran bensin yang terbatas

Biasanya, mobil susah distater kerap terjadi saat mobil panas. Salah satu penyebabnya adalah aliran bahan bakar yang tak terdistribusi sempurna dari tangki ke mesin. Selain itu, tak bercampurnya bahan bakar dengan udara bisa jadi alasan lain kenapa mobil sulit distater saat mesin panas.

Bukan hanya saat mesin panas, mobil juga acap kali sulit distater akibat bahan bakar juga terjadi pada pagi hari. Hal ini disebabkan pompa bahan bakar (fuel pump) dari tangki menuju karburator melemah akibat kondisi dingin.

4. Koil terlampau panas

Koil mobil

Selain aki dan busi, koil juga penting dalam proses starter mobil

Selain busi, koil juga punya peranan besar dalam proses starter mobil, yakni menggandakan tekanan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki (bisa mencapai ribuan volt). Setelah itu, arus listrik mengalir ke busi untuk menciptakan pijaran bunga api.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

Maka saat mobil susah distater dan kondisi aki dan busi Anda masih baik-baik saja, lakukan pengecekan terhadap koil mobil. Koil yang bermasalah dapat dicirikan dengan suhu yang terlampau panas.

5. WTS (Water Temperature Sensor) Bermasalah

Water temperature sensor

Water temperature sensor yang bermasalah dapat mengacaukan sistem injeksi

Water Temperature Sensor, atau yang biasa disebut sensor suhu juga berpotensi membuat mobil susah distater. Jika terjadi kerusakan pada sistem tersebut, maka sistem injeksi pun akan terganggu, alhasil mobil susah distater.

Berikut lima komponen menyebabkan mobil susah distater selain aki, jika kelima hal ini bermasalah segera bawalah mobil Anda ke bengkel kepercayaan agar mobil kembali prima seperti sedia kala. Untuk tips & trik otomotif lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Menurut Penelitian, Mendengarkan Musik Rock Selama Berkendara Bisa Berpotensi Kecelakaan

27/09/2019

Pengemudian

3 menit

Mendengarkan musik rock ternyata bisa mempengaruhi karakter atau alam bawah sadar seseorang ketika sedang di belakang kemudi. Simak penjelasannya berikut ini.

Lihat juga

Mau Pasang Cover Jok, Perhatikan 3 Hal Ini!

28/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Pasang cover jok jadi salah satu cara paling ngetren untuk mendapatkan tampilan interior mobil yang berbeda dari aslinya. Lantas bagaimana mendapatkan agar mendapatkan hasil terbaik?

Lihat juga

Apakah Ban Memiliki Masa Kadaluarsa? Ternyata Begini Jawabannya

27/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Yuk kita bahas mengenai masa kadaluarsa dari ban. Apakah ada patokan bakunya? Simak ulasannya berikut ini

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Apa Saja yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Test Drive Mobil Bekas?

27/09/2019

Jual beli

3 menit

Test drive menjadi salah satu bagian penting ketika akan membeli mobil, baru maupun bekas. Tetapi, ada beberapa perbedaan mendasar ketika Anda melakukan test drive mobil bekas. Apa saja, ya?

Lihat juga

Ada Banyak Faktor, Inilah Penyebab Mobil Boros BBM

30/09/2019

Pengemudian

2 menit

Mobil terasa lebih boros bahan bakar minyak (BBM) dibanding biasanya? faktornya bukan hanya dari cara berkendara si pengemudinya, tapi masih ada beberapa penyebab lainnya untuk diperhatikan. Harga BBM yang mahal membuat faktor irit semakin jadi perhatian pemilik kendaraan bermotor. Berikut penyebab mobil boros BBM.

Lihat juga