Sekring Mobil Meleleh? Mungkin Ini Penyebabnya

31/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Sekring Mobil Meleleh? Mungkin Ini Penyebabnya
Meski tidak membuat arus listrik putus, sekring mobil meleleh tidak bisa dibiarkan karena dapat memicu kebakaran. Lalu, apa saja penyebab yang terkait dengan kelistrikan tersebut?

Sekring, atau yang biasa disebut fuse, adalah komponen kelistrikan mobil yang sangat krusial. Adapun fungsinya sebagai pengaman arus listrik ke komponen mobil yang membutuhkan daya listrik.

Salah satu masalah yang kerap terjadi dan cukup menggangu adalah sekring mobil meleleh. Biasanya, hal ini disebabkan adanya panas berlebih di sekitar sekring akibat ukuran daya (ampere) sekring tidak sesuai dengan arus listrik yang mengaliri sekring.

Meski hal ini tidak serta merta membuat arus listrik putus, namun bisa saja menimbulkan masalah yang lebih besar, yakni kebakaran. Sebelum masalah ini menjalar lebih besar, berikut beberapa penyebab sekring mobil meleleh yang perlu Anda ketahui.

1. Kualitas sekering jelek

Gambar menunjukkan Sekring mobil yang telah meleleh

Sekring meleleh biasanya disebabkan plastik yang tak kuat menahan panas sekring

Sekering dibuat dari lempengan logam yang didesain khusus dengan bentuk pipih dan terputus jika dilalui arus listrik dengan nilai arus tertentu. Pada bagian luar sekering, biasanya dibalut plastik isolator berbagai warna yang juga menandakan daya sekering.

Jika plastik isolator tak mampu menahan panas yang dihasilkan, sekering akan meleleh. Selain itu, sekring dengan kualitas kurang baik bisa bermasalah dengan standar ukuran lempeng logam pemutus arus listrik. Alhasil, lempeng logam jadi panas karena arus yang dilaluinya terlalu besar.

>>> Hal utama dalam merawat sistem kelistrikan mobil: Teliti dan hati-hati

2. Daya sekering tidak sesuai

Gambar menunjukkan bahwa Besaran daya sekring yang dibedakan dengan warnanya

Besaran daya sekring mobil dibedakan dengan warna plastik isolatornya

Hal kedua yang memicu sekring mobil meleleh adalah pemakaian sekring yang tidak sesuai dengan ukuran, misal seharusnya memakai sekring 5A (Ampere), Anda justru memasang sekring 10A.

Semakin tinggi arus listrik sekring, maka semakin tinggi pula suhu panas yang dihasilkan. Hal ini juga berlaku ketika terjadi hubungan arus pendek pada rangkaian kelistrikan. Jika mengganti sekring dengan daya lebih tinggi, maka panas yang dihasilkan sekring semakin tinggi dan membuat sekring meleleh, bahkan bisa sampai terbakar.

>>> Butuh mobil untuk tahun baru? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

3. Penambahan beban sekering

Tak jarang pemilik mobil melakukan modifikasi pada sistem kelistrikan dengan menambah perangkat baru yang membutuhkan arus listrik. Masalahnya, jalur sekring tidak dibuat terpisah dan menumpang di sekring yang sudah ada (existing).

Saat ingin menambahkan beban pada rangkaian kelistrikan, ada baiknya kamu mengganti kabel dan sekring dengan ukuran lebih besar. Atau, buat jalur sekring sendiri dengan memperhitungkan kebutuhan daya sekring dan memasang sistem perkabelan yang baik agar tidak mudah terjadi arus pendek.

>>> Tips perawatan mobil bisa Anda lihat di sini

4. Pemasangan sekering kurang tepat

Gambar menunjukkan Teknisi memasang sekring mobil

Pemasangan sekring tidak tepat akan membuat arus listrik tidak stabil

Pemasangan sekring pada dudukan atau terminalnya harus benar-benar presisi, yang berarti tidak boleh ada bagian sekring holder yang longgar. Jika ada bagian dudukan sekring yang longgar, sebaiknya dirapatkan lebih dulu agar dapat menjepit sekring dengan sempurna. Jika tidak, arus listrik menjadi tidak stabil yang memicu bunga api dan membuat sekring panas dan meleleh.

Dengan mengetahui penyebab sekring mobil meleleh seperti di atas, Anda akan berhati-hati saat mengurus masalah kelistrikan mobil. Untuk tips & trik lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Klik sini untuk lanjut simak Tips & trik yang berguna lainnya dari Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ini Akibatnya Jika Sembarang Pasang Aksesori Mobil yang Membutuhkan Kelistrikan

16/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika Anda pasang aksesori mobil tambahan yang membutuhkan daya listrik, sebaiknya diperhatikan dengan benar. Jangan sampai aksesori tersebut malah jadi pemicu mobil Anda mogok atau bahkan terbakar.

Lihat juga

Modifikasi Sistem Kelistrikan Boleh Saja, Tapi Awas Bisa Berbahaya

Mempermak mobil memang boleh-boleh saja. Tetapi modifikasi sistem kelistrikan tetap membutuhkan perhatian lebih mengingat banyaknya insiden yang terjadi akibat kesalahan sistem kelistrikan.

Lihat juga

Miliki Bentuk Yang Kecil Dan Warna-Warni, Yuk Kita Mengenal Jenis Sekring Di Mobil

10/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Meski bentuknya kecil dan berwarna cerah layaknya permen, namun sekring memiliki fungsi yang cukup vital sebagai pengaman piranti elektrikal pada mobil. Mari kita mengenal bentuk dan warna pada sekring mobil.

Lihat juga

Jangan Tergiur Harga Murah, Inilah Ciri-Ciri Aki Rekondisi

14/12/2019

Jual beli

3 menit

Belakangan ini, banyak beredar aki rekondisi di pasaran. Agar tidak tertipu, berikut ini adalah ciri-ciri aki rekondisi yang kemungkinan besar tidak akan awet dan tahan lama untuk mobil Anda.

Lihat juga