Sejarah Perkembangan Transmisi Otomatis Mobil Di Dunia

Share this post:
Sejarah Perkembangan Transmisi Otomatis Mobil Di Dunia
Teknologi mobil baru membuat hidup orang makin kesini semakin enak. Inovasi itu nggak bohong. Sama dengan perkembangan teknologi transmisi otomatis. Sejak diciptakan pertama kali sebelum Perang Dunia ke-2, inovasi tentang transmisi otomatis terus dilakukan hingga saat ini. Ini cerita mengenai sejarah perkembangan transmisi otomatis mobil di dunia bersama narasumber hebat.

Teknologi mobil baru membuat hidup orang makin kesini semakin enak. Inovasi itu nggak bohong. Sama dengan perkembangan teknologi transmisi otomatis. Sejak diciptakan pertama kali sebelum Perang Dunia ke-2, inovasi tentang transmisi otomatis terus dilakukan hingga saat ini. “Dulu teknologi transmisi otomatis teramat sederhana. Yang penting tanpa injak kopling, ada perpindahan gigi otomatis meskipun kasar, dan tingkat percepetan belum sampai 4 tahun. Kendaraan lapis baja sudah ada yang pakai transmisi otomatis lebih dulu lho,” buka Hermas Effendi Prabowo, Diagnostic & Repair Specialist dari Worner Matic

>>> Ini dia informasi lengkap seputar transmisi otomatis AGS andalan Suzuki

Tampak tuas transmisi otomatis New Honda Mobilio RS CVT 2019

Transmisi otomatis enggak langsung ke CVT, ada sejarahnya perkembangan transmisi jenis ini

Pria ramah yang gepe soal transmisi otomatis ini juga mengenai perkembangan transmisi otomatis untuk.mobil penumpang, tipe dan kelas tertentu. Pada awal-awal dulu kala, unit transmisi otomatis masih menyatu dengan mesin. Bukan unit terpisah seperti saat ini. Bahkan oli yang digunakan-pun sama, berbagi dengan oli mesin. “Kami dari Worner Matic pernah memperbaiki transmisi otomatis jenis ini,” tambahnya. Lalu mulai berkembang transmisi otomatis 3 percepatan di era 1960 - 1980-an. Transmisi otomatis ini lumayan enak dalam hal perawatan. Karena belum banyak komponen elektroniknya. Era 1990-an mulai banyak yg pakai komponen elektronik. Misalnya, sudah ada yang mulai pakai teknologi TCC (Torque Converter Clutch). Meskipun masih masuk dalam teknologi transmisi otomatis sederhana, oleh sebab belum pakai TCM (Transmission Control Modul). Alias masih mengandalkan switch.

>>> Berminat meminang mobil bekas dengan transmisi otomatis jenis CVT? Simak dulu tips dari kami

Perilaku mengemudi dengan transmisi CVT

Keawetan suatu transmisi juga ditentukan dari perilaku mengemudi

Karena transmisi otomatis tiga percepatan dianggap boros dan inefisien, maka teknologi transmisi otomatis mulai berkembang lagi menjadi transmisi otomatis 4 percepatan. Pada teknologi transmisi ini ada tambahan inovasi baru untuk komponen planetary gear set. Ada yang modelnya menyatu, ada pula yang modelnya terpisah. “Tujuannya agar dapat dioperasikan dengan mudah, ditambahkan tombol OD/Off di batang tuas transmisi otomatis. Udah pakai TCM, tapi untuk kick down masih mekanikal. Ada pula yang mengandalkan tekanan vacum,” tambah pria berkacamata ini.

>>> Awas! Transmisi otomatis CVT Grand Livina jebol bisa habis lebih dari Rp 50 jutaan!

Tampak Honda New HR-V 1.8 Prestige 2018

Mobil keluaran terkini banyak yang menggunakan transmisi modern seperti CVT

Maka enggak heran, dulu sering ada keluhan pakai transmisi otomatis ketika dibawa ditanjakan cenderung susah. Musti angkat pedal gas sedikit kalau mau turun gigi, biar mobilnya enak nanjak. Para pakar mulai ber-inovasi lagi. Kickdown menjadi elektronik. Maka mulai banyak penggunaan solenoid. TCC, kickdown, serta sensor-sensor solenoid untuk melakukan perpindahan gigi dan mengatur tekanan oli pada kecepatan tertentu. Teknologi berkembang lagi transmisi otomatis menjadi pakai mode ekonomis, normal dan sport. “Ada tambahan lagi tiptronic, biar bisa bawa serasa manual,” tambah pria yang buka workshop-nya di Jl. Tegal Rotan Raya Bintaro, Pondok Aren, Selatan Jakarta (tepatnya samping pasar modern Bintaro).

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Tampak transmisi otomatis 6 percepatan di All New Mazda CX-9 2018

Transmisi otomatis berkembang terus, ada rasio 6 percepatan, 7 percepatan, bahkan 8 hingga 9

Dan inovasi dari transmisi otomatis tidak berhenti sampai disitu saja. Pada mobil kekinian rasio tingkat percepatan ditambah jadi 5, 6, 7, 8 bahkan hingga 9. Rasio gigi ini semakin rapat. Untuk beberapa mobil yang diproduksi di Amerika Serikat dan dipasarkan disina, kerjasama sistem mesin dan transmisi otomatis pun mulai banyak dilakukan. “Misal saat terjadi perpindahan gigi otomatis, pasokan bahan bakar dikurangi sesaat, supaya mesin tidak nge-flare, menghentak atau boros BBM. Sehingga perpindahan gigi menjadi semakin lembut. Ada pula teknologi lain juga. Perpindahan gigi rasio rendah ke rasio gigi tertinggi baru bisa terjadi saat mesin masuk suhu kerja. Sebelum itu nggak bisa,” jelas Hermas, sapaan akrab Hermas Effendi Prabowo.

>>> Ini pendapat kami mengenai All New Nissan Livina 2019 yang sudah enggak pakai transmisi CVT

Tampak Transmisi CVT Nissan Grand Livina L11

Jika perawatan serta pemakaian tidak benar, transmisi CVT akan lebih cepat rontok dan bisa harus mengganti utuh seperti ini

Tekanan oli pada transmisi otomatis juga ditata kembalii. Agar saat berhenti dan tuas digeser ke posisi R atau D tidak timbul entakan, atau mobil nyelonong maju. Komputer pada transmisi otomatis akan mengatur mobil hanya mau berjalan jika pedal gas sudah mulai diinjak. Tidak puas sampai disitu, transmisi otomatis dikembangkan lagi menjadi teknologi CVT. Sebuah teknologi sabuk baja yang dulunya sempat digunakan oleh tank atau kendaraan militer berat. Namun, itu semua bukan tanpa kendala dalam pengembangannya, semakin halus, semakin irit. Itulah tujuan dari inovasi transmisi otomatis. Konsekuensi dari banyaknya teknologi yang dipakai, adalah biaya perbaikan dari sebuah transmisi otomatis yang menjadi lebih mahal. Pun begitu dengan umur pakai transmisi otomatis yang jadi semakin terbatas. Enggak percaya? Coba Anda sambangi bengkel lalu tanya montirnya, rata-rata mobil dengan transmisi otomatisnya pakai teknologi era 1990-an umur pakainya bisa 20 tahun. Bahkan bisa lebih. Sementara transmisi otomatis sekarang ada yang baru 5 tahun pemakaian sudah rusak, atau untung-untung 10 tahun. Hampir tidak ada yang dapat bertahan sampai 15 tahun. 

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Tester Cintamobil.com melakukan slalom dengan New Honda Mobilio RS CVT 2018

Menggunakan mobil dengan serampangan, juga akan memperpendek umur transmisi otomatis mobil

Apalagi transmisi otomatis jenis CVT. Jika dalam perawatan atau modifikasi mobilnya enggak benar, atau mobilnya sudah ekstra capek, ada yang 3 tahun sudah rusak. Biaya perbaikan transmisi jenis ini 2 atau 3 kali lebih mahal dari transmisi otomatis konvensional. “Ada pula yang harus mengganti unit baru CVT dengan biaya mencapai Rp 50 juta - Rp 60 juta. Poinnya bahwa inovasi bikin transmisi otomatis lebih enak dipakai memang betul, tapi harus bener nge-rawatnya, biaya perbaikannya bisa sangat mahal. Bahkan perawatan di bengkel resmi saja dijamin tidak cukup,” tutup Hermas.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Informasi Lengkap Tentang Transmisi AGS Suzuki

26/01/2019

Pengemudian

Transmisi Auto Gear Shift (AGS) merupakan teknologi terbaru Suzuki yang berbeda dengan transmisi manual atau otomatis. PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengusung tema utama “Bisa Matic, Bisa Manual” dalam perkenalan transmisi AGS pada Suzuki Ignis serta Karimun Wagon R. Bagaimana cara menggunakan AGS? Apakah kelebihannya?

Lihat juga

Agar Tidak Tertipu, Simak Tips Membeli Mobil Bekas Transmisi CVT

19/12/2018

Perawatan dan service

10 menit

Teknologi transmisi terus berkembang hingaa saat ini. Salah satu yang sudah banyak digunakan dan memberi kemudahan untuk pengemudi adalah transmisi CVT. Agar tidak mudah tertipu, simak tips membeli mobil bekas transmisi CVT.

Lihat juga

Jangan Sembarang Pakai, Inilah Tips Berkendara dan Perawatan Transmisi CVT

23/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Transmisi CVT adalah pengembangan teknologi dari transmisi otomatis. Agar mempunyai usia panjang, simak tips berkendara dan cara merawat transmisi CVT.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca 2018: Andalkan Ubahan Fascia Meski Tetap Setia Dengan Transmisi Manual

19/05/2018

Editor rate:

Masuk dalam kategori kelas Low Cost Green Car (LCGC), PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) merilis pesaing terbaru untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Berbodi Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 7 orang, Datsun GO+ Panca menyuguhkan fitur mumpuni yang mampu menjawab segala kebutuhan masyarakat Indonesia.

Lihat juga

Review Ford Focus 2015: Sudah Jamannya Parkir Otomatis

03/01/2019

Editor rate:

Dibanding perusahaan otomotif lainnya, Ford terbilang senyap dan kemudian mendobrak dengan hal-hal baru. Seperti halnya pada Ford Focus yang hadir dengan mesin 1.5 Liter Ecoboost Turbo. Bayangkan saja, performa mesinnya berada di atas rata-rata ketimbang pesaing lainnya. Selain jantung pacunya, apa saja kelebihan yang dimiliki? Berikut kita simak dalam review Ford Focus 2015.

Lihat juga
 
back to top