Segini Biaya Modifikasi kaki-kaki Land Rover Defender Terbaru

21/04/2021

Perawatan dan service

5 menit

Tentuya banyak pemilik Land Rover Defender terbaru yang sudah gatal ingin memodifiksi kendaraannya. Berikut ini satu referensinya berikut biaya yang dihabiskan.

Salah satu kritik yang muncul dari Land Rover Defender terbaru adalah tidak fleksibelnya mobil tersebut untuk dimodifikasi seperti layaknya model-model Defender sebelumnya. Hal ini membuat banyak penggemar Defender cukup kecewa.

Namun seiring berjalannya waktu, mulai banyak juga pemilik Defender yang melakukan ubahan pada kendaraannya. Modifikasi Defender ini pun datang dengan berbagai konsep. Ada yang modifikasi ringan dengan hanya sebatas penambahan aksesoris, sampai modifikasi ekstrim.

>>> Ketika Artis TikTok Membuat Land Rover Defender Besar dari Kue

Modifikasi Land Rover Defender Dibuat Jangkung

Modifikasi Land Rover Defender

Tingginya bisa naik hingga 6 inci dari kondisi standar

Dikutip dari Autoevolution, Senin (19/04/2021), ada satu hasil modifikasi Defender yang cukup ekstrim. Bagaimana tidak, mobil yang sejatinya sudah sangat siap dipakai offroad dalam keadaan standar itu diubah jadi lebih jangkung.

Adalah tim dari J Austen Fabrications yang telah menemukan cara untuk bisa memodifikasi Defender dengan cukup ekstrem. Antara lain dengan memasang satu set perangkat sub-frame lift kit yang mampu membuat ground clearance mobil ini naik 2-6 inci dari kondisi standar.

Hebatnya lagi, hasil racikan body lift pada Defender terbaru ini tidak membutuhkan penyesuaian pada suspensi asli kendaraan. Alhasil suspensi tetap bekerja dengan semestinya dan sama sekali tidak mengganggu kenyamanan mobil.

>>> Aplikasi Strut Bar dan Stabilizer Bar Untuk Minimalisir Limbung

Pakai Ban 35 Inci

Land Rover Defender Offroad

Biaya modifikasi kaki-kaki mobil ini sampai lebih dari Rp 200 juta

>>> Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Urban SUV Kekinian Yang Andal Di Segala Medan

Ketika bodi sudah naik sekitar 4 inci, maka yang dilakukan tim J Austen Fabrications adalah berusaha menjejalkan ban ukuran 35. Namun karena ruang fender Defender yang terbatas hanya untuk penggantian ke ban ukuran 33 inci, maka perlu dilakukan sedikit pemangkasan di bagian ini.

Kemudian masalah juga timbul dari ukuran rotor yang tidak cocok ketika dipasang velg berdiameter 18 inci. Walhasil, perlu penyesuaian ulang pula di bagian sistem pengereman sehingag emuanya dapat berfungsi dengan baik.

Menurut pemiliknya, total biaya modifikasi Defender ini berkisar antara USD 14.000 - USD 15.000 atau kira-kira Rp 204 juta hingga Rp 218 juta. Ini semua untuk membuat mobil tersebut makin kampiun di trek ekstrim.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top