Sedotan WC Jadi Solusi Body Repair Murah

14/03/2021

Perawatan dan service

3 menit

Siapa yang sangka jika alat untuk keperluan rumah tangga seperti sedotan vacuum WC ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjadi solusi body repair murah...

Di era ekonomi yang serba sulit seperti sekarang ini, jika ada pengeluaran yang sekiranya bisa dihemat tentu akan lebih baik jika tidak dikeluarkan. Salah satu biaya yang membutuhkan dana yang cukup menguras kantong adalah body repair. Sebab jarang sekali bengkel body repair murah yang hasilnya bisa bagus. Tapi jangan khawatir, bila kerusakan tidak terlalu parah, bisa kok diperbaiki sendiri dengan alat rumah tangga.

Gambar bodi depan penyok

Penyok seperti ini bisa diperbaiki dengan alat rumah tangga

Pakai Sedotan WC

Seperti yang dilakukan oleh Yuda Hidayat, seorang pengusaha di bidang pariwisata dan event orgenizer terhadap salah satu mobil operasional usahanya yakni Suzuki New Carry Pick Up. Pria yang hobi trabasan naik motor trail ini menggunakan sedotan WC untuk memperbaiki penyok di mobilnya. "Mobil jaman sekarang penyok ketiban besi? Tenang ini solusinya jangan panik," buka pria yang juga anggota klub motor Honda Tiger ini.

Gambar body repair dengan sedotan WC

Tinggal tempel, tekan terus ditarik perlahan

"Untung ada sedotan WC segala yang penyok (bisa) kembali rata, tinggal tempel lalu tekan terus ditarik pelan," papar kang Yuda sapaan akrab Yuda Hidayat kepada tim Cintamobil.com. Meski terlihat mudah, namun cara ini tetap butuh kehati-hatian. Bila ditarik terlalu kasar (cepat) dikhawatirkan dudukan klem bodi bisa longgar bahkan lepas. Tapi harus diingat, cara ini bisa berhasil jika panel bodi yang penyok terbuat dari bahan logam seperti kap mesin atau pintu.

>>> Kinerja Bengkel Suzuki Body Repair And Paint Meningkat Saat Pandemi

Hanya Berlaku Pada Bodywork Besi

Jika panel bodi yang penyok terbuat dari plastik seperti di fender depan, dan bumper depan dan belakang maka cara ini tak akan berhasil. Sebab sedotan WC tak akan menempel dengan sempurna di permukaan tersebut. Cara ini memang mudah sekaligus murah dibandingkan dibawa ke bengkel body repair murah sekalipun, meski demikian tingkat keberhasilan metode ini sangat tergantung dari seberapa dalam penyok mobil dan seberapa rusak catnya.

Gambar hasil bodi repair sedotan WC

Baret memang tidak hilang, tetapi penyok ringan bisa kembali mulus

Ambil contoh cat mobil yang tergores maupun terkelupas, tentunya tidak akan bisa diperbaiki dengan cara ini. Singkatnya, perbaikan penyok bodi dengan sedotan WC ini hanya bisa memperbaiki permukaan yang penyok saja. So, bagaimana apakah Anda juga mau mencoba memperbaiki bodi mobil Anda yang penyok dengan alat ini? Cukup sediakan uang bergambar pahlawan nasional Ir. Djuanda Kartawidjaja saja atau selembar Rp 50 ribu untuk membeli drain buster alias alat sedot WC .

>>> Simak juga tips dan trik lainnya seputar mobil di sini

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top