Sedang Viral, Berikut Ini Tips Mencegah Pencurian Ban Mobil

30/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Sedang Viral, Berikut Ini Tips Mencegah Pencurian Ban Mobil
Saat ini, sedang viral sindikat pencurian ban mobil saat sedang diparkir. Untuk mencegah pelek beserta ban mobil Anda digondol maling saat sedang parkir, ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan. Apa saja?

Akhir-akhir ini tengah viral kasus pencurian ban mobil yang sedang diparkir. Tak tanggung-tanggung, pelaku ada yang mencopot keempat pelek mobil yang tengah parkir. Malah, ada yang nekat mencuri pelek mobil di parkiran umum.

Banyak sekali mobil telah jadi korban sindikat pencurian ban, mulai dari mobil sport terbaru seperti Corvette C.8 ataupun mobil sejuta umat semisal Toyota Avanza, Nissan Grand Livina, atau lainnya.

Mobil yang bannya telah dicuri

Mobil yang bannya telah digondol akan diganjal oleh batu bata

>>> Agar pelek tetap awet, hindari tiga hal ini

Tentu akan sangat menyebalkan jika saat sedang memarkirkan mobil di tempat umum, dan saat kembali ke mobil sudah diganjal batu bata dengan keempat pelek beserta ban sudah lenyap. Tapi tenang, Anda bisa melakukan beberapa langkah untuk mencegah pencurian ban mobil, apa saja sih memang? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Pakai konci baut

Pelek yang telah dipasangkan pengunci baut

Pelek dengan pengunci baut hanya bisa dilepas dengan alat khusus

Untuk mencegah pencurian ban mobil, pasang konci baut pada pelek Anda. Bentuknya sama seperti baut pelek, namun membutuhkan alat khusus yang disisipkan di paket pembelian untuk pemasangan dan pelepasannya, jadi ban mobil Anda akan aman karena tidak sembarang alat bisa membuka kunci pelek.

>>> Ini Akibatnya Kalau Mencampur Angin Ban Nitrogen dengan Angin Biasa

2. Pakai alarm yang canggih

Ilustrasi alarm mobil

Pilih alarm dengan fitur lengkap, termasuk sensor yang mendeteksi posisi ban

Jika Anda ingin memakai alarm mobil, pilihlah yang dapat mendeteksi jika mobil dimiringkan, atau bahkan diangkat. Beberapa alarm yang lebih canggih bahkan memiliki sensor yang bisa mendeteksi apakah ban mobil Anda dicuri atau tidak.

>>> Simak Tips Penggunaan Ban Cadangan ala Peugeot Berikut Ini

3. Parkir di tempat ramai

Kondisi jalanan ramai

Pencuri ban tidak menyukai kondisi jalanan yang ramai

Tempat paling aman untuk memarkirkan mobil adalah garasi, namun jika tidak ada usahakan parkir di tempat yang ramai yang sering dilewati baik itu oleh kendaraan ataupun pejalan kaki, usahakan juga tempat dengan pencahayaan bagus di malam hari.

Lokasi seperti ini tidak akan disukai pencuri karena mereka memilih bekerja di tempat yang sepi dengan pencahayaan minim di malam hari. Jika memungkinkan, parkir mobil Anda di tempat yang memiliki kamera CCTV untuk meningkatkan keamanan.

>>> Temukan pilihan mobil berkualitas di sini

4. Parkir dekat dengan trotoar

Mobil sedang parkir

Dengan parkir dekat trotoar, pencuri ban akan kesulitan mendapat celah

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda temukan di sini

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pencurian ban mobil adalah memarkir mobil Anda sedekat mungkin dengan trotoar untuk membatasi gerak pencuri. Saat melakukan aksinya, pencuri pelek membutuhkan ruang yang cukup leluasa untuk mendongkrak mobil.

Selain itu, mengarahkan roda lebih dekat ke trotoar juga bisa meminimalisir peluang maling menggondol pelek mobil Anda.  Namun, hati-hati karena kondisi tersebut bisa membuat pelek Anda lecet karena terkena trotoar.

Dengan mengaplikasikan empat langkah di atas, nasib pelek beserta ban mobil Anda akan lebih aman dari pencurian. Untuk tips & trik menarik lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Klik sini untuk simak tips & trik yang berguna lainnya di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top