Sedang Tren, Berikut Plus Minus Menggunakan Pelek Ukuran Besar

16/07/2019

Perawatan dan service

5 menit

Menggunakan pelek ukuran besar saat ini tengah menjadi tren, baik itu untuk alasan peningkatan performa, atau mempercantik tampang mobil. Namun, hal itu punya dampak positif dan negatif terhadap mobil Anda, apa saja?

Apa hal pertama yang akan Anda ubah saat melakukan modifikasi mobil? Tentu, sebagian orang akan langsung memilih pelek, dan biasanya cenderung memilih pelek ukuran besar, lebih dari standar yang ditentukan pabrikan.

>>> Trik ganti pelek city car

Beberapa orang memilih pelek ukuran besar untuk grip dan kemampuan menikung mobil, beberapa sisanya mengejar tampang mobil agar lebih proporsional. Namun, perubahan spesifikasi pelek dari standar akan mempengaruhi kinerja mobil. Beberapa berdampak positif, lainnya negatif. Untuk lebih jelasnya, simak plus minus menggunakan pelek ukuran besar di bawah ini:

Plus:

1. Peningkatan grip dan traksi

Penggunaan pelek ukuran besar biasanya berbanding lurus dengan besar ban yang digunakan. Alhasil, ban memiliki kontak yang lebih baik dengan jalanan, yang pada akhirnya meningkatkan grip dan traksi lebih baik.

2. Kemampuan menikung semakin baik

Pelek ukuran besar memberikan kontak lebih baik dengan jalan, tapak yang lebih lebar, serta dinding ban yang lebih kaku. Ketiga atribut tersebut secara langsung meningkatkan kemampuan menikung mobil Anda.

3. Lebih baik saat mengerem

Mobil dengan pelek ukuran besar memiliki tapak dan grip yang lebih baik di jalan. Maka jika Anda memadukan pelek tersebut dengan ban yang ideal (kompon tidak terlalu keras atau lunak), maka jarak pengereman juga akan berkurang cukup signifikan.

4. Perubahan signifikan tampang mobil

Mitsubishi Expander 2018 warna putih

Tampilan Mitsubishi Expander dengan pelek ukuran besar, menarik bukan?

Pelek merupakan elemen penting dalam desain sebuah mobil, maka saat Anda menggantinya, biasanya tampilan mobil akan berubah drastis.

>>> Temukan pilihan mobil dengan harga terbaik di sini

Sebagai contoh, saat Anda mengganti pelek standar dengan pelek ukuran besar, maka sepintas mobil akan terlihat semakin sporty dan cantik. Maka tak heran jika sebagaian besar modifikator menjadikan pelek sebagai hal pertama yang diubah pada proyek modifikasinya.

Minus:

1. Bensin lebih boros

Pelek ukuran besar biasanya memiliki bobot lebih berat, dan membuat mesin bekerja lebih keras dari biasanya. Tentu saja, konsumsi bahan bakar langsung meningkat karenanya.

Namun, hal tersebut rasanya tidak terlalu berpengaruh pada mobil dengan mesin kencang yang pada dasarnya sudah boros bensin. Karena pengaruh yang diberikan pelek ukuran besar tidak terlalu signifikan terhadap efisiensi bahan bakar mobil-mobil performa tinggi.

2. Setir dan akselerasi berat

Besarnya area kontak ban dengan tanah juga memiliki dampak negatif terhadap pengendalian, yakni membuat setir menjadi semakin berat, serta akselerasi lebih lambat. Setir yang berat juga akan membuat handling mobil tidak sebaik sebelumnya.

3. Ban cepat habis

Teknisi menggantikan pelek mobil

Ukuran pelek lebih besar juga akan berdampak pada durabilitas ban yang cepat habis

Karena stir yang berat, ban cepat terkikis, serta dinding ban lebih rendah, maka pelek ukuran besar dapat membuat ban lebih cepat habis dari yang diperkirakan.

4. Masalah Sensor

Sebagian besar sensor mobil dikalibrasi berdasarkan komponen standarnya, maka karena itu perubahan bagian mobil akan berdampak pada akurasi sensor yang menurun. Semisal saat Anda mengganti pelek standar 16 inci menjadi 19 inci pada mobil Anda, itu akan membuat speedometer kesulitan bekerja sebagaimana mestinya.

Kondisi check engine mesin menyala

Pelek ukuran lebih besar dapat mempengaruhi sensor mobil

Sensor-sensor tersebut juga akan berpengaruh pada sistem keamanan pada mobil, semisal ABS, EBD, dan kontrol traksi tidak akan bekerja sebagaimana mestinya dengan pelek yang lebih besar.

>>> Simak tips perawatan mobil lainnya di sini

Agar tidak secara signifikan mengurangi kenyamanan saat berkendara, kami sarankan untuk mengubah ukuran pelek paling besar dua dari standar. Sebagai contoh jika mobil Anda memakai pelek standar 17 inci, kami sarankan untuk mengganti pelek maksimal 19 inci. Karena jika lebih akan sangat mempengaruhi kenyamanan mobil.

Berikut tips seputar plus minus menggunakan pelek ukuran besar yang bisa jadi acuan Anda saat ingin mengganti pelek mobil. Untuk tips & trik lainnya, temukan di Cintamobil.com.

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top