Sebuah Video Viral Ingatkan Agar Jangan Pernah Buka Tutup Radiator Saat Suhu Masih Tinggi

12/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Sebuah Video Viral Ingatkan Agar Jangan Pernah Buka Tutup Radiator Saat Suhu Masih Tinggi
Sebuah video menjadi viral setelah menayangkan seorang pemilik mobil membuka tutup radiator saat keadaan masih panas. Akibatnya pun membawa konsekuensi cukup serius dann mengingatkan para pemilik mobil lainnya agar lebih berhati-hati dalam membuka tutup radiator saat suhu masih tinggi.

Sebuah video menjadi viral di media sosial setelah menayangkan seseorang pemilik mobil yang membuka tutup radiator saat suhu radiator masih tinggi. Video tersebut di-upload oleh akun bernama Matthew Elliot yang menayangkan video ketika temannya, Jamie Palfreman membuka tutup radiator BMW E36 miliknya ketika masih dalam keadaan panas.  Dalam video tersebut juga terlihat jelas bahwa radiator BMW E36 milik Jamie Palferman ini mengalami overheat. Apa yang terjadi selanjutnya pun bisa ditebak, karena saat tutup radiator berhasil terbuka, semburan air radiator yang dalam keadaan mendidih tersebut pun langsung menyembur keluar dan mengenai tangan Jamie Palfreman. Akibatnya, pemuda asal West Sussex, Inggris ini mengalami luka bakar cukup serius di bagian tangan dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Foto cuplikan video viral saat membuka tupup radiator saat masih panas

Video viral yang terjadi di inggris tersebut mengingatkan kita tentang bahaya membuka tutup radiator saat suhu masih tinggi

>>> Artikel terkait lainnya:

Video yang menjadi viral tersebut mengingatkan kita bahwa jangan pernah berusaha membuka tutup radiator saat suhu masih panas atau ketika mengalami overheat. “Suhu radiator saat mesin normal saja mencapai antara 90 dan 100 derajat celcius. Ketika dalam overheat, suhu radiator bisa mencapai 120 hingga 130 derajat celcius. Dengan suhu dan tekanan tinggi tersebut, membuat air atau coolant radiator langsung menyebur dan sangat berbahaya ketika terkena tubuh karena membuat luka bakar,” wanti Baharuddin Zainal, mekanik Honda Megatama Kalimalang, Jakarta Timur.

Foto ilustrasi gunakan sarung tangan dan lap saat buka tutup radiator

Gunakan sarung tangan dan lap untuk melapisi tutup radiator agar terhindar dari cedera luka bakar akibat terkena suhu tinggi

>>> Tips perawatan terbaik lainnya ada di sini

Ketika Anda mengalami overheat, kebocoran pada radiator atau situasi dimana Anda harus  membuka tutup radiator, sangat disarankan untuk matikan mesin terlebih dahulu dan tunggu sekitar 20 hingga 30 menit agar suhu mesin agar turun dengan sendirinya. Setelah suhu radiator turun, gunakan sarung tangan, lap atau kabin tebal saat ingin membuka tutup radiator. “Ketika sudah menunggu dan yakin suhu mesin turun, gunakan lap atau kaus yang tak terpakai untuk melapisi tutup radiator. Karena sebagai tindakan pencegahan jika ternyata tekanan air masih tinggi, semburan air akan tertahan oleh lap atau kaus dan tidak menyembur kemana-mana,” tambah Baharuddin.

Foto ilustrasi buka tutup radiator yang aman

Putar tutup radiator hingga setengah putaran terlebih dahulu untuk membuang suhu dan tekanan tinggi di radiator

Saat membuka tutup radiator pun tak boleh terburu-buru, melainkan putar tutup radiator secara perlahan hingga mencapai setengah putaran. Tujuannya, untuk membuang tekanan radiator terlebih dahulu, sehingga mencegah air atau coolant radiator menyembur keluar. Setelah dirasa aman, baru putar tutup radiator hingga terbuka sepenuhnya. Jika Anda ingin menambah air atau coolant saat keadaan darurat agar tak overheat, gunakan tabung reservoir radiator, sehingga tak perlu membuka tutup radiator. Sekali lagi, lakukan dengan hati-hati ya!

>>> Kumpulan tips & trik otomotif di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Cegah Overheat Dengan Kuras Radiator

Air radiator dan radiator coolant perlu diganti secara berkala agar kondisinya tetap tejaga. Salah satu caranya dengan melakukan kuras radiator sekaligus membersihkan bagian luar radiatornya

Lihat juga

Mobil Overheat di Jalan, Ini yang Harus Dilakukan

10/04/2019

Pengemudian

Mobil overheat saat Anda sedang berkendara di jalan raya memang tidak menyenangkan. Namun Anda tidak perlu panik, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui saat mengalami masalah ini di jalan agar Anda tetap aman.

Lihat juga

Kenali Kode Pada Tutup Radiator Agar Terhindar Dari Overheat

Meski sepele, pada setiap tutup radiator tertera kode angka yang menjelaskan spesifikasi dan kemampuan kerja tutup radiator. Penggunaan tutup radiator yang tak tepat, maka akan membuat kerja pendinginan mesin terganggu, bahkan overheat.

Lihat juga

Punya Peran Vital, Berikut Tips Merawat Radiator

Radiator mempunyai peran vital dalam kinerja mesin. Fungsinya sebagai pelepas panas mesin melalui cairan membuat mesin bisa bekerja optimal baik dalam suhu pembakaran yang tinggi.

Lihat juga

Apa Yang Membuat Mesin Mobil Panas (Overheat)?

24/11/2017

Perawatan dan service

4 menit

Apakah teman pernah mengalami mesin mobil panas sehingga asap mulai menggepul dari kap mobil? Jika mesin mobil panas, seringkali mobil tidak bisa lagi menahannya dan akhirnya mobil tidak bisa berjalan dan harus berhenti.

Lihat juga
 
back to top