Seberapa Penting Alarm Mobil? Berikut 5 Hal Yang Harus Anda Simak

Share this post:
Seberapa Penting Alarm Mobil? Berikut 5 Hal Yang Harus Anda Simak
Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui apa itu alarm mobil. Namun, apakah Anda tahu seberapa penting alarm mobil? Ya, dalam pengaplikasiannya banyak orang belum mengerti sepenuhnya akan alarm mulai dari cara pemasangan hingga pengoperasiannya.

1. Apa Itu Alarm?

Alarm adalah alat elektronik yang dipasangkan kepada kendaraan dengan maksud memberikan suara nyaring ketika kendaraan tersebut hendak dibobol paksa oleh orang lain. Secara fungsi, alarm mampu meminimalisir tindak pencurian terhadap barang-barang bawaaan Anda ataupun mobil itu sendiri. Hal inilah yang dikenal sebagai sistem alarm mobil.

Fungsi alarm mobil adalah memberi peringatan kepada pencuri mobil serta memberi notifikasi pemilik kendaraan bahwa terjadi sesuatu kepada kendaraan mereka

Alarm mobil memiliki fungsi untuk meminimalisir terjadinya tindak pencurian terhadap kendaraan Anda

2. Jenis Alarm Mobil

Dari jenisnya, alarm mobil terbagi menjadi dua meliputi Original Equipment Manufacturer (OEM) alias produk resmi pabrik dan produk Aftermarket yang dijual dari pihak non-resmi. Keduanya memiliki fitur yang berbeda-beda seperti halnya alarm OEM yang diatur secara One-Way Remote Start, One-Way Door Locks, Horn Trigger dan Starter/Injector Kill. Khusus pada OEM, fungsinya lebih ditekankan untuk melindungi mobil dari tindak pencurian.

>>> Mungkin Anda tertarik: Perbedaan VTEC, VVT-I, DOHC, SOHC, I-DSI dan EFI

Alarm mobil OEM merupakan produk pabrik yang umumnya hanya memiliki fitur standar saja

Salah satu contoh alarm mobil OEM

Adapun produk alarm Aftermarket bisa diatur untuk memiliki fitur lebih lengkap dari OEM. Dari pengaplikasiannya, Anda bisa memasang beberapa fitur dan komponen tersendiri untuk dapat meningkatkan aspek keamanan secara signifikan seperti halnya penambahan fitur Alarm Keyless.

Alarm mobil Aftermarket menyajikan berbagai fitur lebih lengkap

Alarm mobil Aftermarket memiliki berbagai fitur tambahan dibanding alarm pabrikan

>>> Jika Anda tertarik untuk mengetahui harga mobil saat ini yang dijual murah dan berkualitas, klik di sini untuk informasi lengkapnya

3. Komponen Alarm Mobil

Pada umumnya, komponen alarm mobil terbagi menjadi tiga unit dasar meliputi:

  • Sensor
  • Perangkat pembuat bunyi layaknya Sirene atau lampu kedip
  • Control Unit

Komponen alarm mobil terdiri dari tiga bahan utama yakni sensor, perangkat bunyi dan Control Unit

Rangkaian komponen alarm mobil

Perangkat sensor sendiri seringkali ditemui pada pintu pengendara yang kemudian akan aktif ketika pintu tersebut dibuka. Sinyal akan dikirimkan ke Control Unit dan diteruskan ke perangkat pembuat bunyi. Suara sirine nantinya dapat memberikan notifikasi kepada pemiliki kendaraan supaya segera mengecek mobilnya.

Mungkin penjelasan tersebut terbilang sederhana namun dalam pengoperasiannya, alarm mobil memiliki sistem yang cukup rumit. Banyak alarm mobil sudah didukung dengan Radio Receivers pada Control Unit-nya. Transmitter nantinya akan menjadi aktor kunci yang bisa memberi berbagai macam sensor. Ya, dalam pengoperasiannya, alarm mobil bisa menghasilkan efek berbeda sesuai pengaturan yang dikehendaki.

>>> Jika Anda ingin punya mobil idaman baru? Coba simak harga menarik dari Mitsubishi Xpander berikut ini

4. Cara Memasang Alarm Mobil

Supaya Anda lebih memahami lebih lanjut, Anda juga bisa memahami cara memasang alarm mobil dalam beberapa langkah berikut ini:

  • Langkah awal adalah membuka kap mesin dan pasang Sirene ke dinding Metal. Di sisi lain, jangan lupa untuk menghadapkan Sirene ke arah bawah supaya air tidak dapat masuk ke dalamnya
  • Buatlah lubang pada Rubber Firewall. Masukkan kabel ke lubang tersebut dan sambungkan ke arah ruang penumpang
  • Pasang kabel sambungan daya alarm ke baterai
  • Masukkan Fuse ke kabel Sirine yang disambungkan ke arah baterai nantinya
  • Pastikan Anda memasang Shock Sensor sesuai buka manual
  • Buat lubang pada dashboard mobil untuk indikator LED dan kemudian sambungkan kabel melewati lubang tersebut. Pastikan Anda memasang double selotip untuk merekatkannya
  • Sambungkan kabel lampu LED tadi ke arah pintu. Nantinya tombol ini akan menghidupkan lampu indikator ketika pintu terbuka. Namun jika mobil Anda memiliki fitur Power Locks, sambungkan kabel tersebut ke panel Power Locks
  • Sambungkan sensor ke arah kabel
  • Pastikan semua sambungan kabel merekat dengan perangkat alarm dan pasangkan di bawah dashboard. Ikat semua kabel tersebut dan sembunyikan di bawah dashboard
  • Koneksikan kabel Power ke baterai dan alarm Anda sudah siap digunakan

>>> Tips perawatan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

5. Bagaimana Cara Mematikan Alarm?

Alarm bukan saja menjadi komponen penting dalam mobil namun terkadang di kondisi tertentu, alarm justru memberi sisi negatif. Seperti halnya, alarm yang berbunyi karena terlalu sensitif atau tidak sengaja dibentur oleh anak kecil ketika bermain bola. Tentu alarm akan terus berbunyi dan bisa memberi rasa malu bagi sang pemilik. Namun tak perlu Anda khawatir, Anda bisa mengetahui beberapa cara mematikan alarm mobil berikut ini:

  • Matikan Dengan Kunci

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah memasukan kunci tepat di pintu pengendara dan hidupkan mobil. Pada umumnya, cara ini terbilang ampuh dan seketika suara alarm akan berhenti. Di sisi lain, apabila mobil Anda menggunakan fitur Push-Key Button, maka Anda hanya perlu mencari kunci tersembunyi di dalam kabin tepatnya pada Fob Side dan kemudian reset ulang sistem alarm.

>>> Baca juga: Review Wuling Almaz 2019 : SUV Pertama Dari Wuling Yang Diluar Ekspektasi

  • Cari Fuse Alarm

Fuse Alarm terletak di bawah kemudi setir tepat di sisi kanan dashboard. Perangkat alarm tersebut umumnya diaplikasikan di bawah bahan Metal dan diposisikan positif di terminal baterai. Setelah itu, Anda cukup mencari label bergambarkan alarm dan cabutlah kabel tersebut dari Fuse sehingga alarm akan menjadi non-aktif.

  • Lepaskan Baterai

Jika kedua cara di atas tidak bisa menyelesaikan masalah maka cara terakhir adalah melepas baterai. Dengan melakukan ini, semua unsur elektrik pada mobil akan mati dan diatur ulang, termasuk suara alarm yang menjadi non-aktif. Cabutlah kabel baterai negatif, diamkan selama 30 detik dan sambungkan kembali, maka semua kembali normal.

Simak video berikut ini untuk penjelasan lebih lengkap

>>> Jika Anda merasa terbantu dengan tips dan trik mobil seperti ini, Anda bisa melihat informasi menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Bahaya Efek Suara Klakson Terlalu Kencang Pada Mobil

18/12/2018

Pengemudian

Salah satu fungsi klakson adalah memberi tanda atau peringatan untuk pengendara sekitar. Namun ternyata ada bahaya yang mengintai bila suara klakson pada mobil Anda terlalu kencang.

Lihat juga

Meminimalisasi Kesalahan Perbaikan Berdasarkan Suara Mobil, Bagaimana Caranya?

Kesalahan perbaikan berdasarkan suara mobil, entah dari mesin atau komponen lain seringkali terjadi. Namun ternyata, cara pencegahannya cukup mudah, bisa menggunakan benda yang Anda pakai sehari-hari.

Lihat juga

Memprediksi Masalah pada Mobil dengan Menganalisa Suara Aneh Pada Mobil

Terkadang,suara bisa digunakan untuk medeteksi masalah yang ada pada mobil. Menganalisa suara aneh pada mobil merupakan salah satu cara untuk memprediksi gangguan pada mobil anda. Jika ada suara aneh pada mobil bisa mengindikasikan kesalahan pada komponen dalam mobil. Dengarkan mobil anda. Jika anda menemukan suara-suara berikut pada mobil anda, segera periksa mobil anda. Melakukan penanganan lebih dulu bisa mencegah kerusakan yang lebih parah bagi mobil.

Lihat juga

Ternyata Berkendara Dekat Mobil Emergency Harus Ekstra Hati-Hati

29/01/2019

Pengemudian

Mobil Emergecny merupakan kendaraan prioritas utama yang harus didahulukan ketika berada di jalan. Beberapa di antaranya adalah kendaraan pemadam kebakaran, ambulan hingga pengantar jenazah. Namun tak sedikit dari banyak pengendara lain merasa panik ketika salah satu mobil Emergency tersebut melintas. Bukan saja dalam hal situasi namun juga dari suara sirine berasal sehingga pengendara merasa panik. Berikut Cintamobil.com memberikan tips berkendara aman ketika mobil Emergency melintas.

Lihat juga

Tips Menjaga Kebugaran Selama Berkendara

09/01/2018

Pengemudian

Berkendara merupakan kegiatan yang cukup menguras tenaga. Terlebih ketika terjebak di jalanan macet, hujan dan melalui jarak yang jauh. Dari pantauan kami, banyak pengendara merasakan kantuk yang berlebih selama menempuh perjalanan. Jangan salah, hal tersebut umumnya dikarenakan kelelahan dan kurangnya asupan nutrisi. Berikut kita simak tips menjaga kebugaran selama berkendara.

Lihat juga
 
back to top