Sebelum Memutuskan Untuk Modifikasi Mesin, Pertimbangkan 5 Hal ini

17/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Sebelum Memutuskan Untuk Modifikasi Mesin, Pertimbangkan 5 Hal ini
Modifikasi mesin tak hanya meningkatkan performa mobil Anda, namun juga memiliki beberapa faktor resiko. Sehingga, perlu melakukan pertimbangan yang matang

Bagi sebagian pemilik mobil, memiliki performa mesin yang lebih sangar menjadi kebutuhan tersendiri. Tak heran jika modifikasi mesin menjadi salah satu dunia modifikasi yang memiliki tren tersendiri hingga ketersediaan komponen aftermarket yang cukup lengkap. Dalam modifikasi mesin, tersedia beberapa tingkatan, mulai dari plug and play atau modifikasi ringan, stage 1 hingga stage 3 bahkan aplikasi komponen forced induction seperti turbo dan supercharger. 

>>> Ingin Modifikasi BMW M2 Competition Pakai Aksesoris Resmi M Performance Parts? Cek Rekomendasi Berikut Ini

Foto mesin modifikasi dengan komponen aftermarket

Modifikasi mesin butuh persiapan yang matang mengingat resikonya yang cukup besar

Namun sebelum memutuskan untuk modifikasi mesin, Anda perlu pertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Tujuannya, agar konsep modifikasi yang akan dilakukan menjadi lebih matang dan tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan ketika digunakan harian. Untuk itu, simak artikelnya berikut ini.

>>> Modifikasi Toyota GR Supra HyperBoost Edition, Full Serat Karbon Bertenaga 750 Hp

Garansi mobil

Foto garansi mesin mobil

Garansi mobil akan berpotensi gugur ketika melakukan modifikasi mesin

Mengupgrade kemampuan mesin memiliki risiko untuk mengugurkan garansi mobil Anda. Alasannya, modifikasi mesin akan mengubah komponen, karakter dan spesifikasi mobil Anda, sehingga tak lagi sesuai dengan standar dan spesifikasi pabrikan. Untuk modifikasi ringan seperti plug and play, mungkin tak terlalu berisiko membuat garansi hangus, namun jika modifikasi yang dilakukan cukup advance, maka kemungkinan besar garansi mobil Anda akan gugur. Pertimbangkan dengan hati-hati dan konsultasikan dengan bengkel kepercayaan Anda.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Anggarkan dana

Memodifikasi performa mesin termasuk salah satu modifikasi yang sangat menguras biaya. Untuk itu, Anda perlu perencanaan yang cukup matang dalam menganggarkan dana. Sebegai contoh, untuk modifikasi ringan, mungkin akan membutuhkan biaya antara Rp 5 hingga 10 juta. Untuk tahap lanjut seperti aplikasi turbo misalnya, kemungkinan besar akan membutuhkan dana hingga mulai dari Rp 30 juta hingga lebih dari Rp 50 juta, tergantung peningkatan tenaga yang diinginkan.

Kekuatan dan daya tahan mesin

Foto aplikasi turbo kit

Aplikasi turbo bisa berpotensi membuat mesin jebol jika settingannya tidak tepat

Mengupgrade kemampuan mesin, khususnya pada tahap advance, akan berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan mesin. Contohnya jika Anda ingin mengaplikasi turbo, maka akan membutuhkan settingan yang presisi atau dibarengi dengan pengunaan komponen internal mesin yang lebih kuat. Tujuannya, tekanan turbo atau boost turbo yang terlalu besar akan berpotensi besar merusak komponen mesin atau bahkan membuat mesin jebol.

>>> Tips Modifikasi Daihatsu Sirion Agar Tampil Lebih Elegan

Perawatan dan penggunaan bahan bakar lebih berkualitas

Foto penggunaan bahan bakar berkualitas

Dengan performa meningkat, otomatis membutuhkan bahan bakar lebih berkualitas

Dengan performa yang lebih besar, otomatis akan membutuhkan bahan bakar yang berkualitas. Tujuannya, agar modifikasi yang dilakukan dapat semakin optimal. Untuk modifikasi tingkat anvance, mungkin Anda akan membutuhkan bahan bakar dengan oktan 98 atau setara Pertamax Turbo. Selain itu, perawatan juga perlu mendapatkan perhatian khusus, mulai dari penggunaan pelumas berkualitas tinggi hingga pengecekan komponen aftermarket secara berkala.

Pilih bengkel yang berpengalaman

Untuk memodifikasi mesin tak bisa sembarangan dan butuh bengkel spesialis atau yang telah berpengalaman. Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas modifikasi bahkan hingga daya tahan mesin. Untuk itu, cari banyak informasi mengenai bengkel spesialis modifikasi mesin yang tersedia di kota Anda. Alternatif lainnya, Anda bisa terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari forum atau komunitas mobil. 

>>> Kumpulan artikel tips dan trik lainnya

Share this post:

Berita lain

NMAA dan Kemenperin RI Berdiskusi Tentang Standarisasi Kompetensi Modifikasi Nasional

10/12/2019

Pasar mobil

3 menit

NMAA dan Kemenperin RI berdiskusi untuk menetapkan standarisasi kompetensi modifikasi nasional dalam Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Lihat juga

Belum Dipasarkan, Modifikasi Tesla Cybertruck Berkeliaran di Dunia Maya

04/12/2019

Mobil baru

3 menit

Sebagian mengatakan CEO Tesla, Elon Musk, berpikir terlalu keras ketika memperkenalkan Tesla Cybertruck ke pengunjung Los Angeles Auto Show 2019. Tapi melihat modifikasi Tesla Cybertruck yang berkeliaran di dunia maya, desain kontroversial Cybertruck disulap menjadi berbagai bentuk.

Lihat juga

Model Lama Masih Menggiurkan, Ini 5 Tips Membeli Honda City Modifikasi

03/12/2019

Jual beli

3 menit

Membeli mobil bekas modifikasi memang butuh ketelitian lebih dibandingkan mobil biasa. Bagi Anda yang tertarik membeli Honda City modifikasi? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Lihat juga

Kerennya 2 Mobil Modifikasi Toyota Avanza Veloz Milik Velozity

28/11/2019

Event - Promosi

5 menit

Dua mobil modifikasi Toyota Avanza Veloz milik Velozity ini sengaja dipajang pihak Toyota. Gunanya untuk menjadi inspirasi buat masyarakat yang berminat melakukan modifikasi Toyota Avanza.

Lihat juga

The Elite Showcase 2019 Kembali Hadir Memanaskan Dunia Modifikasi Nasional

27/11/2019

Event - Promosi

3 menit

Selalu menjadi barometer kemajuan dunia modifikasi Tanah Air, The Elite Showcase kembali hadir dengan membawa juri international dan kualitas show lebih optimal

Lihat juga