Ini Dia Sebab Pelek Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

31/01/2021

Perawatan dan service

3 menit

Ini Dia Sebab Pelek Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya
Sebagai pemilik kendaraan Anda harus memastikan bahwa mobil Anda terhindar dari pelek mobil rusak agar berkendara di jalan kian aman dan nyaman.

Beberapa pemilik mobil belum menganggap penting pengecekan pelek. Selain kotor karena letaknya di bawah, Anda kerap kali berasumsi bahwa pelek mobilnya tidak mungkin rusak mengingat terbuat dari bahan alloy atau besi yang kuat. 

Padahal pelek tetap memiliki potensi rusak jika bermasalah, terutama di musim hujan yang mengakibatkan banyak jalan berlubang. Sekuat apapun bahan pembuat pelek, tetap ada kemungkinan pelek mobil rusak karena tersandung masalah. 

Setidaknya menurut Auto2000 ada 2 hal yang bisa menyebabkan pelek rusak atau performa pelek menjadi menurun. Apa sajakah itu? Simak tipsnya di bawah ini.

>>> Lampu LED Mobil Paling Terang, Berikut Rekomendasinya!

Foto ban dan velg Toyota Innova Venturer 2020

Ban kempis menjadi penyebab pelek mobil Anda menjadi rusak

1.  Tekanan Ban Kurang

Anda dapat memeriksa pelek mobil secara rutin bersamaan dengan pengecekan tekanan angin ban. Pelek memiliki resiko besar termasuk pelek mobil rusak kalau tekanan angin ban mobil kurang dari standar karena goncangan ban akan diteruskan ke pelek, terutama mobil dengan ban yang tipis atau tidak menggunakan ban standar. 

Menimbang risiko tersebut, Anda disarankan untuk menggunakan ban standar dan menerapkan prinsip safety driving untuk mengurangi risiko ban mobil melindas lubang dengan kecepatan tinggi.

2. Pelek Retak

Selama hanya kerusakan ringan seperti baret karena terkikis trotoar, pelek mobil rusak pada kondisi tersebut masih dianggap wajar. Tapi kalau sudah terlihat ada keretakan atau permukaan pelek sudah tak bulat sempurna, disarankan untuk mengganti dengan pelek baru. Jangan berspekulasi dengan memperbaikinya sendiri karena konstruksi pelek sudah berubah dan sulit untuk bisa kembali normal seperti sedia kala yang akan mempengaruhi sistem pengendalian dan kenyamanan mobil, akan sangat berbahaya jika diabaikan lantaran dapat mengakibatkan kecelakaan.

Lakukan penggantian pelek mobil rusak dengan yang baru di bengkel Auto2000 untuk memastikan Anda mendapatkan pelek asli Toyota supaya terjamin kualitasnya. Sembari itu, Anda bisa meminta kepada petugas Auto2000 untuk melakukan pengecekan seluruh ban dan pelek dari potensi kerusakan, termasuk menjalankan proses spooring dan balancing.

>>> Simak Aturan Terbaru Berpergian Naik Kendaraan Pribadi Semasa Pandemi

Gambar menunjukan Delaer Auto2000

Beli mobil baru Toyota di Auto2000

Mau Beli Mobil Baru? Pakai Promo PADUKA Auto2000

Tahun baru bisa menjadi alasan untuk Anda membeli mobil baru. Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia tawarkan promo menarik untuk Anda yang saat ini tengah berburu mobil baru.

Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 menawarkan program pembelian mobil baru lewat Promo PADUKA (Promo Auto2000 Dua Kali Untungnya). Anda bisa membeli Toyota New Agya dengan DP mulai dari Rp 25 jutaan atau cicilan mulai dari Rp 2,7 jutaan, New Calya dengan DP mulai dari Rp 23 jutaan atau cicilan mulai dari Rp 2,7 jutaan, dan Avanza DP mulai dari Rp 24 jutaan atau cicilan mulai dari Rp 3,7 jutaan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memperoleh kesempatan untuk mengikuti lucky draw untuk mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini. Spesial untuk pembelian melalui Auto2000 Digiroom masih ada keuntungan tambahan berupa hadiah langsung UV Light Disinfection Lamp dan uang elektronik senilai Rp 500 ribu untuk pembelian secara kredit. Pembelian dengan trade-in atau tukar tambah akan mendapatkan benefit cashback senilai Rp 5 juta. Syarat dan ketentuan berlaku untuk semua promo tersebut.

>>> 40,6% Penjualan Toyota Tahun 2020 Disumbang Auto2000

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top