Sambil Tunggu Bedug, Yuk Bersihkan Garasi di Rumah

22/04/2021

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Kapan terakhir Anda membersihkan garasi? Empat langkah bebenah garasi ini mudah dilakukan sambil menunggu bedug Magrib.

Bukan hanya menjadi tempat parkir kendaraan, seperti motor, mobil, dan sepeda, garasi juga kerap digunakan untuk menyimpan berbagai alat. Apalagi jika rumah Anda tidak memiliki gudang, beberapa peralatan kerap disimpan di dalam carport dan membuat ruangan ini terlihat kotor.

Untuk Anda yang suka membengkel sendiri di rumah, kerap aktivitas tersebut menyisakan noda oli yang sulit untuk dihilangkan. Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda membersihkan garasi? Nah, mumpung lagi nunggu buka puasa, yuk kali ini bersihkan garasi atau carport. Caranya mudah banget!

Langkah 1: Keluarkan Semua Barang

tampak garasi depan

Garasi kerap digunakan untuk menyimpan banyak barang

Seperti yang disinggung sebelumnya, garasi kerap menjadi tempat penyimpanan berbagai barang di rumah, mulai dari alat keras, peralatan kebun, peralatan olahraga, hingga dijadikan alternatif gudang. Agar bagasi tetap bersih, Anda perlu memisahkan barang-barang mana saja yang bisa disimpan atau justru dibuang.

Keluarkan semua barang, lalu kelompokkan barang tersebut menjadi tiga jenis, yakni barang yang harus dibuang, barang yang disimpan, dan barang yang bisa disumbangkan/dijual. Jika tumpukan barang yang bisa dijual ada banyak, Anda bisa menjualnya melalui media sosial.

Langkah 2: Membersihkan Barang-barang

 

mencuci sepeda

Keluarkan semua barang dan kendaraan untuk dibersihkan

Sudah pasti beberapa barang yang disimpan mulai berdebu. Ini waktu yang tepat untuk Anda membersihkan barang secara menyeluruh. Bersihkan dengan air mengalir dan sabun, lalu biarkan hingga kering. Sangat disarankan jika Anda bebeneh dan mencuci barang di garasi dimulai pada siang agar masih terkena sinar matahari.

>>> Ini Dia Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Langkah 3: Membersihkan Garasi

Membersihkan garasi dari oli

Membersihkan garasi dari oli bisa menggunakan pasir

Noda bekas ban, oli, dan kawan-kawan pada garasi tentu saja mengganggu pemandangan bahkan membuat keramik lantai jadi mudah rusak. Setelah mengeluarkan barang, bersihkan garasi hingga ke sudut dan setiap celah. Berikut ini tips membersihkan noda membandel di garasi rumah Anda.

  • Membersihkan bekas ban. Pertama, semprotkan lantai dengan air lalu tuangkan degreaser di atas noda. Kedua, diamkan selama beberapa jam, lalu gosok dengan sikat hingga bersih.
  • Membersihkan noda oli pada lantai garasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan noda oli atau minyak. Anda bisa menggunakan pasir atau bedak yang dikenal penyerap oli, dengan cara menutup bagian yang terkena oli lalu bersihkan. Cara kedua adalah dengan menyemprotkan sabun pencuci piring jika lantai garasi dari material beton, lalu tuangkan air panas secukupnya dan sikat hingga bersih.

>>> Mari Bersihkan Interior Mobil Sembari Menunggu Buka Puasa

Langkah 4: Menyusun Garasi

Agar carport lebih bersih, atur kembali barang-barang yang hendak Anda simpan. Jika perlu, gunakan container box transparan untuk memudahkan Anda mencari barang tanpa memberantakkan yang lainnya.  Isi box sesuai dengan kategori, seperti peralatan rumah tangga, tool kit kendaraan, peralatan olahraga atau lainnya. Agar lebih memudahkan pencarian, Anda bisa menempelkan label sesuai kategori. Pastikan untuk menyimpan cairan otomotif, cat, atau bahan kimia cair lainnya di rak tinggi dan terkunci agar aman dari jangkauan anak-anak.

Nah, itu dia cara membersihkan garasi atau carport sambil ngabuburit. Semoga bermanfaat!

>>> Baca tips & trik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top