Ini Oli Mobil Terbaik untuk Toyota Avanza Anda

04/04/2020

Perawatan dan service

4 menit

Kesalahan dalam memilih oli sangat mungkin berdampak buruk pada mobil Anda. Karena itu, Cintamobil.com berikut tips memilih oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza Anda.

Selain menjadi pilihan mobil keluarga, perawatan Toyota Avanza juga tak begitu susah dengan spare part yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Namun kesalahan perawatan berkala bisa berakibat buruk pada kendaraan, salah satunya mengganti oli. Bagi Anda yang sedang #DirumahAja, berikut cara memilih oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza dari Cintamobil.com.

Rekomendasi oli mesin Toyota Avanza baru

Dengan banyaknya oli mobil yang bisa Anda dapatkan, pilih oli yang sesuai dengan karakteristik mesin serta sesuai dengan teknologi yang digunakan. Perubahan teknologi dan penggantian generasi seringkali memberikan peningkatan pada kinerja mesin. Salah satunya dengan generasi terbaru Toyota Avanza yang diperkenalkan pada tahun lalu.

Toyota Avanza saat ini menggunakan mesin 2NR-VE 4-silinder segaris dengan teknologi Dual VVTi menggantikan mesin 3SZ-VE yang digunakan pada generasi sebelumnya. Mesin baru ini menghasilkan tenaga hingga 102,5 daya kuda pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Semuanya disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

mesin Toyota Avanza 2020 berwarna hitam 
Mesin Toyota 2NR-VE yang digunakan pada Toyota Avanza generasi terbaru

Ada beberapa perbedaan yang terdapat pada teknologi Dual VVTi untuk mesin Toyota Avanza baru. Teknologi VVTi disebut menggunakan oli mesin untuk menekan VVTi actuator agar bisa bergeser. Pada mesin berteknologi dual VVTi menggunakan dua buah actuator, sehingga memerlukan oli mesin yang lebih banyak.

>>> Baca juga:

Apabila dilihat dari spesifikasi dan perbedaan oli, Toyota Avanza memerlukan oli 4 liter dalam sekali penggantian. Apabila Anda mengganti filter oli sekaligus, dibutuhkan 4,5 liter oli. Dengan begitu, penggantian oli bisa melihat spek oli yang digunakan. Untuk penggantian 3,5 liter, dibutuhkan 4 liter oli untuk memenuhi kapasitas oli kendaraan

Sebagaimana direkomendasikan oleh Toyota Astra Motor sendiri, beberapa jenis oli yang bisa Anda gunakan untuk Avanza diantara lain;

  • Toyota Motor Oil (TMO) SAE 0w-20
  • TMO Full syntethic 0W-20 Eco Power dengan API SN dan ILSAC GF-5,
  • TMO 10W-40

Namun selain beberapa rekomendasi oli dari Toyota Astra Motor, Anda juga bisa menggunakan Fastron Glod 0W-20 dengan harga yang lebih rendah. Sayangnya, oli jenis ini memiliki bahan adiktif yang berbeda dengan rekomendasi TMO. Jadi perhatikan dengan seksama kebutuhan dan spesifikasi mesin Anda.

teknisi sedang mengganti oli mesin Toyota Avanza 
Gunakan oli mobil yang lebih encer untuk Avanza keluaran terbaru

Oli mesin dengan SAE yang semakin kecil akan membuat oli lebih encer. Hal ini akan membuat pelumasan pada komponen mesin akan lebih baik serta kerja mesin menjadi lebih ringan. Tentu saja berimbas pada konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Sayangnya, oli dengan tingkat SAE yang lebih kecil memiliki harga yang lebih mahal.

>>> Ini 5 Tanda Mobil Harus Ganti Oli

Oli mesin untuk Avanza 2012 – 2018

Dalam laman resminya, salah satu produsen oli terbesar di dunia menyebutkan pilihan oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza. Top1 Indonesia menjelaskan cara menentukan oli mesin yang paling pas untuk Avanza keluaran tahun 2012 hingga 2018 guna menghindari kerusakan yang berat pada mesin mobil.

Top 1 menjelaskan bahwa mesin Toyota Avanza keluaran tahun 2012 hingga 2018 memiliki beberapa perbedaan dibandingkan mobil modern keluaran terbaru. Jika mobil modern bisa menggunakan oli mesin yang lebih encer, seperti SAE OW-20, untuk Avanza 2012- 2018 disarankan menggunakan oli dengan tingkat kekentalan 10W-40.

beberapa jenis oli mesin di Indonesia 
Toyota Avanza 2012 – 2018 disarankan menggunakan oli dengan kekentalan 10W-40

Rekomendasi yang diberikan oleh Top 1 untuk Avanza Anda yaitu Top1 HP Plus 10W-40. Oli jenis ini telah terbuat dari base oil sintetik blend premium dengan teknologi Mo3. Teknologi Mo3 disebutkan memiliki kamampuan pelumasan yang bekerja lebih cepat untuk mencegah keausan, serta melindungi gesekan dan memiliki usia pakai yang lebih lama.

Sedangkan jenis oli yang bisa Anda gunakan untuk Avanza keluaran 2000 dan 2001 dianjurkan memakai pelumas dengan SAE 5W-40 atau 10W-40. Memang untuk model dengan umur yang lebih tinggi, dianjurkan menggunakan oli yang lebih kental. Hal ini berkaitan dengan teknologi yang digunakan oleh mesin.

Oli yang lebih kental sebaiknya digunakan untuk mobil yang sudah berumur di atas 5 tahun (10w-40). Oli yang lebih encer kurang baik dalam pelumasan dibandingkan oli ental. Mesin yang sudah berumur banyak memiliki komponen yang aus. Sehingga jika Anda menggunakan oli encer akan menimbulkan suara berisik pada mesin ketika sedang digunakan.

Berada #DirumahAja tak menghalangi untuk merawat dan memperhatikan mobil Anda. Jangan lupa untuk mengganti oli mobil. Meskipun tidak dibawa berjalan, namun oli mobil juga memiliki masa pakai yang bisa habis meskipun kendaraan tak digunakan. Jangan lupa memilih oli mobil yang sesuai dengan mesin kendaraan Anda.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik merawat mobil di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga oli mobil Toyota Avanza?
Meski memiliki beragam pilihan, harga oli mobil Toyota Avanza mulai dari Rp 100 ribuan.
Berapa harga oli mobil Toyota Avanza?
Meski memiliki beragam pilihan, harga oli mobil Toyota Avanza mulai dari Rp 100 ribuan.
Kapan waktu yang tepat untuk ganti oli Toyota Avanza?
Sama seperti mobil lainnya, ganti oli Toyota Avanza disarankan setiap 10.000 km atau sekitar 6 bulan sekali.
Kapan waktu yang tepat untuk ganti oli Toyota Avanza?
Sama seperti mobil lainnya, ganti oli Toyota Avanza disarankan setiap 10.000 km atau sekitar 6 bulan sekali.
Apa oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza?
Anda bisa memilih oli dengan kekentalan 5W-30 untuk Toyota Avanza dengan usia yang lebih muda, atau 10W-40 untuk mobil yang berusia lebih dari 5 tahun.
Apa oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza?
Anda bisa memilih oli dengan kekentalan 5W-30 untuk Toyota Avanza dengan usia yang lebih muda, atau 10W-40 untuk mobil yang berusia lebih dari 5 tahun.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top