Saat Sebuah Ford Focus RS Disulap Jadi Hot Hatchback Bertenaga 684 HP!

15/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Saat Sebuah Ford Focus RS Disulap Jadi Hot Hatchback Bertenaga 684 HP!
Saat ini, tenaga 600 sampai 700 tenaga kuda hanya dimiliki mobil-mobil hypercar dengan harga selangit. Lalu, bagaimana jadinya jika sebuah Ford Focus RS disulap jadi hatcback dengan tenaga serupa?

Seiring dengan perkembangan zaman, baik pabrikan ataupun rumah modifikasi berlomba-lomba menyulap mesin dengan kapasitas silinder kecil menjadi sebuah dapur pacu berperforma tinggi. Beragam cara ditempuh, mulai dari pemasangan turbo, modifikasi ECU, sampai hal ekstrim lain yang tak terpikirkan.

>>> Keren, Ford Mustang ini dimodifikasi layaknya sebuah mobil NASCAR

Sebuah rumah modifikasi di Essex, Inggris, Mountune, dapat memodifikasi sebuah mesin Ford EcoBoost 2,3 liter yang digunakan Ford Focus RS, dan meningkatkan tenaganya sampai 684 HP. Naik hampir dua kali lipat dari tenaga awalnya yang sudah cukup besar, 345 HP.

Mesin Ford Focus RS racikan Mountune

Paket ini merupakan lanjutan dari varian m520/m450

Banyak sekali hal yang diubah Mountune dalam modifikasi Ford Focus RS dan meningkatkan tenaga mesin jadi dua kali lipat aslinya, yang paling krusial adalah penggantian kepala silinder dan turbocharger kit BorgWarner EFR 8374.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Selain itu, mesin 2,3 liter Ecoboost yang digunakan Ford Focus RS ini juga dipasangkan fuelpump yang lebih kuat, dan juga camshaft dan valvetrain yang lebih kuat. Semua kombinasi ini juga diatur dengan software tuning Mountune yang dapat mengeluarkan semua potensi mesin.

Mesin ini merupakan pengembangan dari dua varian paket upgrade mesin Ford Focus RS yang diperkenalkan Mountune beberapa waktu lalu, yakni m450 dan m520, dan menjadi mesin empat silinder dengan teknologi direct-injection terkuat yang pernah ada.

Detail mesin Ford Foucus RS Mountune

Namun, mesin 684 HP ini belum dipasarkan karena alasan reabilitas

Namun, berbeda dari M450 dan M520 yang sudah dijual secara resmi, Mountune belum mengonfirmasi apakah paket mesin 684 HP ini akan dijual secara umum, dan dapat diaplikasikan secara aman ke dalam sasis Ford Focus RS, khususnya untuk masalah reabilitas setelah tenaga mesin dinaikkan sampai hampir dua kali lipat.

>>> Inspirasi mobil modifikasi lainnya dapat Anda lihat di sini

Selain Ford, Mountune juga berekperimen dengan mobil-mobil Volkswagen, dan telah menghadirkan upgrade kit untuk Golf GTI dan Golf R, yang dapat mengalahkan sebuah Audi RS3 yang standarnya saja memiliki tenaga 400 HP.

>>> Tips & trik terlengkap bisa dilihat di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Kaca Mobil Anda Baret? Tenang, Perawatannya Tidak Mahal Kok

14/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kaca mobil Anda baret memang sangat menggangu secara fungsi dan estetika. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat menghilangkan baret tersebut dengan mudah dan tanpa biaya mahal.

Lihat juga

Jenis Suspensi Mobil di Indonesia, Apa Saja Bedanya?

12/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Meredam getaran dan guncangan saat mobil melewati jalan yang tidak rata, suspensi mempengaruhi kenyamanan, keamanan, dan pengendalian mobil dalam berkendara.

Lihat juga

Daihatsu Dress-Up Challenge Tantang Modifikator Semarang

11/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Setelah menyambangi sebelas kota di Indonesia, putaran ke-12 ajang modifikasi Daihatsu Dress Up Challenge tiba di Kota Semarang. Puluhan mobil Daihatsu bersaing memperebutkan gelar terbaik pada ajang modifikasi di Majesty Convention Hall, Semarang, akhir pekan kemarin.

Lihat juga

Ini Langkahnya, Simak 5 Tips Merawat Ban Tubeless Mobil

05/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Melihat tren saat ini yang mana ban Tubeless sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil terbaru, maka tak heran, banyak dari pengendara bertanya bagaimana tips untuk merawatnya. Supaya lebih awet dan punya masa umur panjang, berikut 5 tips merawat ban Tubeless mobil.

Lihat juga

Cukup Simpel, Bagaimana Cara Mengganti Filter Udara Sendiri?

10/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Sebagai pecinta mobil, sekadar merawat mobil agar tetap bersih dan prima juga tidak cukup. Tak jarang yang coba melakukan penggantian suku cadang sendiri, salah satunya filter udara yang tidak terlalu rumit. Bagaimana langkah-langkahnya?

Lihat juga